SHIMANO STELLA VS DAIWA EXIST 2018, PERTEMPURAN REEL MASA DEPAN

The futuristic Reel, mungkin ini julukan yang pantas disematkan pada reel spinning mutakhir besutan dua brand besar ini. Shimano Stella dan Daiwa Exist, mendengar namanya saja bisa bikin bulu kuduk angler berdiri. Bagaimana tidak, keduanya merupakan reel spinning yang terkenal dengan kualitas dan harga yang fantastis, bisa dapat 1 unit sepeda motor lah kiranya.

Memasuki tahun 2018 ini, pertarungan Spinning reel tak kalah ngeri dan sadis dibanding baitcasting reel. Seakan membangkitkan medan tempur masa depan, shimano mengeluarkan teknologi termutakhirnya yang dibenamkan pada stella 2018. Pabrikan ini berani menjamin bahwa seri terbarunya ini adalah yang terbaik yang pernah mereka buat.

REEL SIMANO DAIWA 2018

umpan buzzbait

Bayangkan saja, Stella yang terkenal dengan daya tahan dan jeroannya yang teruji, tak tanggung membenamkan Hagane Gear ke dalam tubuh reel ini. Si seksi ini didapuk memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibanding pendahulunya. Hagane Gear merupakan gear yang dibuat dengan teknik cold forging dan bahan paten shimano sehingga memiliki kekuatan dan daya tahan tinggi. Ditambah bentuk gerigi kecil micromodule gear II yang dibuat membulat pada ujung mata gerigi, sehingga mengurangi gesekan antara pinion dan main gear. Ini merupakan penyempurnaan dari micro module terdahulu dengan gerigi berujung tajam, yang akan terasa kurang halus putarannya setelah pemakaian jangka panjang.

HAGANE GEAR
Hagane Gear Shimano
SHIMANO STELLA 2018
Fitur unggulan Shimano Stella 2018
SHIMANO STELLA 2018
Struktur labiring Shimano Stella 2018

Line roller atau pengatur keluar masuk tali milik stella juga mengalami inovasi. Dibuat semacam sekat berbentuk labirin, sehingga jeroan reel aman dari sentuhan air. Sesuai sifatnya, maka air akan mengalir melewati labirin tersebut dan keluar melalui saluran pembuangan – lebih mirip saluran irigasi. Mengingat bahwa line roller merupakan bagian penting reel spinning – yang selain bekerja keras saat fight dengan ikan, juga sering mengalami korosi di bearing akibat air asin yang terbawa oleh senar yang melewatinya saat retrieve.Teknologi ini dinamakan X-Protect, Canggih bukan?, gak perlu takut lagi buat main laut.

Untuk menyempurnakan seluruh kombinasi part terbarunya, pabrikan yang terkenal dengan tingkat presisi yang tinggi ini me-review dan menganalisa ulang seluruh bagian dalaman reel saat bekerja. Celah dan goyangan sekecil apapun dihilangkan, sehingga tiap part tetap berada pada posisi sempurna, putaran semakin halus serta daya tahan semakin tinggi. Inovasi ini melahirkan teknologi bernama Silent Drive. Dengan gabunganbeberapa teknologi tersebut, wajar saja kalau shimano menyatakan bahwa Stella 2018 adalah reel Ultimate Evolution.

Sementara Daiwa yang merupakan pesaing berat shimano mengeluarkan inovasi terbarunya di 2018. Hampir semua reel spinning yang dirilis memiliki titel LT, begitu juga dengan seri Daiwa Exist. Light and Though (LT), gabungan dari beberapa teknologi yang memungkinkan berat reel semakin ringan namun memiliki daya tahan yang tinggi. Ada tiga inovasi yang menjadi fitur andalan Daiwa di reel teranyarnya ini. Magsealed, monocoque body dan tough digigear.

daiwa exist 2018
Daiea Exist 2018 Monocogue body

Magsealed, teknologi bearing paten Daiwa yang menggunakan pelumas khusus bernama magoil untuk menghalangi masuknya air dan debu ke dalam bearing. Magoil membentuk lapisan di permukaan ball bearing, lapisan ini seperti seal atau penutup bearing berbentuk cair yang selalu tetap pada posisinya seolah-oleh memiliki daya magnet sehingga ball bearing selalu terlumasi dan terlindungi. Teknologi ini memang bukan hal baru bagi fans Daiwa. Pasalnya sudah sejak beberapa tahun yang lalu diperkenalkan, namun di seri Exist 2018 Daiwa membenamkan magsealed bearing tempat-tempat krusial yaitu di main shaft (1), line roller (1), dan drive gear shaft (2). Total ada 4 bearing magsealed, jarang sekali reel daiwa dengan magsealed sebanyak ini.

daiwa exist 2018 3
Dilapisi magsealed bearing
daiwa exist 2018 2
Teknologi tough digigier – dengan presisi tinggi
daiwa exist 2018
Solid design yang minim baut

Bayangkan sebuah bodi reel spinning yang juga berfungsi sebagai frame dengan daya tahan tinggi namun ringan, inilah monocoque body. Pertamakali dikenalkan pada tahun 2016 di seri certate HD, cukup bikin ketar-ketir pabrikan lain. Dengan bodi yang menyatu dengan frame, maka penggunaan baut berkurang sehingga ruang yang tersedia untuk menampung part lain semakin efisien. hal ini juga memungkinkan reel menjadi lebih ringan dan nyaman digenggam.

Though digigear, gear berbahan duralumin yang dibuat khusus oleh daiwa dengan teknik cold-sintering atau proses pemadatan metal dengan pendinginan ekstrim dan machine cut gearing. Pemotongan gerigi dengan mesin khusus (machine cut gearing) ini diawali dengan analisis dan kalibrasi saat part gear bersentuhan agar tidak ada celah serta selisih sedikitpun. Bahan Gear yang telah dianalisis kemudian dipotong dengan mesin ultrapresisi hingga terciptalah gear dengan putaran yang sangat halus. Daiwa Exist menggunakan gear berbahan Duralumin yang merupakan metal campuran aluminium, tembaga, magnesium dan mangan yang terkenal sangat kuat dan ringan.

Dengan penggabungan ketiga fitur mutakhir tersebut , sudah tidak diragukan lagi. Daiwa exist LT adalah petarung sepadan shimano stella 2018. Nah, gimana sahabat spotmancing.com? pasti mulai bimbang antara keinginan dan ketebalan dompet. Yakin saja, tidak ada yang tidak mungkin. Dimana ada kemauan pasti ada jalan. Mari menabung!

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos mancing shimano, spotmancing apparel

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*