Eksplorasi Spot “Jurassic Park” Perairan Sulawesi Bersama KM. SAMSON

Eksplorasi Spot “Jurassic Park” Perairan Sulawesi Bersama KM. SAMSON

Wilayah laut Indonesia yang begitu luas, menyimpan spot-spot mancing yang menunggu untuk di jelajahi. Tentunya perlu eksplorasi mendalam agar daerah-daerah potensial dapat dijamah. Rupanya inilah yang melatarbelakangi Om Taufik Tan, Agent Jigging Master Indonesia bersama 8 angler lainnya, untuk mengarungi perarian Sulawesi yang terkenal akan hasil lautnya. “Dalam rangka mencari spot-spot baru yang bisa menjadi pilihan destinasi mancing bagi para angler.” Jelas Om Taufik.

Peta perairan Sulawesi Barat
Peta perairan Sulawesi Barat

Bentuk pulau Sulawesi yang unik – terdiri dari 3 buah teluk dan 4 semenanjung besar, 1 selat besar, membuat salah satu pulau terbesar di Indonesia ini menjadi tempat bersarangnya berbagai spesies penghuni laut. Bahkan beberapa tahun lalu sempat viral dengan ditemukannya spesies ikan seberat 1 ton yang tersangkut pukat nelayan perairan yang memiliki gugusan pulau-pulau kecil tersebut.

Selain itu, perairan sulawesi memang sudah terkenal sejak lama di kalangan pemancing Indonesia sebagai spot mancing spesies ruby dan dogtooth tuna. Hal ini dibuktikan langsung oleh Tim KM. SAMSON. “Hasilnya sangat memuaskan, daerah yang kami datangi adalah perairan Sulawesi barat, disana masih banyak ikan- ikan ruby dan dogtooth tuna berukuran monster,” ungkap Om taufik.“Namun kami terkendala waktu, sehingga masih banyak lokasi potensial yang belum sempat kami datangi,” Ujar Om Taufik. “Karena banyaknya ikan berukuran monster, Tim KM SAMSON menamakan ekspedisi ini dengan Trip Jurassic Park, he he..” tambahnya

Taufik Tan
Taufik Tan dengan dogtooth size babon

Om Taufik pun menceritakan keseruan saat mereka memancing. “Sore hari kami tiba di lokasi pertama. Semua menggunakan teknik jigging dan berhasil menaikkan Ruby dan tuna gigi anjing. Meskipun beberapa kali kawan-kawan ada yang putus leadernya, namun kami berhasil landed beberapa ekor dogtooth tuna size lumayan besar.” Ungkapnya.

Peristiwa putusnya leader ini juga dibenarkan oleh salah satu crew Om Dha Rian.”Kami menggunakan tackle dari Jigging Master seperti power spell, monster game dan wiki violent. Reel-reel tersebut memiliki kelas line PE 4 dan PE 5, rod PE 3-6 dan 4-8. Ikan yang naik berupa ruby dan doggie, sampai lupa berapa ekor yang naik. Hehe.” Ungkap Angler yang juga anggota tim Jigging Master Indonesia ini. Beliau menambahkan,”Kita sempat beberapa kali putus di PE -meskipun menggunakan line kelas tinggi, 3-5 kali putus. Saya satu kali putus saat fight menggunakan PE4 dengan jig dari 500-800 gram, Monsternya belum bisa kita landed-kan namun doggie seberat 40 kg berhasil dinaikkan.”

Dharian dengan mama tuna
Dharian dengan mama tuna

Ada beberapa hal menarik yang terjadi menurut Om Rian.”Saking derasnya arus, timah 2kg yang kita turunkan masih tetap melayang. Lucunya juga ikan yang udah fight dengan kita dari kedalaman 80-100 meter pas udah keliatan mau naik ke permukaan tiba-tiba lepas di depan mata. Hahaha.”Ungkapnya.

Trip Jurassic Park ini diikuti oleh angler-angler senior, mereka adalah Muhammad Taufik, Alam Kinore, Amin Maulani, Heri Skatetrue, Dha Rian dan Om Taufik Tan sendiri sebagai Owner KM. SAMSON. Turut serta crew dari program mancing di salah satu TV Nasional yaitu Satria Nurbambang, Agung Syakirul dan Bagus.

Heri Skaterue
Heri Skaterue

KM. SAMSOM

Trip live on board selama lima hari – plus perjalanan 2 hari PP ini tentu saja akan menguras tenaga dan pikiran. Namun semuanya tidak menjadi masalah karena kapal yang digunakan memiiliki fasilitas yang bisa dibilang sangat mumpuni untuk memfasilitasi secara paripurna siapapun angler yang ada di dalamnya. Maklum saja KM. SAMSON yang dibekali 12 lampu mancing ini, difasilitasi peralatan navigasi canggih seperti  FF/GPS combo Ray Marine Axio 7 + Black Box + Tranducer 3D ( Max 120 m) + Tranducer 1Kw, Kamar utama kapasitas 8 ranjang (lebar ranjang 110 cm) full AC, dan semua sudut kapal dipantau CCTV. Sehingga memudahkan awak kapal untuk membantu angler saat strike.

Dengan fasilitas selengkap itu, tidak perlu takut dan khawatir berada di tengah lautan. Untuk dapat merasakan fasilitasnya, kapal Motor ini disewakan dengan biaya 40 juta, untuk waktu selama 3 malam. Eits! Jangan kaget dulu, coba dikalkulasi dengan pembagian 10 orang. Cukup terjangkau bagi angler nusantara yang benar-benar ingin merasakan sensasi mancing di spot Jurassic Park ini. Ditambah lagi dengan disediakan set tackle berkelas dari Jigging Master yang on boat sehingga buat pemancing-pemancing dari jauh tak perlu repot membawa set tackle. Klien benar benar dimanjakan di kapal sepanjang 26 meter ini.

Kamar Utama dan di ruang kemudi dapat menampung 10 angler
Kamar Utama dan di ruang kemudi dapat menampung 10 angler
difasilitasi peralatan navigasi canggih seperti  FF/GPS combo Ray Marine Axio 7 + Black Box + Tranducer 3D ( Max 120 m) + Tranducer 1Kw
Ruang kemudi difasilitasi peralatan navigasi canggih seperti  FF/GPS combo Ray Marine Axio 7 + Black Box + Tranducer 3D ( Max 120 m) + Tranducer 1Kw
Dek belakang untuk bersantai, makan bersama, maupun meja diskusi antar angler
Dek belakang untuk bersantai, makan bersama, maupun meja diskusi antar angler

“Kami bekerjasama dengan SAMSON Fishing Club Palu . Mereka adalah partner joint dan operatornya, Itulah sejarah mengapa kapal ini saya namakan KM. SAMSON.” Terang Om Taufik. SAMSON Fishing Club sendiri merupakan klub mancing yang juga menyediakan jasa fishing charter. Dipunggawai oleh angler-angler berpengalaman yang paham betul karakter perairan Sulawesi. So, tak perlu ragu dengan kehandalan guide yang menemani anda memancing. Dijamin strike sampai lelah.

Spot yang telah berhasil dijelajahi Tim KM. SAMSON terhitung tak terikat musim karena memiliki spesies ikan yang menetap. ”Ruby biasanya hanya menjelajahi area sekitaran itu-itu saja. Sedangkan Doggie yang kami dapati adalah jenis ground yang sifatnya menetap. Seharusnya akan ada setiap saat karena itu sarangnya.” Jelas Om Taufik Tan. Jadi bagi angler yang sudah tidak sabar ingin merasakan tarikan Dogtooth tuna dan Ruby di perairan Sulawesi silahkan langsung menghubungi  Om Papi SAMSON di 081354850125.

Papi Samson
Papi Samson

Terimakasih buat Om Taufik Tan yang sudah mau berbagi keseruan bersama spotmancing.com. Semoga kedepannya akan banyak lagi spot-spot potensial yang ditemukan. Keep Explore! Keep Fishing!

Simak keseruannya lewat video di bawah ini!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *