Berkenalan dengan Sengah Kopling Fishing Community (SKFC)

oleh Diki Rafikih

Selayaknya kita Ucapkan terimakasih kepada  Mark Zuckerbeg- pendiri Facebook. Lewat platform sosial yang ramah tersebut, telah banyak persaudaraan terjalin. Tak terkecuali di dunia mancing, banyak komunitas terbentuk – salah satunya adalah Sengah Kopling Fishing Community (SKFC), yang berpusat di Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin – Sumatera selatan.

lomba mancing di bekasi
lomba mancing di bekasi

Berawal dari acara kumpul-kumpul para maniak mancing yang dimotori oleh Aprliyanto Siregar, Fitra Yan Angler, Tri Afriyan,  beberapa punggawa lainya, maka terlahirlah embrio SKFC di laman grup  Facebook. Saling sapa dan interaksi pada platform tersebut perlahan meningkatkan minat pemancing lainnya untuk ikut bergabung. Kegiatan mancing bareng mulai kerap dilakukan.

Namun, ibarat murid baru di sebuah sekolah, dalam perjalanannya Komunitas Sengah Kopling pun tak terhindar dari godaan dan cemoohan – di tengah riuhnya komunitas mancing yang telah mapan dan besar. Tak jarang  klub Sengah Kopling – dalam Bahasa Palembang berarti setengah gila, mendapat godaan dan cemoohan. Kerap pula dikatai komunitas sayur katu.

Tapi godaan tersebut tak membuat kecil hati.  Passion memancing yang tumbuh alami membuat kelompok ini terus menggeliat.  Tercetus ide membuat kolam catch & realease toman sebagai media perekat silaturahmi sekaligus tempat penyaluran hobi.

Kegiatan rutin SKFC, mancing bareng di Pondok Snakehead CnR

Bekahpun menggelinding bak bola salju. Sumbangan lahan dan santunan dana mengalir hingga impian punya kolam pancing sendiri menjadi kenyataan. Dan pada Januari 2016 Pondok Snakehead CNR diresmikan, serta mulai dipergunakan sebagai ajang latihan tekhnik casting bagi para anggota SKFC. Komunitas berusia belia ini mulai eksis.

Pertemuan yang kian intens membuat klub ini tambah solid. Keyakinan untuk bertansformasi menjadi komunitas mancing berpayung hukum kian kuat. Tanggal 8 Desember 2016 jadi hari bersejarah bagi grup Sengah kopling. Diwakili Aprilyanto Siregar (ketua) dan jajaran pengurus maju ke meja Notaris, hingga SKFC menjadi organisasi yang sah di mata hukum..

Walau seumur jagung, kelompok ini rupanya sukses mencuatkan namanya dengan mengikuti Turnamen-turnamen skala lokal ataupun nasional. Ajang resmi pertama yang dikuti oleh SKFC yaitu Lomba Casting yang diadakan oleh Komunitas Mancing Mania Sumatera Selatan (KMMS). Dalam even ini, Sengah Kopling mendapatkan Juara Ke-3 atas nama Yusuf Bakrie sekaligus prestasi pertama SKFC didunia para Angler.

Yusuf Bakri membawa nama harum SKFC diajang lomba yang diadakan oleh KMMS (Komunitas Mancing Mania Sumatera Selatan)

Lalu Tri Afriyanto Benawan atau yg lebih dikenal dengan panggilan TRI ANGLER kembali mengharumkan nama SKFC dengan merebut JUARA I untuk Katagori Gabus terpanjang diajang Anniversary MMP ke 3 di Indralaya Ogan Ilir.

TRI ANGLER kembali mengharumkan nama SKFC dengan merebut JUARA I untuk Katagori Gabus terpanjang

Prestasi tak kalah jempolan juga ditorehkan pada turnamen komunitas mancing TRAC (Tanjung Raja Fishing Community). Dody Dy berhasil menyisihkan 230 peserta lainnya, dengan menaikan ikan Gabus sepanjang 56 cm. Kemenangan ini jadi Hatrick pertama SKFC ditahun 2017.

Dody Dy berhasil menyisihkan 230 peserta dalam ajang TRAC-Tanjung Raja Fishing Community

Selain mengikuti even lomba, klub ini rutin membuat kegiatan intern. Diantaranya adalah program dwi mingguan “Man Of The Week end “atau mencari pria dengan strike terbaik, lomba mancing keluarga  dalam rangka Anniversary ke 1 SKFC, dan juga trip saltwater.

SKFC mengadakan lomba memancing ikan mas dan lele di kolam pemancingan Stella dalam rangka Anniversary ke 1 SKFC
Ulang tahun SKFC yang ke-1
Trip saltwater SKFC

Namun satu hal yang menjadi inspirasi bagi kita adalah kepekaan SKFC akan isu-isu sosial dan  internasional. Pada perhelatan HUT ASFC ke 1 di Mitra Ogan Sekayu, dan Kopdarnas FORCASI, komunitas ini ikut menyuarakan kepedulian dan keberpihakan pada bangsa Palestina. Pada ajang tersebut, paguyuban mancing ini membentangkan bendera dukungan atas perjuangan bangsa Palestina.

Buat angler yang ingin bergabung atau mendapatkan informasi lebih detil bisa mendatangi Sekretariat SKFC bertempat di jl. Pangeran Ayin depan SMP 41 kenten laut – Banyuasin, mengunjungi portal online skfc , atau mengklik laman facebook Sk-Fishing Community.

Semoga SKFC dapat lebih baik lagi ditahun-tahun mendatang…(Diki Rafikih)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *