Tips mancing di dermaga agar mendapat strike maksimal

Indonesia terkenal dengan teritori kemaritimannya, yang tentu saja banyak terdapat beberapa dermaga atau pelabuhan. Agar para angler tahu, bahwa dermaga ternyata juga spot potensial bagi beberapa spesies ikan. Penggemar mancing dermaga di Indonesia juga tidak bisa dipandang sebelah mata jumlahnya.

Mengingat tidak sedikitnya jumlah pemancing dermaga di Nusantara, spotmancing.com kali ini akan sedikit memberikan pengetahuan dasar dan tips bagi para pemancing yang ingin menggeluti dunia mancing dermaga.

jual kaos mancing mania, jual kaos mancing mania trans7, jual kaos mancing, jual kaos mancing lengan panjang, kaos mancing keren, kaos mancing lengan panjang, kaos mancing shimano

Mancing dermaga adalah teknik memancing yang dilakukan di atas jembtan beton yang menjorok ke tengah laut. Sebuah dermaga tentunya ditopang oleh banyak pilar-pilar beton sebagai konstruksinya. tiang-tiang ini juga berfungsi sebagai pemecah ombak. Banyak spesies ikan juga disekitar pilar dermaga yang mencari makan sekaligus berlindung dari serangan predator.

Satu keuntungan utama dari mancing dermaga adalah para pemancing bisa dengan mudah memancing dengan kedalaman air maksimal yang diinginkan dimana kondisi ini tidak bisa kita dapatkan apabila memancing dari bibir pantai.

tips mancing di dermaga
Mancing di dermaga bisa dengan mudah berburu ikan di kedalaman air maksimal

Tips, Trik dan Taktik Mancing Dermaga
1. Memperhatikan Burung-Burung
Keberadaan burung seperti camar dan lainnya disekitar dermaga adalah cara jitu menentukan keberadaan ikan.burung-burung ini disinyalir tahu betul pergerakan dan jam makan ikan di dermaga. Siapa yang menyangka jika keberadaan burung camar bisa sangat bermanfaat?

Baca artikel: Cara mengetahui tempat yang banyak ikannya

 

2. Kita tidak membutuhkan lemparan yang jauh (long cast)
Salah satu bagian terbaik dari memancing dermaga adalah kita tidak perlu melakukan long cast untuk menemukan keberadaan ikan. Ikan-ikan di dermaga senantiasa berkumpul di semitar dermaga dan pilar-pilarnya. Maka dari itu cukup jatuhkan mata kail tepat di sekitar dermaga/pilar-pilar dan lakukan secara terus menerus hingga kita menemukan sambaran ikan.

 

3. Menentukan lokasi berdasarkan struktur bawah air
Metode peletakan rumpon buatan semisal dengan menenggelamkan pohon-pohon kering dan sebagainya juga merupakan salah satu metode sukses memancing di dermaga. Cukup tenggelamkan rumpon buatan yang terbuat dari beberapa daun dan pohon kering lalu tinggalkan beberapa minggu untuk nantinya dipancing kembali. Namun jangan lupakan tentang penggunaan racun yang dilarang dan tentunya dapat merusak habitat ikan.

tips mancing di dermaga
tips mancing di dermaga, tak perlu melakukan long cast

4. Terbukti sukses dengan menggunakan umpan buatan
Banyak orang akan mengatakan jika penggunaan umpan buatan bukanlah metode yang tepat untuk mancing dermaga. Hal ini sebenarnya tidak benar juga, karena penggunaan umpan buatan sejenis soft plastic lure ternyata juga bisa berbuah strike apabila kita gunakan pada kondisi air yang tepat.

 

5. Kacamata Polarized
Tahukah angler bahwa kacamata berlensa polarized mempunyai keuntungan besar ketika kita mancing di dermaga. Kacamata berlensa ini akan memudahkan kita melihat ke celah air dan juga menandai keberadaan ikan-ikan.

 

6. Patokan kondisi air
Kita juga bisa menemukan keberadaan ikan-ikan dikondisi manakala air keruh bertemu dengan air jernih. Menurut Kusmanto(Mbah Kus), angler yang sudah sering mancing di berbagai dermaga di Pantura Jawa, patokan frenzy ikan bisa ditandai hanha dari warna air. Jernih nya air belum tentu ikan akan menyambar umpan kita. Begitu juga apabila warna air keruh (kopi susu), ikan di sekitar dermaga belum tentu rakus memakan umpan kita. Menurut beliau, pertemuan air antara air jernih dengan keruh merupakan momen terbaik untuk memancing didermaga. Selain itu perhatikan juga jam kebiasaan makan ikan. Ikan cenderung makan di pagi hari ketika matahari akan terbit dan sore hari ketika matahari akan terbenam.

Baca juga artikel: Mancing barramundi monster? Juli – September adalah puncaknya

 

7. Piranti dan peralatan mancing dermaga
Mancing dermaga membutuhkan piranti dengan spesifikasi khusus. Di bawah ini hanya seikit gambaran tentang perlengkapan dasar mancing dermaga :

– Joran Pancing dengan panjang 6” dan 9”.
– Reel Spinning Salt Water ( pastikan reel anda anti korosi)
– Senar Monofilament dengan line test 10-15 lbs
– Mata Kail model Circle Rig
– Pemberat/timbel model pyramid atau bulat lonjong.
– Serokan ikan (Landing Net)

baca juga artikel: 6 Cara jitu memasang umpan udang hidup dan mati

 

8. Safety (keselamatan) dalam mancing dermaga
Keselamatan dalam mancing dermaga juga perlu kita perhatikan. Pastikan anda mematuhi semua peraturan tertulis yang diberlakukan oleh pihak yang berwajib. Jangan pernah menceburkan diri anda ke dalam air karena akan menyulitkan kita sendiri untuk kembali naik ke permukaan. Dan yang terakhir jangan lepasakan pengawasan anak kecil yang juga ingin melalukan kegiatan mancing dermaga untuk pertama kalinya.

sinking stick bait, spotmancing lure, lure, artificial lure, lure murah, jual lure, jual lure pancing, jual lure stickbait, jual umpan casting umpan buatan, popper berkualitas murah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*