Garoupa Fishing Community Sorong Papua

“Tanah Papua tanah yang kaya
Surga kecil jatuh ke Bumi
Seluas tanah sebanyak madu
Adalah harta harapan”

Sepenggal lirik lagu berjudul Tanah Papua yang dipopulerkan oleh penyanyi asal Papua Edo Kondologit diatas sedikit banyak menggambarkan tentang kayanya sumber daya alam di Papua. Tidak hanya terkenal akan tambang emasnya, namun juga merupakan surganya spot mancing yang masih sangat  terjaga ekosistemnya. Kesadaran akan pentingnya keseimbangan ekosistem membuat Papua menjadi destinasi utama bagi para penggila olahraga memancing Nusantara.

Di provinsi Papua Barat tepatnya kota Sorong, sekelompok angler lokal yang menamakan diri mereka Garoupa Fishing Community, merupakan satu dari beberapa komunitas mancing yang dibentuk oleh beberapa putra daerah Papua – tepatnya Kota Sorong.

jual lure, jual lure pancing, jual lure stickbait, jual umpan casting

Foto bareng Garoupa Fishing Community.dokumentasi Balobe Sontong
Foto bareng Garoupa Fishing Community.dokumentasi Balobe Sontong

Garoupa Fishing yang terbentuk pada tanggal 27 desember 2015 ini merupakan komunitas mancing yang terbilang cukup eksis di kota Sorong.

Berawal dari re-sign nya Balobe Sontong sang ketua Garoupa Fishing Community dari pekerjaannya di tahun 2014 yang kemudian membuatnya bingung karena terbiasa beraktifitas, maka terbersit inisiatif untuk membentuk sebuah komunitas mancing. Ide Balobe untuk membentuk komunitas mancing lantas  mendapat dukungan dari beberapa rekan angler lokal kota Sorong. Hingga akhirnya terbentuklah Garoupa Fishing Community.

Media sosial facebook menjadi jembatan penghubung dan komunikasi antar anggota baik yang sudah dan ingin bergabung dengan Garoupa Fishing Community. Balobe menjelaskan jika setelah membuat grup Mancing di facebook, intensitas pertemuan di dunia nyata (kopdar) semakin intens dilakukan para anggota. Ada sekitar 500 lebih anggota di grup facebook dan 50 diantaranya adalah member aktif di dunia nyata.

Balobe Sontong (Nino) , ketua Garoupa Fishing Community Sorong.dokumentasi Balobe Sontong
Balobe Sontong (Nino) , ketua Garoupa Fishing Community Sorong.dokumentasi Balobe Sontong

Pemilihan nama Garoupa, tambah Balobe mempunyai arti yaitu ikan Kerapu. Garoupa yang dalam bahasa lokal Papua berarti ikan kerapu – yang dipilih, karena tujuan ingin menonjolkan nama ikan yang menggunakan bahasa daerah. Sebagai tambahan, garoupa mas (bumblebee grouper) merupakan ikon sekaligus target utama para penggila mancing di kota Sorong Papua.

Sejauh ini Garoupa Fishing Community mempunyai agenda tetap antara lain trip mancing bareng yang diadakan setiap minggunya (hari sabtu dan minggu). Selain mempererat tali persaudaraan antara sesama anggota, trip mancing bareng ini juga bertujuan mengenalkan spot-spot di perairan Sorong kepada khalayak ramai.

Trip mancing bareng yang menjadi agenda rutin setiap minggunya bagi anggota Garoupa Fishing Community.dokumentasi Balobe Sontong
Trip mancing bareng yang menjadi agenda rutin setiap minggunya bagi anggota Garoupa Fishing Community. dokumentasi Balobe Sontong
Garoupa Fishing Community.member berfoto bersama.dokumentasi Balobe Sontong
Garoupa Fishing Community.member berfoto bersama.dokumentasi Balobe Sontong

Rutin bagi Balobe dan kawan-kawan untuk memposting hasil trip mereka di grup facebook sehingga para angler lokal maupun luar mendapat sedikit gambaran tentang kegiatan Garoupa Fishing Community setiap kali mereka melakukan trip mancing bareng.

Agenda tetaap lainnya adalah trip mancing bareng dengan tujuan bakti sosial yang diadakan setiap 6 bulan sekali. Yang nantinya hasil pancingan juga donasi dari anggota disumbangkan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan.

Bagi Angler nusantara yang ingin bergabung dengan Garoupa Fishing Community atau sekedar ingin mengetahui kegiatan mereka, bisa langsung dipantau di grup facebook Garoupa Fishing Community.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*