Simak, Tips-tips jitu Night Casting!

Night Fishing dengan teknik bottom atau dasaran itu sudah biasa. Tapi casting di malam hari itu baru luar biasa! Bagaimana tidak, teknik yang mengharuskan melempar lure ke arah spot potensial dengan tepat, dengan penerangan yang minim, tentunya jadi persoalan tersendiri yang memerlukan teknis mumpuni. Nah di artikel kali ini – bermodalkan wawancara dua angler senior yang sudah terbiasa casting malam hari, kami coba akan jabarkan tips-tips jitunya. Simak yuk!

Om Birin, angler asal Batang, Jawa Tengah ini mengaku lebih suka casting malam karena suasananya yang adem. selain itu Beliau juga mengungkapkan bahwa night casting cocok untuk angler yang sibuk bekerja dan tak waktu mancing di siang hari. Angler yang suka cast malam di muara ini lebih memilih menggunakan lure-lure topwater saat uncal,”Kalau malam saya lebih suka pake lure tipe top water seperti popper, wtd, pencil dan sejenisnya. Soalnya spot tempat saya cast merupakan perairan dangkal, kalau pakai lure-lure deep dive rawan nyangkut atau malah nyajen.” Jelas Om Birin.

Angler low profile yang memiliki akun FB bernama R’ronggowarsito Jiwo Samudro ini lebih sering menargetkan barramundi sebagai incarannya. 15 kg, rekor pribadi yang ia capai. Set tackle yang ia gunakan berada di kelas medium. Selain barramundi, spesies lainnya seperti barracuda pun sering ia dapat. Lure wtd menjadi andalannya. Ia juga menceritakan pengalaman uniknya saat cast malam.”Pernah waktu itu, pas ikan pada boiling tapi dikasih lure apa aja ga mau nyamber. Saking keselnya nyoba pake lure yang buat maen Ultra light, ehh malah nyamber. Tapi alhasil treble hooknya bengkang untung ikannya bisa landed.” Jelas Om Birin pengalamannya menggunakan lure Ultralight.

Selain itu angler ultralight lainnya, Om Kaji Tan Po Liang juga berbagi kisahnya saat casting barramundi di malam hari menggunakan set tackle UL. Sama seperti Om Birin, Om Kaji juga lebih memilih lure topwater. “Semua jenis lure saya pakai namun lebih dominan topwater, pakai mini popper size 4,5/5 cm. Lebih dominan berisik dan menggoda buat si barra karena action popper mirip udang yang melompat kabur dikejar ikan predator.” Jelasnya.

Tak tanggung tanggung, PE 0,6 dengan leader 8-10 lbs yang ia gunakan berhasil landed barramundi kisaran 2-3 kiloan. ibarat narik motor pakai tali rapia, hehe. Angler yang kocak dan lucu ini berbagi tips agar intensitas hook up tinggi saat cast malam barramundi di tambak. Ia mengungkapkan,”kalo kita cast di area tambak, pastinya di tambak ada pintu-pintu air. lakukan lemparan lure dari pintu air tersebut.Di situ sering menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil dan udang makanan ikan barramundi.”

Selain target barramundi saat night casting, Om Kaji ternyata juga sering casting gabus di malam hari.”Ikan gabus sangat aktif bila malam hari. Dia berada di pinggiran, mencari makan kodok yang loncat ke air sama ikan-ikan kecil.” Ungkap Om Kaji alasannya casting gabus di malam hari.

Lure-lure soft frogy dan jump frog menjadi andalannya untuk memikat naluri berburu ikan gabus di malam hari. Beliau lebih suka menggunakan tackle kelas medium dengan PE 1,5 saat cast gabus. Ia juga berbagi tips casting gabus di malam hari. “Lakukan lemparan-lemparan lure seperti biasa. cuman untuk cast malam kita tidak perlu retrieve lure terlalu cepat, lakukan slow atau medium retrieve aja karena ikan lebih cenderung menunggu mangsa dari pada mengejar mangsa yang kabur. lakukan lemparan yang dominan lebih ke arah tepian, karena ikan gabus berburu mangsa di tepian saat malam hari. Sebelum lakukan casting malam hari harus kenali medan spot dan titik potensi ikan kumpul cari makan. jangan lupa pakai sepatu boot untuk safety, karena biasanya hewan-hewan melata atau berbisa seperti ular, lipan, kalajengking dan lainnya juga aktif di malam hari.” Jelas Om Kaji.

Aneka jenis lure topwater
Aneka jenis lure topwater

Om Kaji menambahkan selain memakai sepatu boot, gunakanlah celana dan baju panjang, senter jangan lupa, terserah mau senter jenis apa. Bisa juga membawa dan mengoleskan lotion penolak nyamuk di badan. Lotion nyamuk juga berfungsi untuk mengusir serangga-serangga lain yang berterbangan di malam hari.

Selain serangga dan binatang berbisa, resiko mancing malam lainnya sudah pernah Om Kaji alami. “Pernah strike ular, kadang ditunggui “mbak kunti”, “mas druwo” kadang “om-om dan tante” penunggu situ. Maunya sih ditungguin ama cewek cakep beneran apalah daya dia yang dateng, tapi ndak sering juga dia hadir. Kadang saya lempari batu, wuakakakak!” Ungkap Om Kaji tentang pengalaman mistisnya sambil melucu.

Nah, gimana sobat angler. Mau coba casting malam ala Om Birin dan Om Kaji?, Casting malam ini juga cocok sekali nih buat penghilang sakau saat tidak bisa atau tidak mampu mancing casting di siang hari saat berpuasa. Jangan lupa, yang terpenting safety first. Semoga bermanfaat.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*