Pemancingan galatama Domas, legenda dari Salatiga

pemancingan galatama

Kota Salatiga merupakan sebiah kota kecil yang terletak di antara kota-kota besar di Jawa Tengah, seperti Jogjakarta, Solo dan Semarang atau yang lebih familiar disebut Joglosemar. Kota yang hanya memiliki 4 kecamatan ini beriklim sejuk di siang hari dan dingin ketika malam hari.

Salatiga yang terkenal dengan spot wild fishing Rawapening ini pun ternyata mempunyai ikon kolam pemancingan legendaris yang terletak di pusat kota. Warga Salatiga khususnya pasti sudah tidak asing dengan nama Kolam Pemancingan Galatama Domas Salatiga. Kolam yang dibuka di tahun 1980 an ini ternyata cukup eksis dan ramai pengunjung hingga sekarang.

pemancingan galatama

Spotmancing.com berhasil mewawancarai Agung We , putra sekaligus generasi kedua pemilik kolam pemancingan Galatama Domas. Agung bercerita jika generasi pertama pemilik kolam nya tidak lain adalah ayahnya sendiri yang bernama Pak Untung. Awal mula merintis di tahun 80 an dan masih diteruskan oleh Agung sampai sekarang.

pemancingan galatama
Agung We
pemancingan galatama
pemancingan galatama

Kolam galatama sudah mengalami 3 kali perubahan,Awal di bangun kolamnya memanjang dari barat ke timur. Setelah itu dibelah menjadi 2 kolam dan 1 lahan yang di timbun sekarang menjadi rumah tinggal keluarganya. Perubahan Kedua, kolam dirubah menjadi kotak dan lapak-lapak mancing pun menjadi permanen. Demi terjaganya kualitas kolam, pengelola pun melengkapinya dengan filter air.

Suka duka bermain di bisnis pemancingan Galatama sudah dirasakan Agung dan Ayahnya. Menurut Agung, pasang surut bisnis Galatama ibarat asam garam kehidupan. “Suka dukanya sama dengan usaha lain. Kalau pas ramai peminat ya itulah saat-saat yang menyenangkan karen bisa untuk menutup biaya operasional. Karena membuat kolam layak untuk galatama itu membutuhkan modal dan mental yg kuat. Terutama untuk pembelian dan pembentukan ikan yang akan dipakai untuk galatama. Dukanya ketika sedang sepi pemancing atau ada omongan yg menjurus ke fitnah. Usaha Pemancingan harus bisa “momong “orang banyak dan tidak semuanya akan puas dengan pelayanan kami. Jadi kadang muncul omongan yang negatif”, ujar Agung disela wawancara.

pemancingan galatama
pemancingan galatama

Baca artikel: Umpan putih Mak Endah, umpan legendaris dari tanah minang

“Mereka tidak tahu dukanya awal membuat acara galatama. Saya mengorbankan / rugi ikan 5 kuintal. Untuk mendapatkan ikan layak pakai, kami memakai sistem hukum alam dimana Ikan yang kuatlah yang akan bertahan” tambah Agung.

pemancingan galatama

Selain pemancingan dengan sistem galatama, kolam pemancingan Domas juga membuka kolam harian Nila. Dengan tiket Rp 30.000/hari. Setiap pemancing bayar, akan mendapatkan tambahan ikan baru. Untuk kolam galatamanya sendiri diisi dengan spesies ikan mas / karper / tombro, ikan patin dan ikan grass carp. Untuk saat ini, ikan grass carp merupakan ikan terbesar yg ada, dengan berat 5,8 Kg. Namun perlombaan galatama idola di kolam Domas tetaplah Galatama Ikan Mas.

Ketika kontributor spotmancing.com bertanya apa sebetulnya keistimewaan menonjol dari kolam Domas ini, Agung menjawab dengan lugas jika sebetulnya semua kolam pemancingan di Salatiga itu hampir sama. Namun , setiap pemancing punya kenyamanan masing-masing. Tapi yang paling menonjol dari Kolam Pemancingan Domas adalah lokasi pemancingan yang strategis karena terletak di tengah kota dan juga menyediakan tempat parkir yang luas.

Baca juga: Umpan unggulan ikan mas dari danau oba

Berikut tarif dan peraturan dan hadiah untuk lomba Galatama di Kolam Pemancingan Domas :

Tiket Rp 25.000/sesi dengan rincian biaya :
Rp 12.000 untuk hadiah
Rp 10.000 untuk sewa ikan dan
Rp 3.000 untuk untuk jasa caddy ikan
Peraturan :

1. Mata kail tanpa gretel / repandan /barbless
2. Ikan harus makan (hook up)
3. Dilarang pakai kroto
4. Dilarang mancing ngambang.
* Hadiah :

Hadiah Rp 12.000 x jumlah peserta dibagi menjadi 2 kategori. Untuk kategori ikan terbesar (1 ekor / ikan master), dan untuk total berat ikan yang naik dan sah.
Ikan yang masuk menjadi ikan master tidak akan dihitung sebagai omset.
Ikan master / ikan 1 ekor dengan berat 3 Kg dan sampai dengan akhir sesi tidak ada ikan yg lebih berat terpancing, maka ikan tersebut menjadi juara dan dikeluarkan dari perhitungan omset.
Juara omset :
Conto: Bila mendapatkan ikan sebanyak 3 ekor dengan berat 1 Kg, 1,5 Kg dan 2 Kg. Maka di total menjadi 4,5 Kg. Yang dimaksud berat omset adalah nilai 4,5 Kg itu.

Apabila angler berminat mencoba peruntungan di Kolam Pemancingan Galatama Domas , langsung saja menuju ke lokasi yang beralamat di jalan Patimura No 110 Salatiga atau bisa lansung menghubungi Agung Via WA/call/SMS di nomor 0857-7233-9585

Pemancingan galatama

saksikan video tutorial merawat reel pancing di bawah ini:

pemancingan galatama

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*