umpan jitu ikan mahseer

Umpan Jitu Ikan Mahseer? Coba Nih..Buah Kelapa Sawit

umpan jitu ikan mahseer

Bagi angler, mampu menggangkat ikan hingga ke tepian sudah pasti menjadi kebanggaan tersendiri. Namun tentunya tak semudah yang dibayangkan. Apalagi ikan size monster, butuh umpan yang pas juga. Umumnya, angler menggunakan dua jenis umpan, seperti umpan hidup dan tiruan. Naah..saat ini ada Umpan Jitu Ikan Mahseer yang belum lazim digunakan oleh angler, yang berasal dari buah kelapa sawit. Hasilnya? Ikan mahseer pun bisa ditaklukan.

umpan jitu ikan mahseer

Unik memang. Buah kelapa sawit, yang menjadi bahan baku minyak goreng tersebut, ternyata bisa juga digunakan sebagai umpan beragam jenis ikan. Walaupun aromanya tak amis –umumnya disukai oleh ikan–, namun hasilnya paten! Tak tanggung-tanggung, predator mahseer pun dibuat tak berdaya. Pengalaman ini, sempat dirasakan oleh Muhammad Alfajri, seorang angler asal Bengkulu yang sudah lama menggunakan umpan buah sawit. “Pada dasarnya, umpan ini diambil dari buah sawit yang telah masak. Terkadang saya suka langsung ambil dari atas pohonnya,” jelas Alfajri.

Menurut pria ini, kelebihan umpan yang menggunakan buah sawit, selain warnanya yang cukup mencolok, aroma dari umpan inipun bisa membuat ikan tergiur. “Perpaduan warna coklat, kuning serta oranye yang ada di buah sawit, memang bisa mengalihkan perhatian ikan,” sebutnya. Walaupun awalnya tak percaya, namun akhirnya terbukti dengan merasakan strike mahseer yang tak hanya sekali saja. “Saya pun sempat kaget, saat joran bergetar hebat. Ketika saya mainkan reel dan tarik keatas, waahh..berat juga. Ternyata saya strike mahseer yang gede,” terangnya. “Setelah ditimbang, berat ikannya sekitar 5 kilogram,” lanjutnya.

Saat itu, mancing mahseer dengan umpan buah sawit ini, ia lakukan di sungai Air Dikit yang berada di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Ketika berhasil strike mahseer, Alfajri menggunakan set tackle dengan ukuran joran yang memiliki panjang 210 sentimeter, reel 2000 serta senar ukuran 0,30 mm. “Saya pilih spot ini karena sarangnya ikan mahseer dan ukurannya pun lumayan besar-besar,” ujarnya.

Ia pun kembali menuturkan, untuk menggunakan umpan buah sawit ini, memang tak serta merta ia kaitkan langsung ke kail pancing. Namun, sebelumnya ia pilah dulu agar buah ini bisa berdaya guna secara maksimal. “Pertama ambil buah sawit yang telah matang dan agak lembut. Terus potong selebar 1 sentimeter dan panjangnya 1,5 sentimeter. Sudah gitu, cantolkan ke mata kail,” paparnya.

Apa yang dijelaskan Alfajri memang terbilang cukup sederhana, apalagi jika dibandingkan dengan umpan hidup lainnya, seperti ikan ataupun cacing yang cenderung lengket ke tangan. Pun, mancing dengan menggunakan lure buah sawit, angler tak mesti mengeluarkan kocek dalam-dalam. “Saya sih, tinggal nyari ke kebun sawit aja. Kebetulan juga, saya kerja di perusahaan kelapa sawit, jadi tak sulit memang untuk memperoleh umpan ini,” ujarnya.

Baca juga artikel: Sungai Katingan, Destinasi favorit Mancing Ikan Mahseer Gold

Alfajri dengan strike Mahseer, bermedia umpan buah sawit (dok.pribadi Alfajri)

Ia pun menyarankan, jika angler lain ingin menggunakan umpan ini, sebaiknya gunakan buah sawit alami atau yang baru jatuh dari pohonnya. “Usahakan jangan dicampur dengan bahan umpan yang lainnya, murni aja. Supaya aromanya tidak hilang,” jelasnya. Selain itu, ketenangan seorang angler pun sangat dibutuhkan, saat umpan buah sawit ini dilemparkan ke spot yang dituju. “Diperlukan kesabaran dan mau mencoba. Tapi jangan khawatir, karena umpan ini sudah terbukti bisa strike ikan,” ujarnya meyakinkan.

Tak hanya ikan sejenis mahseer saja yang bisa dibidik dengan umpan ini. Ada jenis ikan lain juga yang menggemari umpan buah sawit tersebut. “Setahu saya yang mau makan umpan ini, ikan wader. Kalau orang sini biasa menyebutnya ikan palau,” katanya. “Tapi itupun harus menggunakan alat pancing dengan ukuran yang berbeda,” sambungnya. Hal ini dikarenakan, target ikan yang akan ditujunya pun, lebih kecil daripada ikan semah.

Alfajri pun sempat menyarankan, kalau ada angler lain yang mau mencoba mancing ikan diluar mahseer dengan umpan buah sawit ini, gunakanlah mata kail yang tak besar. “Cocok pakai mata kail yang kecil, ukurannya nomor 2 atau 3,” sebutnya. Walaupun sejauh ini, ia belum pernah mencoba strike ikan diluar mahseer, dengan umpan buah sawit tersebut, tapi menurutnya, tak ada salahnya jika angler ingin mencoba membidik jenis ikan yang lainnya. “Kalau mau tokcer sih, mancing ikan mahseer ya. Soalnya saya sudah merasakannya,” terang lelaki yang gemar mancing sejak kecil itu. Dari pemantauan Spotmancing.com, ikan Gurami pun bisa didaratkan menggunakan buah sawit.

Warna dan aromanya membuat mahseer tergiur (dok.pribadi Alfajri)

Sementara itu, mancing dasaran menjadi teknik yang kerap kali ia gunakan ketika menyasar mahseer. “Pakai umpan buah sawit, lebih cocok menggunakan teknik dasaran, apalagi ikan mahseer senang berada di lubuk, dimana aliran airnya tidak terlalu deras serta tak keruh,” ujarnya.

baca juga artikel: Cara dan umpan mancing ikan mahseer

Umpan Jitu Ikan Mahseer

Lantas, jika angler yang menetap di pulau Jawa ingin merasakan memanfaat buah sawit untuk umpan mancing, apakah bisa? Tenang. Sejak 10 tahun yang lalu, di sebagian wilayah pulau Jawa pun, lahan sawit mulai dikembangkan oleh PT Perkebunan Negara (PTPN). Namun, untuk saat ini lokasinya hanya ada di provinsi Jawa Barat dan Banten. Jadi, angler yang menetap di pulau Jawa, tak perlu harus menyeberang ke Sumatera, sekedar untuk mencari buah sawit untuk umpan ikan.

Naah..jika ada angler yang penasaran untuk mencoba umpan buah sawit tersebut, dan kebetulan mengunjungi spot mancing yang ada di wilayah Jawa Barat dan Banten, tak ada salahnya untuk menyimpang sebentar ke perkebunannya, hehehe…

umpan jitu ikan mahseer

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *