Berkah Ramadhan; Bakti sosial dan buka bersama komunitas mancing di Indonesia

Di bulan suci Ramadhan ini ramai komunitas mancing di berbagai daerah mengadakan kegiatan sosial. Aktifitas seperti acara buka puasa bersama, bakti sosial, fun fishing, dan penggalangan dana bagi fakir miskin – seperti sudah rutin diadakan setiap tahunnya oleh komunitas mancing di berbagai daerah di Indonesia.

Selain mengakrabkan persudaraan sesame anggota, kegitan sosial ini juga bertujuan mulia karena akan sangat bermanfaat bagi kaum yang membutuhkan uluran tangan kita.

Spotmancing.com kali ini berhasil merangkum kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh beberapa komunitas mancing di Indonesia antara lain di Jogjakarta, Jepara dan Medan. Ketiga komunitas mancing ini secara kebetulan melakukan acara dan kegiatan di hari, tanggal dan bulan yang sama di bulan ramadhan kali ini.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Komunitas Pemancing Sumatera Utara (Kopi Sutra)
Komunitas mancing yang terbentuk pada bulan april 2014 ini merupakan komunitas mancing terbesar dan tereksis di kota Medan Sumatera Utara. Komunitas yang digawangi oleh Rico Tan ini tercatat mempunyai agenda rutin setiap tahun – khususnya di bulan suci Ramadhan.

Di bulan Suci Ramadhan kali ini , Kopi Sutra menggelar acara Buka Bersama sekaligus penggalangan dana yang nantinya akan disumbangkan ke beberapa Panti Asuhan di kota Medan. Pada tanggal 11 juni 2017 – bertempat di basecamp Kopi Sutra, yaitu Warung Terminal Drink jalan Sei Deli Medan dan dihadiri kurang lebih 65 anggota aktif, Kopi Sutra menggelar acara buka bersama yang juga dibarengi dengan acara penggalangan dana bagi panti asuhan dan yatim piatu.

Dalam acara itu, panitia berhasil menggalang dana sebesar Rp 3.130.000., dan hingga saat ini donasi masih berjalan dari beberapa donatur dan handmaker (sebutan bagi pengrajin lure handmade) lokal kota Medan.

Foto bersama anggota KOPI SUTRA setelah berakhirnya acara buka bersama dan penggalangan dana.dokumentasi Rico Tan
Foto bersama anggota KOPI SUTRA setelah berakhirnya acara buka bersama dan penggalangan dana.dokumentasi Rico Tan

Jepara Fishing Community ( JFC )
Di hari yang sama dengan kegaiatan Kopi Sutra, Jepara Fishing Community atau JFC juga menyelenggarakan acara Buka Bersama bertemakan “Landbase Fun Fishing dan Buka Bersama Jepara Fishing Community” yang dikemas dengan acara mancing bareng anggota.

Bertempat di Pantai Empu Rancak Mlonggo Jepara Jawa Tengah, acara yang dimulai pukul 14.00 WIB ini sukses menarik animo para anggota JFC maupun peserta umum. Dengan uang pendaftaran sebesar Rp 50.000 , peserta sudah mendapatkan Stiker, makanan berbuka Puasa, mancing sepuasnya, doorprize menarik dan Hadiah untuk juara kategori.

Keceriaan Nampak dari wajah para peserta Fun Fishing kali ini meski mereka masih dalam kondisi berpuasa. Setelah acara berbuka puasa selesai selanjutnya panitia pun mengumumkan hasil pemenang lomba mancing berdasarkan kategori. Agenda ditutup dengan doa bersama pada pukul 18.30 WIB.

Foto bersama anggota Jepara Fishing Community di acara Landbase dan Buka bersama.dokumetasi Fafa
Foto bersama anggota Jepara Fishing Community di acara Landbase dan Buka bersama.dokumetasi Fafa

Jogja Rock Fishing Community (JRF)
Gaung dan gema Jogja Rock Fishing tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para angler nusantara. Komunitas yang terbentuk pada tahun 2016 kemarin ini, terpantau giat dalam melakukan kegiatan sosial – entah itu berupa penggalangan dana bagi angler Jogja yang mengalami sakit, kecelakaan bahkan meninggal dunia.

Tepat di hari minggu tanggal 11 juni 2017 kemarin. JRF menggelar kegiatan bakti Sosial yang mengusung tema “Jogja Rock Fishing Peduli dan Berbagi”. Kegiatan ini berupa pemberian bantuan berupa sembako, baju layak pakai, alat tulis dan kebutuhan lainnya kepada warga yang kurang mampu secara ekonomi.

JRF juga bekerja sama dengan perangkat desa di daerah Panggang, Baron dan Jepitu yang keseluruhannya masih berada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dimana para anggota JRF sering melakukan aktifitas Rock Fishing.

Para anggota JRF berfoto bersama.dokumentasi Apri
Para anggota JRF berfoto bersama.dokumentasi Apri

Bergerak pukul 07.00 WIB dari kota Jogjakarta, seluruh anggota JRF melakukan perjalanan darat selama kurang lebih 1,5 jam menuju lokasi kegiatan bakti sosial di kabupaten Gunung Kidul. Pembagian sumbangan baik dari para anggota JRF maupun donatur selanjutnya dilaksananakan serentak dan merata di beberapa desa di Gunung Kidul. Sempat terpantau beberapa anggota JRF yang meneteskan air mata melihat kondisi para penerima bantuan yang sangat mismin dan membutuhkan uluran tangan kita.

Nah para angler nusantara, ketiga komunitas diatas merupakan teladan bagi kita untuk saling berbagi kepasa sesama. Berbagi kepada sesame tidak hanya dilakukan ketika di bulan ramadhan saja namun setiap ada rejeki yang berlebih hendaknya kita selalu ingat akan sesama.

popper, stickbait, top water lure,spotmancing lure

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*