5 Spinning Reel Terbaru 2019, Tangguh dan Terjangkau

Reel spinning terbaru tahun 2019 yang akan kita ulas kali ini berasal dari merek dengan  kualitas mumpuni namun harga bersahabat.  Beberapa sudah dikenal luas oleh angler tanah air. Penasaran? Langsung saja kita bahas satu per satu.

Okuma Ceymar XT Match FD
Okuma Ceymar XT Match FD
  1. Okuma Ceymar XT Match FD

Brand asal Amerika ini sudah tidak diragukan lagi kiprahnya di dunia mancing. Setelah Sukses dengan seri  Ceymar dan Ceymar XT – nya yang sempat  bikin heboh angler taah air, Okuma kembali  meningkatkan performa reel terbaru andalannya ini. Dari segi tampilan, tak ada perbedaan yang mencolok dibanding pendahulunya. Peningkatan terjadi pada rasio gear,  seri XT awal kecepatan gulungan mentok di angka 5.0:1 sedangkan XT  FD meningkat menjadi 6.2:1, cocok untuk angler yang suka menggunakan umpan permukaan.

Upgrade yang tak kalah penting ada pada jeroannya.  Beberapa peningkatan dilakukan,  seperti  EFR II (Even Flow Roller System), Teknologi paten okuma yang dapat mengurangi gesekan benang pada line roller  sehingga potensi line twist (kusut) dapat diminimalisir. RES II (Rotor Equalizing system), penyeimbangan sistem rotor  yang presisi sehingga spool bekerja tanpa goncangan dan putaran terasa halus. Fitur terakhir yang sama dengan seri XT namun sangat spesial yaitu Extra Spool. Jadi, nantinya setiap pembelian 1 unit Ceymar Xt Match FD akan mendapatkan bonus 1 buah spool cadangan. Sayangnya, tak seperti  kakak-kakaknya, Ceymar XT Match FD hanya memiliki dua tipe yaitu CXT-30 MS dan CXT-40 MS. Harga yang dipatok berkisar di angka 1 jutaan rupiah.

Devil Craft Cetus Attack SW 800 Limited Edition
Devil Craft Cetus Attack SW 800 Limited Edition

  1. Devil Craft Cetus Attack SW 800 Limited Edition

Bisa dibilang seri premiumnya Cetus Attack yang sudah melanglang buana di dunia ultralight fishing tanah air. Reel ringan ini seperti namanya merupakan edisi terbatas. Namun bukan berarti harganya tak terjangkau, dari beberapa toko pancing online yang kami telusuri harganya cuma 700-an ribuan. Tersedia dalam dua varian warna – purpl e diamond dan gold red diamond yang begitu menawan. Dibalik warnanya yang menggugah selera tersimpan jeroan mumpuni seperti super strong aluminium handle, power double anodized aluminium spool,power drag system dan masih banyak teknologi andalan Devil Craft lainnya. SW (Saltwater Weapon) menegaskan bahwa reel mungil ini mampu bertahan dari ancaman korosi oleh air asin. So, jangan ragu bawa ke laut.

Trulinoya Brown Bear
Trulinoya Brown Bear
  1. Trulinoya Brown Bear

Merek alat pancing yang awalnya dikenal sebagai produsen umpan – umpan tiruan ini semakin serius menggarap ranah reel.  Kali ini Trulinoya mencoba meningkatkan performa di jajaran reel spinning-nya. Brown Bear, salah satu tipe premium yang tangguh.Tersedia dari ukuran 4000 sampai 7000. Dilihat dari spesifikasinya memang diperuntukkan bagi set tackle kelas menengah sampai berat. Si beruang coklat ini memiliki bodi kokoh berbahan full rigid aluminium, drive gears berbahan stainless steel kualitas tinggi. Sementara power handle menggunakan bahan aluminium, drag carbon,  Sepertinya trulinoya benar- benar mengerti keinginan angler, salah satu bagian yang sering terjadi keluhan pada reel spinning adalah line roller. Tak tanggung, bahan dasar bagian penting ini dibuat dari titanium yang sudah jelas daya tahan terhadap korosi dan tahan gesek. Dengan spek tangguh seperti ini harga yang dimahar terbilang wajar. Trulinoya Brown Bear untuk tipe terendah dipatok 1,3 jutaan. Sayangnya belum masuk ke indonesia, namun para angler tenang saja karena sudah ada distributor yang menaunginya di tanah air.

Bullzen Mini SW 800
Bullzen Mini SW 800

  1. Bullzen Mini SW 800

Sebagian pasti bingung jika mendengar nama Bullzen, tapi kalau disebut Bossna sudah tentu angler tanah air pada kenal. Yup, Bullzen dan Bossna bisa dibilang kembar beda nama – masih dalam satu perusahaan. Lagi-lagi reel UL yang keluar. Tahun ini, para angler pecinta tackle ringan benar – benar sedang dimanja. Baik baitcasting maupun spinning. Bullzen Mini SW 800 memang diperuntukkan bagi angler pecinta ultra light yang mainnya di air asin. Masalah daya tahan jangan ditanya lagi, Seri mini R saja sudah terbukti tangguh dan awet. Penerus Mini – R ini didafuq bakalan lebih tangguh dan tahan terhadap gempuran air asin. Sampai -sampai bullzen sempat menamainya seri mini dari Pitbull GX yang merupakan reel kelas berat produksinya. Untuk harga, sedikit lebih mahal dibanding Mini-R yaitu 1,1 jutaan.

Piscifun Carbon X 1000
Piscifun Carbon X 1000
  1. Piscifun Carbon X 1000

Mungkin ini adalah merek yang baru di dengar oleh sebagian angler tanah air. Namun, di luar sana Piscifun telah dikenal sebagai produsen alat pancing dengan kualitas yang tak bisa diremehkan namun harga terjangkau. Carbon X 1000 adalah reel spinning ultralight yang baru- baru ini mereka rilis. Dibanding pesaing, reel ringan ini terbilang memiliki rasio tinggiyaitu 6.2:1. Sangat cocok untuk angler pemain umpan atas. Stainless steel shielded ball bearing dan zinc alloy drive gear menjadi nilai tambah pada reel spinning ini.  yang paling mengejutkan adalah kemampuan dragnya. Meskipun bertubuh kecil dan ringan Piscifun Carbon X 1000 di klaim mampu menahan beban seberat 22 lbs atau setara 9 kg. Wow, sangat tinggi dibanding reel lain sekelasnya. Meskpun belum masuk ke indonesia, jika dirupiahkan harga jualnya  masih di bawah 1 jutaan.

Nah, sudah dapat target incarannya? Mumpung masih hangat, silahkan dipinang. Hehe.. Untuk reel yag belum masuk, bisa angler sekalian pesan melalui toko online yang menyediakan jasa pembelian barang dariluar negeri. Salam joran melengkung!

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*