5 spot “perawan” di waduk Rawapening, sarangnya gabus babon. Cek lokasinya!

Gaung gabus Rawapening yang terkenal akan size potensialnya semakin hari semakin memudar. Rumor tentang seringnya para angler boncos di beberapa spot di seputaran Rawapening pun sudah mulai beredar luas dikalangan pecinta tarikan gabus.

Jika ditelisik penyebabnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan berkurangnya strike ikan gabus di Rawapening, antara lain over fishing (penangakapan ikan secara berlebihan) yang dilakukan oleh para pencari ikan, pesatnya pertumbuhan eceng gondok dan juga sampah yang yang menumpuk di rawa-rawa.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Waduk Rawapening - foto LiburMulu.jpeg
Waduk Rawapening – foto LiburMulu.jpeg
Timbunan sampah di Waduk Rawapening. dok Jibi foto
Timbunan sampah di Waduk Rawapening. dok Jibi foto

Namun apakah benar di semua spot Rawapening ini ikan gabusnya benar-benar habis/punah?. Spotmancing.com kali ini berhasil melakukan investigasi secara langsung di beberapa spot di seputaran Rawapening.

Menurut para castinger gabus yang bermukim di seputaran Salatiga, spot-spot utama di Rawapening seperti Bukit Cinta, Desa Sumurup dan Kampung Rawamemang intensitas tarikan ikan gabus berkurang drastis belakangan ini.

Namun setelah berdiskusi secara mendalam dengan para castinger setempat, dan bersama spotmancing.com melakukan eksplorasi spot di beberapa penjuru Waduk Rawapening, ternyata masih banyak lho, spot yang sebenarnya potensial akan ikan gabusnya.

Namun untuk ke spot-spot yang terbilang masih potensial ini juga dibutuhkan fisik dan tenaga ekstra karena harus melalui perjalanan yang panjang dan melelahkan karena aksesnya tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Bagi para pecinta wild fishing , tentunya hal tersebut bukanlah hal yang sulit karena semua lelah dan upaya akan terbayarkan ketika joran mereka melengkung tajam akibat sambaran ikan gabus.

Berikut Beberapa titik spot yang masih potensial akan keberadaan ikan gabusnya di Rawapening yang berhasil dihimpun oleh spotmancing.com dengan dibantu oleh beberapa rekan castinger dari Salatiga dan sekitarnya :

1. Spot Rowo Kancing
Untuk menuju ke spot ini jalur yang bisa ditempuh para angler adalah melalui jalan lingkar selatan Salatiga yang mengarah ke pemandian alam Muncul. Nama Desa Rowo Kancing yang terletak di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang ini sebenarnya tidak asing bagi castinger lokal. Namun dibutuhkan fisik yang kuat untuk menuju ke spot ini dikarenakan perjalanan yang cukup jauh ditambah sulitnya akses masuk kendaraan bermotor. Sedikit tips dari rekan angler lokal apabila ingin casting di spot ini yaitu menggunakan sepatu boot diatas mata kaki. Dikarenakan spot ini juga habitat bagi beberapa ular berbisa. Strike Rating di spot ini terbilang masih potensial dan patut untuk dicoba.

Strike Gabus di Spot Rowo Kancing. Dokumentasi Jitendrio
Strike Gabus di Spot Rowo Kancing. Dokumentasi Jitendrio

2.Spot Rowo Kinjing
Berseberangan dengan Rowo Kancing adalah spot Rowo Kinjing. Masih terletak di desa yang sama dengan Rowo Kancing, spot Rowo Kinjing juga masih menjanjikan tarikan gabus yang patut dijajal. Tekhnik Landbase Casting merupakan tips yang direkomendasikan oleh rekan castinger Salatiga dan sekitarnya. Sama hal nya dengan Rowo Kancing, dibutuhkan fisik yang kuat untuk menuju ke spot ini.

Gabus Babon di spot Rowo Kinjing. Dokumentasi Jitendrio
Gabus Babon di spot Rowo Kinjing. Dokumentasi Jitendrio

3.Spot Sukodono
Juga terletak di kecamatan Tuntang, adalah desa Sukadono yang masih termasuk spot potensial. Untuk menuju ke spot ini para angler bisa melalui jalan lingkar selatan kota Salatiga yang mengarah ke pemandian alam Muncul. Kurang lebih 50 meter setelah pemandian alam Muncul ambil jalan ke kanan lalu ikuti saja sampak ketemu Desa Sukadono. Karakter spot disini adalah areal persawahan yang terkoneksi langsung dengan rawapening. Akses menuju ke spot ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan sepeda motor. Apabila para angler menggunakan kendaraan roda empat, dapat dititipkan di rumah warga dan melanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 500 meter untuk menuju ke spot utama.

Kendati tidak besar yang penting strike di spot Sukodono.Dokumentasi pribadi Yuda
Kendati tidak besar yang penting angler Yuda strike di spot Sukodono.Dokumentasi pribadi Yuda

4. Spot SPN
Spot yang terletak di belakang Institusi Sekolah Kepolisian Negara ini terletak di Desa Banyubiru Ambarawa Kabupaten Semarang. Akses ke spot ini sangat mudah dijangkau karena terletak persis di belakang asrama SPN. Menurut Akbar Kresno Dewantoro dan Yohanes Yuda (duo sahabat angler dari Salatiga) spot ini merupakan spot musiman bagi ikan gabus. Musiman disini diartikan sugesti para castinger tentang bulan-bulan tertentu rating strike ikan gabus di spot ini sangat tinggi. Namun menurut mereka, jika rajin casting di spot ini tanpa memandang sugesti, tidak menutup kemungkinan mendulang sukses strike di spot yang sangat menjanjikan ini.

Jackpot Babon Gabus di spot Rowosari. Dokumentasi Jitendrio
Jackpot Babon Gabus di spot Rowosari. Dokumentasi Jitendrio

5.Spot Kali Torong Rowosari
Spot terakhir yang berhasil dihimpun oleh spotmancing.com ini terbilang spot yang sulit untuk diakses kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Belum lagi apabila musim hujan dan luapan air dari rawapening menggenangi jalan utama ke spot ini. Bisa dipastikan jalan berlumpur dan sering sekali menyulitkan para pengguna kendaraan roda dua untuk melintas. Tidak jarang banyak angler maupun warga sekitar yang terpleset jatuh akibat lumpur yang menggenangi jalan utama. Untuk itu disarankan memakai sepatu boot apabila ingin mencoba casting di spot ini. Untuk menuju ke spot ini para angler bisa mengambil rute Jalan Lingkar selatan Salatiga yang mengarah ke Desa Candi (Patung Gajah) kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang.

Yuda strike babon gabus di spot Kali Torong Rowosari.dokumentasi pribadi Yuda
Yuda strike babon gabus di spot Kali Torong Rowosari. dokumentasi pribadi Yuda

Itulah beberapa spot yang terbilang masih potensial akan keberadaan ikan gabusnya yang berhasil diliput oleh spotmancing.com dengan bantuan rekan castinger dari Salatiga dan sekitarnya. Rumor tentang menurun drastisnya rating strike gabus di Rawapening bisa saja benar akibat ulah manusia yang tidak menjaga ekosistem alam dengan baik. Namun kita para pecinta sportfishing juga wajib menjaga keseimbangan ekosistem alam agar anak cucu kita juga dapat merasakan strike ikan gabus di kemudian hari.

Salam Lestari !

popper, stickbait, top water lure,spotmancing lure

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*