Mancing barramundi monster ? Juli-Oktober adalah puncaknya

Spotmancing.com – Berbicara tentang “timing” memancing yang tepat tentunya merupakan topic yang menarik dan selalu dinanti-nanti oleh para angler nusantara. Musim spesies ikan-ikan tertentu yang jika tidak kita pahami secara mendalam bisa jadi akan membawa keboncosan yang tentunya tidak diinginkan oleh para angler. Perlu kita ketahui bahwa rating strike ikan juga tergantung pada musim ikan memijah dan bertelur.

Spotmancing.com kali ini akan sedikit mengulas tentang tips dan musim yang pas untuk memancing ikan Barramundi (kakak putih) bersama angler senior Barramundi – Hari Purwanto, yang berasal dari Purworejo Jawa Tengah.

Hari Purwanto - Mancing Barramundi
Hari Purwanto – Mancing Barramundi

Barramundi atau kakap putih merupakan satu dari banyak target favorit pemancing Indonesia. Keberadaannya yang merata hampir di seluruh pulau di Indonesia selalu menjadi idola bagi para angler untuk dipancing.

Baca artikel: Kali Wawar, spot Mancing Barramundi di Purworejo

Karakter ikan yang mempunyai fight yang ganas dan terkadang melompat di permukaan air ketika hook up menjadikan spesies ikan ini, wajib berada di daftar iwak yang harus “diselamatkan” para pemancing nusantara.

Memancing Barramundi mempunyai seni dan sensasi tersendiri. Ikan yang gampang-gampang susah dipancing ini ternyata gampang didaratkan pada bulan-bulan tertentu setiap tahunnya. Karakter ikan yang bermigrasi dari air asin ke air payau – bahkan tawar, membuatnya susah dipancing jika kita tidak mengetahui secara persis pergerakan ikan ini berdasarkan musim.

Menurut Bapak Hari – angler senior dari kota Purworejo – yang sudah malang melintang di dunia per-Barramundian Nusantara, Ikan Barramundi sangat mudah ditangkap dan cukup ganas memakan umpan kita pada kisaran bulan Juli-oktober setiap tahunnya. Ikan Barramundi pada bulan-bulan tersebut ternyata akan bertelur dan membuat sarang bagi telur-telurnya. Tahukah angler bahwa Ikan Barramundi termasuk ikan Hemaprodit atau berkelamin ganda. Jadi, tanpa proses pembuahan oleh lawan jenis ikan, ikan ini akan mereproduksi telur secara sendirinya. Hal ini akan berlangsung hingga akhir hayat Barramundi yang menurut Bapak Heri bisa berusia sampai 25 tahun dengan bobot maximal mencapai 60 kilogram.

Baca juga artikel: Kemarau tiba, saatnya mancing Barramundi di delta Mahakam

Lebih lanjut , menurut pengalaman mancing Barramundi yang sering dilakukan oleh Hari, rating strike tertinggi mancing Barramundi bisa angler dapatkan antara bulan Juli sampai oktober . Lebih spesifiknya adalah di antara bulan Agustus hingga September. Karena menurut ilmu Taksonomi dan Morfologi Barramundi, Barramundi di bulan-tersebut akan bermigrasi dari laut ke arah muara bahkan sungai untuk menghindari air asin. Nah, dimasa-masa itulah waktu yang tepat untuk mendapatkan sambaran si Barramundi, karena ikan ini akan berbondong-bondong ke muara (air payau) untuk bertelur. Lintasan mereka bertelur inilah spot potensial bagi para angler untuk memancing Barramundi, terang Bapak Heri.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Tips dan Trik

Bapak Heri juga membagikan sedikit tips agar sukses landed Barramundi berdasarkan pengalamannya bertarung dengan si Kakap putih ini. Menurut Bapak Heri, Ikan Barramundi bukanlah ikan territorial layaknya GT yang selalu mondar-mandir menjaga teritorinya. Karakter Barramundi yang cenderung diam di satu spot membuatnya membutuhkan beberapa tekhnik dan umpan yang wajib diberi tambahan(modifikasi) agar sukses menaikkan Barramundi.

Barramundi selalu mengandalkan indera penciumannya untuk berburu mangsa, meski terkadang juga mengincar gerakan mangsa. Dalam hal ini Barramundi bisa dipancing baik dengan tekhnik Casting menggunakan umpan buatan (lure) maupun ngoncer menggunakan umpan alami seperti Udang Putih, Udang Panami, Ikan Betik, Ikan Kating dan ikan Blanak.

baca artikel: Tips ngirit mancing barramundi bermodalkan udang rebon

Bagi angler yang gemar casting, kunci keberhasilan menaikkan Barramundi terletak dari penggunaan lure dan senar yang digunakan. Untuk lurenya, Bapak Heri memberikan tips dengan cara memberi tambahan bau (essen) bawang putih/garlic pada lure yang akan kita pakai. Essen garlic umumnya produk impor, sehingga agak sulit mendapatkannya. Jika ingin membuatnya sendiri, caranya sangat mudah yaitu cukup memanaskan vaselin yang dapat kita beli di apotek/toko bahan makanan yang nantinya akan kita didihkan dengan campuran bawang putih yang sudah kita haluskan terlebih dahulu. Nah, sebelum dingin dan mengeras cukup kita oleskan ke lure yang nantinya akan kita gunakan ketika casting Barramundi. Dari segi pemilihan warna lure juga Bapak Heri menambahkan jika warna coklat kopi susu ternyata lebih killer untuk berburu Barramundi.

Esen bawang putih siap pakai buata pabrik
Esen bawang putih siap pakai buata pabrik

Tips lainnya untuk pemilihan lure adalah warna mata yang merah, apabila lure kita tidak memiliki warna mata yang merah, kita bisa memodifikasinya dengan menambahkan mata merah yang banyak dijual di toko pancing. Hal ini sangat beralasan dengan karakter makan Barramundi yang senang memangsa udang yang memancarkan warna merah dari bola matanya.

Sedangkan untuk pemilihan senar/line, Bapak Heri hanya mengandalkan senar Braided ( PE ) nomer 1 (15 lbs). Pemilihan senar PE menurut Bapak Heri karena PE tidak memantulkan sinar cahaya yang diyakini membuat malas Barramundi untuk menyambar umpan yang disambungkan dengan senar kita. Joran dan reel yang dipakai menyesuaikan kenyaman para pemancing sendiri entah itu joran yang berbahan fiberglass atau carbon dengan panjang dan line test menyesuaikan kenyaman para pemancing itu sendiri.

Diakhir wawancara Bapak Heri menambahkan jika cekungan sungai/muara merupakan spot potensial Barramundi bermain. Hendaknya dipancing pada waktu pagi, sore dan malam hari. Namun jika pada siang hari bisa memancing di jalur muara/sungai yang tidak bercekungan.

Nah para angler, mumpung ini sudah bulan Agustus yuk kita mencoba peruntungan mancing Barramundi dengan tips-tips yang diberikan oleh Bapak Hari Purwanto diatas. Semoga Strike yah….

sinking stick bait, spotmancing lure, lure, artificial lure, lure murah, jual lure, jual lure pancing, jual lure stickbait, jual umpan casting umpan buatan, popper berkualitas murah

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*