Tips Memilih Snap yang Benar

Snap atau peniti pada alat pancing berfungsi untuk memudahkan pemancing mengaitkan umpan-umpan tiruan juga dalam mengganti lure. Ada begitu banyak jenis snap yang ada, semakin hari semakin bervariasi. Lantas bagaimana cara kita memilih snap yang baik dan sesuai? Untuk itu mari kita kenali beberapa jenis peniti yang ada di pasaran.

sumber gambar: luremaking.com

  1. Duo Lock Snap

Salah satu bentuk yang paling banyak digunakan karena mudah pemakaiannya juga terbukti kokoh. Lengkungannya cukup besar untuk mengaitkan umpan tiruan agar gerakannya lebih luwes. Terkadang mudah terlepas dengan sendirinya karena bagian pengunci memiliki lengkungan agak kecil namun dapat diakali dengan merapatkannya menggunakan tang. Cocok diadaptasikan pada  piranti ultralight maupun light tackle.

sumber gambar: roscotackle.com

  1. Coastlock Snap

Memiliki variasi ukuran yang banyak. Lengkungannya sedikit kecil sehingga agak sulit untuk mengaitkan lure dengan ukuran cincin kecil (kawat bagian depan umpan tiruan berbentuk melingkar untuk mengikat senar maupun mengaitkan peniti). Bagian ujung kawat sedikit tajam sehingga perlu ditumpulkan agar tidak melukai leader maupun lure. Cocok digunakan untuk mancing pantai atau teknik inshore.

sumber gambar: roscotackle.com

  1. Hooked Snap

Praktis dan kokoh namun sulit menemukannya di pasaran saat ini. Kekuatannya bisa dikatakan berada di kelas menengah, kekuranganya adalah jika terlalu lebar membukanya dan sering dilakukan maka akan melemahkan lengkungan kawat (tempat lure dikaitkan) snap ini sehingga mudah patah. Cocok untuk set tackle light dan medium.

sumber gambar: boatsandmore.com.au

  1. Cross-Lock Snap

Sangat kuat namun karena bahan kawatnya tebal, peniti ini tidak  cocok untuk lurelure kecil. Cocok untuk set tackle kelas berat dengan target ikan-ikan monster.

sumber gambar: aliexpress.com

  1. Fly Clips

Dibuat khusus untuk umpan kecil (flies) pada fly fishing. Bentuk snap paling ringan dan paling kecil.

sumber gambar: fishermans-marine.com

  1. Mc Mahon Snap

Peniti dengan kekuatan kelas berat. Sering digunakan untuk mancing trolling lepas pantai dengan target ikan-ikan mega, yang berdaya tarung tinggi seperti tuna dan marlin.

sumber gambar: aliexpress.com

  1. Interlock Snap

Variasinya banyak sekali dengan desain yang tidak asing di mata para angler. Ringan, namun kekuatannya juga rendah. Tidak disarankan untuk tackle kelas menengah dan kelas berat.

sumber gambar: aliexpress.com

  1. Safety snap

Bentuk snap paling tua, memiliki banyak kekurangan. Bahan kawat kecil, mudah bengkang  sehingga tidak cocok untuk target ikan-ikan predator kelas atas. Masih bisa digunakan untuk target ikan-ikan mini.

sumber gambar: fisherpros.com

  1. Diamond snap

Bentuknya simetris, memiliki dua bagian pengunci yang saling bertaut. Bahan kawat tebal, cocok untuk tackle kelas menengah dan berat. Kekurangannya jika salah satu pengunci terlepas maka yang satunya juga akan sangat mudah terlepas.

sumber gambar: aliexpress.com

  1. Corkscrew snap

Memiliki bagian pengunci berbentuk spiral, salah satu snap yang paling aman dari kemungkinan terlepasnya lure saat fight. Namun, karena bentuk spiralnya agak lebar sehingga memudahkan senar untuk masuk dan akan sangat  mengganggu serta mengacaukan action lure.

sumber gambar: livetofish.com

  1. Fastlink snap

Bentuknya seperti klip kertas. Mudah penggunaannya karena tidak perlu membuka dan mengunci, tinggal memasukkan cincin umpan melalui ujung kawat. Tidak mudah tersangkut di rerumputan, ranting atau tumbuhan permukaan air. Kekurangannya  rawan bengkang, apalagi saat fight ikan babon.

sumber gambar: dhgate.com

  1. Italian Snap

Bentuknya sangat simple sehingga mudah digunakan. Terdapat bagian menyempit di lengkungan sehingga lure tidak mudah bergeser ke bagian atas. Cocok untuk set tackle kelas ringan dan medium. Karena penguncinya yg sangat simple sehingga sedikit mudah terbuka saat fight dengan kuat.

sumber gambar: alibaba.com

  1. Fastach Snap

Sangat cocok bagi angler yang suka gonta ganti lure saat trip. Bentuknya simple tanpa perlu buka katup sehingga lure mudah dimasukkan melalui ujung kawat. Kelemahannya lure mudah lepas apalagi lure dengan cincin pengait yang kecil.

Masih banyak sekali bentuk dan jenis snap lainnya yang tidak bisa kami jabarkan semua. Bahkan masing masing merek terkadang mengeluarkan desain-desain tersendiri yang dipatenkan. Setelah kita mengetahui jenis serta bentuk,  hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih snap adalah:

  • Bahan

Biasanya terbuat dari stainless steel dan campuran carbon –stainless. Ini adalah bahan terbaik karena memiliki kekuatan tinggi dan tentunya anti karat. Tidak disarankan untuk menggunakan peniti berbahan kuningan karena kekuatannya tidak terjamin.

  • Ukuran

Sesuaikan ukuran snap dengan kelas set tackle, berat dan besar lure, serta target ikan. Bisa saja snap besar digunakan pada set tackle UL namun akan merusak pergerakan lure. Rata-rata ukuran peniti yang ada di pasaran berkisar dari 00 sampai 12. Jika kita menggunakan set tackle kelas ringan atau ultralight maka snap dengan nomor 00-1 adalah yang terbaik. Kelas medium antara 1-3 dan seterusnya.

  • Penggantian

Snap yang terus menerus digunakan lambat laun akan mengalami kecacatan sehingga mengurangi kekuatannya. Perhatikan lengkungan kawat tempat memasang lure, biasanya terdapat bekas gesekan dengan cincin lure yang  mengikis permukaan. Jika sudah parah atau semakin menipis maka segeralah ganti dengan yang baru.

  • Swivel

Ada beberapa pabrikan yang memproduksi snap dengan menyertai rolling swivel yang telah menyatu pada peniti. Snap seperti ini cocok digunakan untuk lure berputar/spin seperti spoon, inline spinner dan lainnya.

Nah, para angler apakah sudah tercerahkan atau masih bingung?. Kalau masih bingung kita akan beri tips tambahan dalam memilih snap. Snap yang baik memiliki bentuk asimetris, lengkungan yang cukup lebar agar action lure terjaga, berbahan stainless, ringan namun kokoh (kawat yang tidak terlalu tebal juga tidak terlalu tipis), pengunci yang tidak mudah terlepas serta mudah didapat, karena sebagus apapun kalau susah didapat ya percuma saja, hehehe. Semoga tercerahkan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *