Suasana mancing citarum

Rekor Dunia, Mancing bareng 70.000 Angler di HUT ke-72 KODAM III/ Siliwangi

Luar biasa!… 70 ribu lebih angler tumplek berlomba menancang ikan. Mereka hadir dari berbagai wilayah di Jawa Barat, untuk bergabung dalam keseruan even Gebyar Ngabuburit Mancing Mania Citarum Harum. Hajatan ini merupakan acara yang digagas langsung oleh Pangdam III/ Siliwangi Bapak Mayjend TNI Besar Harto Karyawan SH., M.Tr (HAN). Helatan ini juga merupakan bagian dari program citarum harum yang bertujuan menjadikan sungai terpanjang di jawa barat tersebut kembali bersih dan asri sehingga menjadi serambi depan dan icon Jawa Barat.

Kepala Penerangan Kodam III Siliwangi, Bapak Letkol Arh GTH Hasto Respatyo mengutarakan,” Dari pentingnya konservasi Citarum sebagai serambi depan, sehingga Pangdam III/Siliwangi menggagas wacana agar Citarum menjadi pusat kegiatan bagi masyarakat baik dari segi edukasi, ekosistem dan ekonomi dengan membuat kegiatan-kegiatan di bantaran sungai Citarum.

Wacana ini terbukti berhasil dengan hadirnya 72.540 orang peserta mancing. Membludaknya jumlah peserta telah diantisipasi oleh panitia. “Kami membagi bantaran sungai menjadi beberapa sektor. Di setiap sektor kita tugaskan penanggung jawab serta pengawas sektor.” Terang Kapendam.

Suasana mancing citarum
Suasana mancing citarum

Acara dengan hadiah total 200 juta rupiah ini menorehkan prestasi luar biasa. Piagam penghargan langsung diberikan oleh perwakilan Museum Rekor Indonesia (MURI), sebagai even mancing dengan jumlah peserta terbanyak di Dunia. Area pemancingan sepanjang 7 kilometer lebih yang telah ditetapkan oleh panitia benar-benar penuh dengan barisan pemancing, bahkan ada yang rela basah-basahan demi menempati spot potensial. Banyak juga peserta yang sudah mulai berdatangan sejak subuh untuk menghindari macet.

Penerimaan rekor muri oleh pangdam
Penerimaan rekor muri oleh pangdam

Puluhan ribu pemancing yang tersebar dari beberapa wilayah di Jawa Barat ini berusaha untuk mendaratkan ikan yang telah ditebar sebanyak 20 ton, terdiri dari ikan nila, ikan patin dan ikan lele, juga 100 ekor indukan yang diberi pita khusus berwarna hitam. Dimana bagi peserta yang berhasil mendapatkannya akan diberi uang tunai 500 ribu rupiah.

Wakapendam III/Siliwangi, Bapak Letkol Inf. F.X. Sri Wellyanto mengungkapkan,” Kita tebar ikan sebanyak 20 ton dan terbukti ikan sudah bisa bertahan hidup, ini mengindikasikan bahwa sungai Citarum sekarang sudah mulai bersih dan kembali ekosistemnya.”

Pelepasan 20 ton ikan
Pelepasan 20 ton ikan

Dari 20 ton ikan yang dilepas, beberapa peserta beruntung mendapatkan ikan dengan bobot di atas rata-rata. Ikan-ikan tersebut mengantarkan mereka menjadi juara di even ini. Adapun juara 1-3 lomba mancing adalah sebagai berikut:

Juara 1
Nama : Wawan Gunawan
Spesies : Ikan Nila
Berat : 4,63 Kg

Juara 2
Nama : Uun Maskan
Spesies : Ikan Patin
Berat : 4,30 Kg

Juara 3
Nama : Ondi Rohendi
Spesies : Ikan Nila
Berat : 3,72 Kg

Para juara mancing Citarum Harum
Para juara mancing Citarum Harum

Para pemenang masing masing mendapatkan hadiah Rp 10.000.000,- untuk juara 1, juara 2 Rp 7.500.000,- dan Rp 5.000.000 untuk juara 3. Selain hadiah utama juga dibagikan hadiah hiburan kepada 35 orang peserta yang berhasil landed ikan berpita hitam. Sementara doorprise berupa sepeda motor, sapi, TV dan masih banyak lagi dibagi sebagai hadiah kejutan bagi yang beruntung. “Hadiah berasal dari KODAM dan pihak yang kita rangkul untuk ikut urun rembuk,” Ungkap Wakapendam.

Pak Ondi Rohendi, mengungkapkan kiat suksenya sehingga berhasil meraih juara 3.”Dari awal saya sudah menyiapkan umpan jitu, saya gunakan pelet super sama pelet udang yang saya racik sendiri. Persiapan harus matang baik dari segi fisik, mental maupun perlengkapan mancing. Dan yang terpenting fokus.” Ungkapnya.

Suasana mancing Citarum Harum
Suasana mancing Citarum Harum
Peserta yang berhasil landed indukan pita hitam
Peserta yang berhasil landed indukan pita hitam

Beliau juga menyampaikan,” Terimakasih banyak kepada panitia pelaksana, mudah-mudahan kedepannya bisa mengadakan acara seperti ini lagi. Untuk para warga dan masyarakat mari kita jaga lingkungan sungai citarum agar semakin bersih dari cemaran sampah.” Ungkap peserta asal Banjaran ini.

Sayang untuk Juara 1 yaitu Wawan Gunawan, dan juara 2 Uun Maskan, berhalangan saat diminta waktu wawancara. Padahal kita semua pastinya ingin tahu rahasia jadi pemenang, he he…

Wakapendam III/Siliwangi menuturkan,“sampai malam hari setelah acara ditutup masih banyak warga yang memancing, bahkan menurut info dari dan sektor 7 citarum satu hari setelah hari-H para warga ramai yang memancing di bantaran sungai.”

Venue dan puluhan ratusan hadiah bagi peserta beruntung
Venue dan puluhan ratusan hadiah bagi peserta beruntung

Terpeliharanya sungai citarum saat ini merupakan salah satu bukti keberhasilan program citarum harum. Untuk itu Bapak Pangdam sempat menyampaikan pesannya kepada masyarakat serta peserta yang hadir kemarin. Beliau mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama sama menjaga sungai dan ekosistem yang ada di dalamnya. “Karena sungai adalah sumber kehidupan, ini dilakukan demi anak cucu kita kelak”. Ungkap Beliau.

Keberhasilan program Citarum Harum patut menjadi role model serta contoh bagi daerah lain yang mengalami kasus yang sama. Sungai yang pernah mendapat predikat salah satu yang terkotor di dunia kini berangsur kembali bersih. Hal ini takkan bisa dicapai tanpa kerjasama seluruh pihak. Mari kita jaga negeri elok nan mulia ini, agar tetap indah dipandang dunia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *