mancing karangan di jogja

5 Spot Perawan Mancing Karangan di Jogja

Mancing Karangan di Jogja

Siapa yang tidak mengenal Daerah Istimewa Yogyakarta? Provinsi yang memilki hak otonomi khusus ini, selain terkenal sebagai kota pelajar, kota gudeg dan kota budaya juga terkenal dengan destinasi spot rock fishingnya.

Bukan hal baru di telinga angler nusantara bahwa spot-spot di Jogjakarta ini selain menyajikan sensasi mancing rock fishing yang extreme juga terkenal akan habitat ikan predator berukuran monster seperti GT, Tengiri, Barracuda dan Kampur (yellow snaper).

mancing karangan di jogja

Spotmancing.com kali ini akan menyajikan 5 Spot potensial mancing karangan di Jogja – tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Atas kerjasama Venansius Gunadhi seorang Angler Rock Fishing yang juga ketua komunitas mancing rock fishing Jogjakarta Jogja Rock Fishing Community (JRF), yuk langsung kita simak dimana saja spot-spot tersebut.

Baca juga artikel: Mancing Karangan, Panduan lengkap

1. SPOT DANDER, WEDIOMBO
Letaknya persis di sisi timur tempat wisata pantai Wediombo. Spot ini juga termasuk salah satu spot landbase dan pemancing dengan teknik casting sangat ideal untuk spot ini. Pemancing lokal biasanya menggunakan teknik kambangan untuk memancing ikan panjo (cendro), Karena di spot ini merupakan lalu lintas ikan tersebut.

mancing karangan di jogja - spot Dander, Wediombo
Spot Dander

Yang harus di perhatikan ketika ingin memancing di lokasi ini adalah spot ini hanya bisa dipancing pada saat debit air kecil. Pada saat air kecil pun, pemancing harus berhati-hati akan datangnya ombak pasang ( banyu ngatat) yang secara tiba tiba datang. Sangat disarankan mancing bersama porter atau warga lokal maupun rekan-rekan yang sudah sangat hafal betul lokasi ini.

2. SPOT GRENDAN
Terletak di daerah Jepitu, Gunung Kidul tepatnya berada di sebelah timur pantai Wediombo. Grendan merupakan salah satu spot Landbase (spot karang yang sangat dekat/datar dengan air), dan menghadap ke barat.  Spot ini sangat dalam, potensi ikan predator GT, kerapu, Kampuran dan kakap merah sangat bagus dan sekaligus spot yang sangat berbahaya.

mancing karangan di jogja - Spot Grendan
Spot Grendan

Spot ini ada 3 bagian, Grendan depan tenda, Empus, dan Congoran. Spot yang sangat berbahaya adalah Grendan depan kursi jebol, Rmpus dan Congoran (sisi timur) karena merupakan jalan ombak atau arah masuk ombak. Jadi sangat tidak disarankan tidur tiduran di spot tersebut,apalagi pada saat angin kencang dari timur.
Hal- Hal yang wajib diperhatikan apabila ingin Rock Fishing di spot ini :
– Tidak disarankan bagi yang baru menekuni rock fishing untuk memancing ke spot tersebut.
– Tidak cuma modal nekat tapi juga memiliki pengetahuan tentang kondisi sekitar, keadaan air, pergerakan air dan arus, arah air datang dan lain-lain.

mancing karangan di jogja
– Jika ingin ke spot tersebut, sangat disarankan membawa porter atau rekan yang sangat hafal betul karakteristik spot ini
– Hanya bisa dipancing pada saat air flat, kecil, dan dengan catatan arus kecil, angin juga kecil.
– Pada musim kemarau arus tidak menentu, dan kadang berubah secara cepat. Jadi harus extra hati-hati meskipun air kecil karena sesekali ada air ngarat/colongan/ombak besar yang datang tiba tiba.
– Gugun menambahkan bahwa angler harus berpikir matang-matang jika ingin ke spot ini. Saran saya sebaiknya cari spot tebangan saja yang lebih aman dan nyaman untuk memancing. Keselamatan tetap yang paling utama ujar Gugun.

