Parade Foto: Negeg bersama Hinomiya 2019, Momen Berkesan Garonger Nusantara

Garonger  Nusantara baru saja mengadakan even Negeg Bersama Hinomiya.  Komunitas yang berdiri sejak 27 Juli 2012 ini merupakan wadah pemancing baronang senusantara dengan teknik garong. Anggotanya berjumlah ribuan, tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Negeg bersama Hinomiya
Negeg bersama Hinomiya

Acara dihadiri oleh 240 orang Garonger  yang berasal dari berbagai daerah di tanah air. Bahkan ada anggota yang jauh – jauh hadir dari pulau bali. “Alhamdulillah helatan ini sudah rutin kita lakukan tiap tahun. Sudah 4 kali berturut – turut diadakan di Pulau Onrust.  Lokasi dipilih karena jarak gak terlalu jauh dari teluk Jakarta dan fasilitasnya lengkap .” Ungkap Om Fandy Arifin, Garonger dan juga panitia acara .

Om Fandy (kanan) bersama Sahabat
Om Fandy (kanan) bersama Sahabat

“Acara kali ini paling berkesan, biasanya peserta yang hadir hanya dari Jakarta dan sekitarnya. Sekarang pesertanya datang dari Lampung, Tuban, Semarang, Anyer, Situbondo, Surabaya sampai Bali. Ditambah hadirnya Bang Haji Mansyur  S sebagai tamu kehormatan. Benar benar sangat berkesan.” Ungkap Om Fandy.

Ya, H. Mansyur S. pedangdut legendaris Indonesia ternyata merupakan seorang garonger senior. “Beliau termasuk sesepuh negeg, bahkan dari jaman almarhum Ayah Beliau juga seorang garonger sejati.” Imbuh Om Fandy.  Hadirnya Mansyur S. ternyata awalnya tidak diketahui para peserta. Hal inilah yang menambah heboh suasana. “Kita sengaja jadikan surprise, lucunya pada saat mau nyebrang ke pulau para peserta bukannya naik ke perahu malah pada berebut minta foto dengan beliau, hehehe.” Cerita Om Fandy lucu.

Foto Bareng H. Mansyur S.
Foto Bareng H. Mansyur S.

Bagi Om Fandy bagian terseru adalah saat penimbangan ikan.” Seru banget, ada momen pas pagi hari ikan size 3- 4 jari lagi frenzy makan. Jadi peserta bolak balik nimbang ke pos panitia, kebetulan saya juga  di bagian penimbangan. Hasil peserta lumayan rame saling tiban . Kadang sekali nimbang sampai tiga orang.” Ujarnya.

Ikan baronang yang dilombakan terdiri dari 3 kategori, terberat ,terkecil dan khusus. Adapun juaranya adalah sebagai berikut:

Juara Ikan Terberat

  1. Omen Alay

Baronang Tompel  286 gr

  1. Avry Adi

Baronang Tompel  204 gr

  1. Arif

Baronang Tompel  182 gr

  1. Ariyanto

Baronang Tompel  181 gr

  1. Abeng

Baronang Tompel  175 gr

Juara Ikan Terkecil

  1. Rohman

Baronang Tompel 17 gr

  1. Blewak

Baronang Tompel 20 gr

  1. Ali

Baronang Tompel 21 gr

Kategori Khusus

  • Erwin Priok

Baronang Batik 36 gr

  • Youser Agustin

Baronang Jalu (Juara hasil Undian, Peserta tidak ada yang mendapatkan Baronang Jalu)

Para Pemenang Lomba
Para Pemenang Lomba

Sebagai pemegang  juara 1 ikan terberat, Om Omen Alay tak menyangka bakalan menang.” Gak ada firasat sama sekali, semua di luar dugaan. Persiapan sama kayak biasa, alat pancing, umpan,  pakaian, dan lainnya. Umpan yang saya gunakan pun sama dengan kawan-kawan yaitu lumut ijo. Mungkin hari itu rezeki lagi berpihak sama saya, semua atas kehendak Allah SWT.” Ungkapnya.

Garonger yang sudah sejak lama masuk sebagai anggota Garnus ini mengaku tertarik mengikuti acara karena ingin menjalin silaturahmi sesama anggota. “ Selama ini kita cuma bisa ngobrol di medsos. Di even kemaren akhirnya bisa langsung bertatap muka dengan kawan-kawan, berjabat tangan dan bercengkerama akrab dengan teman-teman sehobi. Bangga sekali bisa hadir.” Tuturnya semangat.

Om Omen Alay
Om Omen Alay

Bagi angler asal Banten ini sensasi saat strike tak dapat dilupakan. “ Pas lihat pelampung getar terus kita sentak dan yang nyangkut adalah ikan idaman, sensasinya luar biasa. Getarnya pelampung itu yang ditunggu para garonger.” Terangnya semangat.

Sebagai peserta Om Omen juga menyampaikan,“Terimakasih saya ucapkan kepada seluruh panitia lomba, terimakasih juga kepada seluruh yang hadir khususnya buat Garonger Banten.Terimakasih atas doa dan dukungannya. Semoga Garonger Nusantara makin jaya,makin erat silaturahmi tanpa batas. Salam satu hobi, satu hati.”

Galeri Foto

Foto Bersama

Negeg bersama Hinomiya

Lomba Mancing

Keakraban

Bersama H. Mansyur S.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*