spot casting gabus sidoarjo

Lingkar Timur, Destinasi Ajib spot casting gabus sidoarjo

spot casting gabus sidoarjo

Ketagihan strike gabus? Jika jawabannya benar, dan anda pun tinggal atau kerap mengunjungi provinsi Jawa timur, maka siapkan tackle andalan. Yuup, predator ini tumbuh subur di kawasan Lingkar Timur, salah satu spot casting gabus Sidoarjo liar nan menantang.

Angler yang mancing disini pun bebas memilih spot yang diinginkan, karena banyak sekali  rawa-rawa yang bisa di eksplor. Selain itu, ikan gabus yang hidup di spot inipun rata-rata memiliki ukuran gemuk dan segar. Hal ini dibenarkan oleh Ukki Gembelzs, seorang castinger sekaligus pecinta mancing di fresh water. Ia pun mengatakan, banyak castinger yang gemar dan sering mengunjungi Lingkar Timur Sidoarjo, karena selain luas, gabusnya pun tumbuh subur. “Terutama kita bisa puas main top water lure, karena banyak tanaman air dan memang potensi ikan gabus nya sebagai target utama sangat melimpah,” terangnya. Saking pahamnya dengan spot ini, ia pun sempat beberapa kali strike gabus. “Rekor pribadi sih, pernah merasakan ngangkat gabus hampir tiga kilogram,” sebutnya.

Spot Lingkar Timur Sidoarjo Jawa Timur(dok.pribadi Ukki)

Kondisi dan suasana di spot Lingkar Timur Sidoarjo pun tak kalah menariknya, bak ladang yang di selimuti oleh limpahan air dan gumpalan lumpur. “Bukan cuma itu saja, angler pun akan melewati jalan setapak dan menembus rerumputan yang tinggi dan disuguhi oleh pohon-pohon besar dan rindang,” ujar pria ini. “kan kalau mancing itu, harus didukung juga dengan spot nya yang nikmat,” ucapnya sambil tertawa.

Selain menjadi sarang gabus, spot Lingkar Timur Sidoarjo ini banyak pula ikan lainnya yang berkembang secara normal dan sangat potensial untuk disambar kail pancing angler. “Walaupun gabus menjadi pilihan utama angler yang datang kesini, bukan berarti ikan yang lainnya tak layak ditancang. “Di spot ini, angler lain banyak juga yang mancing tawes, mujair, betok, sepat, hingga wader,” jelasnya. Sementara itu, untuk mancing salah satu predator air tawar ini, waktu terbaik umumnya dilakukan pada saat awal musim penghujan atau awal kemarau. Pada periode-periode inilah ukuran gabus banyak yang gemuk-gemuk.

Teknik casting menjadi pilihan angler asal Surabaya tersebut, alasannya karena cocok dengan kondisi rawa-rawanya yang cukup dalam. Angler tinggal menyiapkan set tackle nya di tepian rawa, dan langsung mencari titik-titik potensial predator gabus berkeliaran. “Kalau set tackle nya mendukung, kita bisa strike gabus yang berukuran besar om,” katanya. Joran  6-12 lbs, reel kelas 2000, pe 1.5, serta leader 20 lbs ia siapkan, agar iwak kutuk ini berhasil ia daratkan.

Baca artikel: Teknik Njegog dan Ndudur, Cara tradisional dan unik mancing ikan gabus

“Jangan ketinggalan umpannya. Untuk di spot ini, pakai beberapa jenis lure sebenarnya juga bisa. Cuma menurut saya pakai froggie, sudah efektif” sarannya. Ukki pun sempat mengatakan, jika mancing gabus di spot terbuka seperti Lingkar Timur Sidoarjo ini, angler bisa juga mencoba umpan yang lain, seperti softlure, spinner hingga spoon. “Angler tinggal pilih umpan yang terbaik, toh mancing ikan pun harus menggunakan feeling juga,hahaha..” tuturnya.

spot casting gabus sidoarjo

Iwak berkumis yang banyak berkeliaran di spot ini (dok.pribadi Ukki)

Lokasi Lingkar Timur Sidoarjo, berada di Desa Gebang, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.  Angler yang ingin mancing kesini, bisa menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor, namun bagi angler yang berasal dari luar kota, disarankan menggunakan kendaraan roda empat, karena jaraknya yang jauh dan memakan waktu yang lama, sekira 15 jam lebih –jika start dari Jakarta–. “Bisa juga pakai bis antar kota yang menuju Surabaya om, nanti disambung pakai ojek online,” ucapnya. Selain itu, ada transportasi lain yang dapat dipilih angler, seperti kereta api. Pilihannya, ada kelas Eksekutif, Campuran (Eksekutif – Bisnis), hingga kelas Ekonomi AC.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Angler pun disarankan untuk membawa perbekalan semacam makanan dan minuman, karena jarak dari pusat kota menuju spot nya cukup jauh dan memakan waktu. “Bawa perbekalan seperlunya karena jarak dari spot ke tempat makan terdekat, kurang lebih 1 kilometer,” sebutnya. Sementara jika angin mencari penginapan, angler bisa memperolehnya di pusat kotanya. Ada beberapa penginapan yang bisa angler pilih dengan harga yang terjangkau.

Castinger Community (dok.Komunitas)

spot casting gabus sidoarjo

Baca juga artikel: Juosss,…! Coba nih, umpan lundi dan gendon ala Bang Ireng Mendono. Strike gabus, lele, dan baung bertubi-tubi!

Patut angler ketahui, jika spot rawa-rawa di Lingkar Timur Sidoarjo ini,sangat terbentang luas dan menajdi salah satu spot mancing yang terkenal di wilayah Jawa Timur. Pantas saja, jika hewan-hewan liar, terkadang bisa angler lihat secara kasat mata. “Binatang seperti Musang, Biawak,hingga ular suka ada di spot ini. Tapi angler jangan khawatir, yang penting kalau mancing disini kita tetap waspada saja,” saran angler yang aktif di Castinger Community (C2) ini.

Wuiihh..mancing di spot liar memang selalu menciptakan adrenalin tersendiri. Angler siap menerima tantangan di spot Lingkar Timur Sidoarjo? Untuk informasi lebih detail, silahkan hubungi rekan kita Ukki Gembelzs via akun Facebook nya atau ke nomor 0812 3233 2072.

spot casting gabus sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *