Tips melepas kail yang tertancap pada tubuh

Malang tak dapat ditolak untung tak dapat diraih, sebuah pepatah kuno yang menggambarkan situasi dimana manusia tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi pada dirinya suatu hari nanti. Di dalam kegiatan memancing pun para angler tidak bisa menduga apa yang akan terjadi pada mereka ketika sedang memancing, entah itu nasib baik mendapat ikan sesuai target atau bahkan nasib buruk yang berujung pada keselamatan angler itu sendiri.

Tidak ada yang dapat menolak nasib buruk ketika kita sedang memancing, termasuk tertancap single hook , double hook atau bahlan treble entah itu yang terpasang pada lure atau ketika sedang mancing dasaran dan terlalu bersemangat menarik ikan ketika strike. Jika tidak ditangani dengan serius tentunya  hook yang tertancap akan mengganggu aktifitas memancing yang sedianya menyenangkan menjadi mimpi buruk para angler. Jangankan pulang membawa hasil tangkapan justru pengalaman buruk yang akan kita bawa pulang ke rumah.

jual kaos mancing mania, jual kaos mancing mania trans7, jual kaos mancing, jual kaos mancing lengan panjang, kaos mancing keren, kaos mancing lengan panjang, kaos mancing shimano

Sebenarnya ada beberapa tips untuk melepaskan hook yang tertancap di badan kita. Spotmancing.com kali ini akan berbagi sedikiit tips yang berhasil dihimpun dari beberapa sumber yang memudahkan para angler untuk mempelajarinya sebagai antisipasi apabila suatu waktu kejadian hook tertancap menimpa kita. Perlu diingat kunci utama dari tips ini adalah tetap tenang dan tidak panik.

Alat-alat yang diperlukan pun cukup sederhana dan selalu kita bawa setiap kali kita memancing, yaitu tang plier dan senar braided ( PE ). Yuk mari kita simak tips nya dibawah ini :

Tips pertama jika tertancap hook, dalam contoh kasus in redaksi mengambil contoh hook tertancap di bagian tangan (gbr 1)adalah dengan meneruskan alur mata kail ke depan (gbr 2). Biasanya hook yang tertancap di tangan/lengan kita ujung dari mata kail tidak akan menembus hingga keluar. Hal inilah yang menyulitkan karena reverse hook ( barb/mata panda) akan mengunci pergerakan mata kail apabila kita tarik mundur(keluar).

Gambar1, tips melepas mata kail yang tertancap di tubuh
Gambar tips 1 – melepas mata kail yang tertancap di tubuh

sinking stick bait, spotmancing lure, lure, artificial lure, lure murah, jual lure, jual lure pancing, jual lure stickbait, jual umpan casting umpan buatan, popper berkualitas murah

Langkah yang perlu kita ambil adalah mendorong maju mata kail sehingga mata kail akan menembus kulit dan memunculkan mata kail ke luar kulit. Hal ini bisa dilakukan manual menggunakan tangan atau dengan menggunakan tang plier agar prosesnya cepat dan mengurangi rasa sakit (gbr 3). Setelah mata kail berhasil keluar dari kulit maka saatnya untuk memotong reverse hook (barb/mata panda) menggunakan tang plier. Proses pemotongan reverse hook/barb ini seperti ini akan berakibat single hook menjadi barbless dan memudahkan kita menarik mundur single hook yang tertancap(gbr 4).

Baca juga artikel: Pentingnya menggunakan kacamata hitam saat mancing

Tips kedua terbilang cukup extreme untuk dilakukan karena selain membutuhkan mental yang besar untuk melakukannya , kecepatan dan tenaga yang spontan sangat dibutuhkan untuk melepaskan mata kail yang tertancap. Caranya sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan karena hanya membutuhkan sebuah tang plier untuk menarik mundur mata kail. Ya, mata kail yang tertancap di tubuh kita akan ditarik mundur melawan arah reverse hook (barb). Untuk melakukan cara ini angler cukup menahan lubang atas kail dengan tang plier(gbr 1). Lalu dalam hitungan detik tarik mundur sekuat tenaga secara spontan mata kailnya(gbr 2). Selain menimbulkan rasa perih apabila kita gagal mempraktekannya, cara ini juga cukup sulit dilakukan apabila angler tidak mempunyai mental yang cukup.

Gambar tips 2 - tips melepas mata kail yang tertancap di tubuh
Gambar tips 2 – tips melepas mata kail yang tertancap di tubuh

Tips terakhir yang akan spotmancing.com bagikan adalah dengan menggunakan sehelai senar PE (braided). Caranya adalah dengan mempersiapkan kurang lebih senar PE sepanjang 30 cm lalu bentuk loop /lingkaran(gbr 1). Selanjutnya masukkan lingkaran senar melalui ujung lubang mata kail hingga masuk ke posisi tengah hook. Posisikan senar PE menempel pada batas tertancapnya hook dengan kulit(gbr 2). Lalu dibutuhkan bantuan rekan angler lainnya untuk menekan bagian lubang mata kail menggunakan jari jempol (gbr 3). Dalam hitungan ke tiga tarik mundur senar PE sekuat tenaga secara spontan(gbr 4). Apabila berhasil, ujung tajam mata kail akan sedikit menembus keluar bagian kulit (gbr 5). Langkah akhir adalah mendorong maju maju sampai reverse hook/barb muncul keluar dan memotongnya menggunakan tang plier (gbr 6).

Gambar tips 3 - tips melepas mata kail yang tertancap di tubuh
Gambar tips 3 – tips melepas mata kail yang tertancap di tubuh

Baca juga artikel: Mancing di laut? waspadai kutu laut

Bagaimana para angler, semoga tips-tips melepaskan mata kail diatas bisa menjadi pedoman bagi angler manakala terjadi kepada kita semua ketika sedang memancing. Namun tetap perhatikan situasi dan kondisi sekitar kita memancing juga dan jangan lupa Safety First. Tonton juga video nya di link youtube berikut

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*