Tim Abugosok FC: Kami akan kembali ke Sabang!

Sabang yang merupakan titik 0 kilometer Indonesia, telah dikenal sejak lama sebagai destinasi wisata, baik turis dalam negeri maupun manca negara. Selain angler, disana juga para divers berdatangan untuk melihat alam bawah lautnya yang indah. Terumbu karangnya subur, sehingga ekosistem dihuni hewan laut yang sangat variatif.

Pulau kecil di ujung barat Indonesia ini merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Aceh. Terletak di seberang utara Pulau Sumatera, terdiri dari beberapa pulau kecil seperti Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Seulako dan Pulau Weh sebagai pulau terbesarnya. Berbatasan langsung dengan selat malaka dan samudera hindia, membuat Sabang menjadi tempat dengan populasi ikan air asin yang potensial.

Pulau Weh sebagai gugusan pulau terbesar di Sabang (foto: infojakarta.net)

Heri Skatetrue, seorang angler asal Bandung yang baru saja bertandang ke Pulau ini menuturkan bahwa Sabang memang salah satu destinasi mancing yang sedang favorit saat ini. “Untuk mancing spot karang, jigging dan popping masih sangat menjanjikan,” tutur Heri.

Pada tanggal 6-10 april lalu, bersama tim Abugosok FC dan juga beberapa angler yang berasal dari Jakarta, Samarinda, Bali, dan Aceh – Heri, meng-eksplore beberapa spot andalan perairan Sabang. Dalam keseruan perburuan predator tersebut, kumpulan angler kawakan ini menumpang bahtera mumpuni: Indonesia Fishing Charter (IFC).

Tim angler dari beberapa kota: Joko, Heri Cuaca, Hadi Hamzah, Iwan, Alwin Asegaff, Andy Thamrin, Heri Skatetrue, Darwin dan Adrian

Sesuai musim, maka trip yang dijalani menargetkan yellow fin tuna sebagai sasaran utama. “April sampai Juni merupakan musim terbaik untuk memancing spesies tuna di Sabang,” ungkap Joko – komandan, sekaligus owner IFC.

Secara umum trip mancing kesembilan rekan ini terbilang seru – apalagi jika dikaitkan dengan keindahan alam dan pelayanan fishing organizer dari IFC.

Mancing di hari pertama bisa dibilang sukses. Dogtoth, GT, dan kurisi bergatian naik di lantai kapal. Size nya tergolong lumayan, hingga 10 kilogram keatas.

Namun perairan Sabang juga punya karakteristik tersendiri – khususnya berkaitan dengan cuaca. Jika alam tak bersahabat, maka kondisi arus dan gelombang berubah drastis.

Hadi Hamzah – salah seorang partisipan trip asal Jakarta, menyebutkan bahwa jika memancing di perairan Sabang sangat tergantung dengan cuaca, yang konsekwensinya sulit disiasati. “Jika cuaca tak mendukung arus akan sangat kencang, pakai jig 600 aja melayang,” kata Hadi.

Karena cuaca tak bersahabat tersebut, trip mancing untuk hari kedua dan ketiga urung dilaksanakan. “Tapi sabang emang oke banget. Resortnya bagus, kami di perkampungan turis. Suasana nyaman. 30 menit dari kota. Tempat wisata yg kami pergi cm 1. Yaitu KM 0 Indonesia,” tutur punggawa Abugosok FC ini. “Saya ingin balik lagi, tapi belum tau kapan,” Tambah pria berkacamata itu.

Suasana Resort

Pendapat Hadi Hamzah diaminkan oleh Heri Cuaca – angler senior asal Jakarta. “Trip kali ini terhalang cuaca. “Hari pertama oke, kami banyak dapat 10 kg ke atas, tapi selanjutnya kami tidak melaut karena kondisi alam tak bisa disiasati.

Di hari kesatu, Heri Cuaca sukses melandedkan GT dan Dogtooth dengan size terbilang lumayan. Tapi untuk hari kedua  dan ketiga tak sesuai harapan. “Dapat ikan kecil-kecil sih, tapi tambah lama angin dan arus semakin kencang, kami putar haluan balik ke resort,” Ucap Heri. ” Tapi saya penasaran, pengen balik lagi, hehe,” tambahnya.

Heri Cuaca dengan strike GT

Sabang sebagai sarang tuna

Sementara itu, berdasarkan pengalaman Heri Skatetrue– khususnya mancing di hari pertama, teknik casting jigging atau castjig paling efektif untuk target tuna di perairan Sabang. Teknik castjig ini merupakan gabungan dari teknik casting dan jigging. Metal jig dilemparkan (cast) sejauh mungkin kemudian dibiarkan hanyut terbawa arus air laut hingga sampai ke dasar. Selanjutnya diretrieve cepat atau pelan sesuai keinginan hingga sampai ke permukaan. Metal jig yang digunakan juga tidak terlalu berat sehingga tidak menguras tenaga. Daya jelajahnya yang tinggi dengan target yang luas menjadi salah satu kelebihan teknik castjig.

Spesies tuna, memang terkenal dengan daya tarung tinggi, saat hook up dengan segera ia berenang menghujam ke dasar laut layaknya torpedo. Perlu pengalaman yang cukup dan teknik memancing yang tepat agar bisa berhasil landed ikan ini.

Heri Skatetrue strike dogie

Khusus untuk target dogtooth tuna, Heri punya tips tersendiri. “Dogie termasuk ikan aktif dan juga perenang cepat, untuk castjig kita harus main speed atau kecepatan untuk retrieve reel. Ketika speed retrieve, jig kita mainkan seolah-olah seperti ikan yang sedang lari. Saya sarankan untuk menggunakan metal jig dengan berat 80-100 gram atau bisa juga disesuaikan dengan arus air pada saat mancing.” Jelas Pak Heri. Berkat cara ini Heri Skatetrue berhasil mendaratkan dogie dengan berat mencapai 15 kg.

Jasa Fishing Charter IFC

Indonesia Fishing Charter adalah salah satu fishing organizer terbaik yang ada di tanah air. Berawal dari hanya punya 1 kapal di Pulau Nias, kini berkembang hingga memiliki 7 armada terbaik.

Armada IFC
Joko IFC

“Awalnya coba-coba beli kapal buat mancing sendiri, kapal pertama ini saya tempatkan di Nias pada tahun 2014. Setahun di Nias saya pindahkan ke Alor NTT dan disanalah saya pertamakali memulai usaha fishing charter. Dan alhasil berjalan lancar. Akhirnya saya beli satu lagi kapal untuk ditempatkan di pulau weh atau pulau sabang, sekarang ada 2 atas permintaan para angler. Di jakarta ada 1, dan yang tiga sedang dibangun, mudah-mudahan bulan juli selesai.” Jelas pak Joko.

IFC tengah mempersiapkan beberapa armada baru

Khusus untuk di Sabang, paket yang ditawarkan adalah paket daytrip alias tidak nginap di kapal. Jadi, sangat cocok untuk para angler yang punya jadwal padat. Hal ini dikarenakan spot yang dituju cukup dekat. Hanya membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam perjalanan.

Kapal yang disediakan dapat menampung 6 orang angler. Disediakan juga penginapan, makan, dan transport dari dermaga ke resort. “Pokoknya para angler tinggal ngurusin tackle dan mancing, deh,”  terang Pak Joko.

Kabin kapal Jonita

Bagi angler yang ingin menikmati sensasi mencing di 0 Km sabang bisa langsung menghubungi Pak Joko atau melalui website indonesiafishingcharter.co.id di kolom contact us. Selamat memancing!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*