Mancing Bawal di Bekasi ? Coba Spot liar Sungai Rawapanjang, Banyak babonnya lho!

Mancing Bawal di Bekasi

Di Provinsi Jawa Barat banyak lokasi mancing potensial yang layak untuk dikunjungi angler, salah satunya sungai Rawa Panjang yang berada di kota Bekasi. Jika angler gemar mancing ikan Bawal, tak ada salahnya untuk mencoba spot yang satu ini.

Hal ini diakui oleh Edy Setya, salah seorang angler yang berpengalaman nancang ikan yang bentuknya memiliki kemiripan dengan ikan piranha tersebut. Menurut Edy, mancing ikan bawal di Bekasi – sungai Rawa Panjang ini, sangat mengasyikan. Apalagi, setiap mencoba untuk menjinakan Bawal, selalu ‘diganggu’ oleh beberapa ikan Sapu yang tak sedikit pula berkeliaran di spot ini.

mancing bawal di bekasi
Penampakan spot bawal Sungai Rawapanjang

“Terkadang suka kesal juga, kalau umpan yang saya lempar di caplok sama ikan jenis hama ini,” keluhnya. Namun, ia pun tak pernah putus asa untuk terus mencoba menjinakan Bawal, agar bisa dibawa pulang. Apalagi karakter ikan Bawal cenderung tak bisa ditebak, sehingga dibutuhkan ketenangan yang luar biasa, saat memancingnya.

Disamping itu, untuk memudahkan strike ikan yang memiliki gigi tajam ini, angler harus kreatif dalam melempar umpan. Sebaiknya angler harus rajin melempar umpan ke segala arah, untuk mencari titik berkumpulnya Bawal. “Kalau saya sih, biasa pakai umpan cacing hingga usus ayam,” terangnya. Dengan kedua jenis umpan tersebut, ia pun beberapa kali membawa pulang iwak yang senang hidup berkoloni ini. “Terakhir saya berhasil ngangkat Bawal seberat 2,2 kilogram,” sebutnya.

mancing bawal di bekasi
Edi Setya

Baca artikel: Resep umpan ikan bawal

Selain ikan Bawal, jenis-jenis ikan yang lainnya pun banyak yang berkembang biak di sungai Rawa Panjang. Ikan Patin, Nila, Lele, Baung, Tawes, hingga gurame pun bisa ditancang angler sesuka hati. “Tapi jangan lupa untuk mencoba mancing Bawal, karena ikan ini cukup disenangi juga oleh sebagian besar pemancing,” sarannya.

Sementara itu, agar mampu menciptakan strike, Edy pun memilih tackel yang sangat pas. “Untuk joran nya, saya gunakan ukuran 180 sentimeter, reel 2500 hingga 3000 serta line 0.35 sampai 0.4,” ujarnya. Menurutnya, dengan tackle yang ia miliki ini, sudah cukup maksimal untuk mancing di fresh water semacam sungai Rawa panjang tersebut. “Saya biasa pakai yang standar saja, yang penting target ikan bisa kena,” katanya.

mancing bawal di bekasi
Mancing malam dapat ikan baung

Baca juga artikel: Cara mancing ikan bawal

Pria yang hobi mancing sejak tahun 2007 inipun mengatakan, selain mancing di Rawa Panjang ini, ia pun sering menjambangi spot-spot mancing yang berada di sekitaran kota Bekasi. Di kota ini, tak sedikit spot mancing potensial yang layak untuk dicoba, seperti danau Marrakash, sungai Belacan, hingga danau Duta Utara. Namun, spot mancing di Rawa Panjang lah, menjadi daya tarik tersendiri buatnya. “Bisa dikatakan mancing bawal di Bekasi – tepatnya di sungai Rawa Panjang ini memiliki kedalaman air yang baik, selain itu spot nya besar,” jelasnya.

Tak salah, karena spot ini memiliki kedalaman air yang baik, Edy pun banyak mencoba beberapa teknik mancing. Menurutnya, banyak variasi-variasi teknik mancing yang bisa dicoba oleh angler, apalagi spot fresh water semacam ini tak terlalu sulit untuk membuahkan strike beberapa jenis ikan. “Pakai teknik dasaran cocok untuk mancing ikan Bawal di spot ini. Saya tinggal nunggu umpan disambar aja,” terangnya.

Mancing ikan Bawal di spot ini, bisa dilakukan sepanjang hari, baik pagi,siang ataupun malam. Namun, jika mancing Bawal dilakukan pada malam hari, sebaiknya angler gunakan umpan dengan aroma yang tajam. “Saya suka juga mancing malam-malam di spot ini. Bahkan, pernah sampai pagi hari,” ujar pria asli kota Ciamis ini. Sarannya, kalau mancing di malam hari, jangan lupa bawa penerangan yang cukup serta umpan yang berbau amis.

Sekilas tentang ikan Bawal. Iwak ini bernama latinnya Pampus chimensis yang memiliki ciri tubuh yang berbentuk lonjong dan melebar, Bawal tidak memiliki sirip pada perut. Ikan Bawal dan Piranha hampir mirip dilihat dari morfologi ikan bawal dengan piranha ada banyak kesamaan dari bentuk tubuhnya.

mancing bawal di bekasi

Mancing Bawal di Bekasi

Bagian punggung depan memiliki sirip berduri tajam 5 hingga 10 buah. Ikan Bawal berwarna ungu keabu-abuan pada panggungnya dan berwarna putih perak berkelip pada bagian perutnya sedangkan sirip- sirip pada ikan bawal umumnya berwana lebih gelap.

Lokasi tepatnya sungai Rawa Panjang, berada di Kecamatan Bekasi Selatan, kota Bekasi. Untuk menuju ke sungai Rawa Panjang, jika menggunakan kendaraan umum sejenis bis, angler bisa berhenti di gerbang tol Bekasi Barat. Selanjutnya dari jalan tol ini, angler menuju ke perempatan lampu merah dan memilih belokan ke arah kanan. Jarak dari tol Bekasi barat ke spot ini, sekira 1 kilometer. “Bisa pakai angkutan umum nomor 25 jurusan Pulo Gebang – Rawa Panjang om..,” sebut Edy. “Kalau dari tol Bekasi Barat deket kok, paling juga sepuluh menit sampai di lokasi,” lanjutnya.

Buat para pecinta mancing Fresh Water, jika berkunjung ke Bekasi, tak ada salahnya untuk mencoba sensasi strike Bawal di spot Rawa Panjang ini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan rekan-rekan menghubungi Edy Setya via akun Facebook nya.

mancing bawal di bekasi

Peta Sungai Rawapanjang Bekasi

Spot mancing lainnya di Bekasi: Muara Sungan Belacan. Simak videonya di bawah ini:

Mancing Bawal di Bekasi

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*