Baca juga artikel: Land based game fishing

3. SPOT MAHBANG
Lokasinya berada di daerah Jepitu, Wediombo. Perjalanan dari Jogjakarta via jalan Wonosari ditempuh +/- 2 jam. Spot mahbang terletak persis di sebelah timur spot Ndengkeng. Spot ini cukup luas, bisa untuk 10 pemancing dan sangat ideal untuk memancing ketika gelombang sedang besar, atau dalam istilah mancing karang, banyu ngopyak.

mancing karangan di jogja - spot mahbang
Spot Mahbang

Spot ini salah satu spot yang cukup dalam dibanding spot spot lain, serta sangat potensial dengan ikan – ikan predator.  Ikan yang biasa naik dari spot ini kampur / kapuran / yellowsnaper, kerapu, GT dan kakap merah. Dan pada musim kemarau, saat ikan barakuda, tongkol migrasi, spot ini sangat bagus untuk mancing dengan teknik kambangan dan casting.

mancing karangan di jogja
Venansius Gunadhi

Kekurangan spot ini adalah tidak begitu baik dipancing saat musim kemarau (angin timur), karena langsung melawan arah angin. Yang kedua ketika sedang hujan, karena didominasi rerumputan, akan sangat licin. Jadi harus extra hati hati. Selanjutnya akses jalan yang masih berupa jalan setapak berbatu dan cukup jauh dari jalan utama, sedikit menjadi kendala bagi yang fisiknya tidak begitu prima

4. SPOT NDENGKENG
Lokasinya berada di Jepitu, Wediombo, Gunung Kidul. Spot ini dulunya dipenuhi pepohonan, dan dibuka oleh Mbah Paidi cs. Jika memancing disana, pasti akan sering bertemu dengan sosok mbah memakai baju merah, beliau sangat hafal dengan spot tersebut. Karakteristik spot yang cukup luas dan paling ideal untuk teknik memancing kambangan dengan target ikan layur, barakuda dan tengiri.

mancing karangan di jogja - spot goa dengkeng
Goa Dengkeng

Spot ini bisa menghadap ke timur, selatan, dan barat, dan pada bagian barat terdapat teluk yang sangat luas. Pada bagian sisi timur, terdapa spot Dengkeng atas goa. Spot ini sangat dalam, hampir sama dengan spot Mahbang dan sangat potensial akan ikan ikan predator seperti kampuran, GT dan kakap merah. Namun untuk spot Dengkeng atas, tempat sangat sempit hanya cukup untuk 4 pemancing. Karena posisi sempit,  teknik untuk melempar pun menggunakan model pecut ( joran pada posisi 90 kemudian dilemparkan dengan memecut ujung joran.

5. SPOT PULAU KALONG
Terletak di sebelah barat spot Ndengkeng dan sebelah timur pantai Wediombo. Dahulu spot ini menjadi rumah bagi kalong / kelelawar besar. Entah karena semakin banyak manusia, atau makanan yang semakin sulit, kelelawar tersebut lambat laun menghilang. Spot ini begitu spesial bagi sebagian pemancing sekaligus menantang karena letaknya yang terpisah dari tebing daratan ( pulau tersendiri).

mancing karangan di jogja - spot Pulau Kalong
Pulau Kalong

Untuk mencapai spot ini, pemancing harus menyeberang menggunakan sebuah gondola (kursi yang digantung pada sebuah tali) dan ditarik dari sisi seberang. Saat ini akses lebih mudah, karena gondola tersebut sudah tergantikan dengan sebuah jembatan tali yang panjangnya -/+ 40 meter. Jembatan ini dibuat dan dikelola oleh warga sekitar yaitu Pak Singkrih beserta Angler Wonosari Pak Yanto dan kawan-kawan.

mancing karangan di jogja

Mancing Karangan di Jogja

Ketika berada di pulau kalong, sensasi pemandangan pulau-pulau laut dan pasiran sangat jelas terlihat dari spot ini. Sensasi sambaran ikan pun luar biasa di spot ini. Ikan target GT, trigerfish/pogot, barakuda, tengiri menjadi idola di spot ini. Namun stamina dan mental yang kuat sangat dibutuhkan untuk sampai ke spot ini.

Nah angler semoga informasi spot-spot potensial mancing karangan di Jogja diatas memberi dorongan dan motivasi bagi para angler yang ingin berkunjung ke Jogjakarta untuk mencoba sensasi Rock Fishing. Jangan lupa utamakan keselamatan karena keluarga menanti dirumah.

Mancing Karangan di Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *