Memaksimalkan kinerja reel BC lewat tune up

Memaksimalkan performa reel BC lewat tune up bearing

Bagi seoarang angler, reel pancing tentu saja merupakan senjata utama selain joran dan perlengkapan lainnya. Kelebihan dan kekurangan performa sebuah reel tentunya hanya angler itu sendirilah yang mengetahuinya. Tidak jarang para angler mengupgrade atau memodifikasi reel-reel kesayangan mereka dengan harapan mendapatkan performa yang maksimal.

Satu dari beberapa cara untuk meningkatkan performa reel adalah dengan cara Tune Up Bearing. Spotmancing.com kali ini akan mengupas tuntas tentang Tune Up Bearing yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber. Sebelum kita melangkah lebih jauh ada baiknya kita mengetahui dasar-dasar tentang Tune Up Bearing itu sendiri.

Tune Up Bearing pada reel BC merk Shimano CARDIFF 200A
Tune Up Bearing pada reel BC merk Shimano CARDIFF 200A

Fungsi dari Tune up Bearing adalah mengkondisikan bearing standard agar mampu mencapai kemampuan tertingginya. Dalam hal ini hanya reel jenis baitcasting yang biasanya sering di tune up oleh para Tuner ( sebutan bagi para ahli Tune Up Bearing). Caranya adalah dengan mengganti bearing standar dengan bearing pilihan.

Dikay AG-Seorang tuner yang sudah berpengalaman lama dan malang melintang dalam dunia Tune Up Bearing, mengemukakan bahwa ada 2 alasan mendasar mengapa para angler memilih untuk Tune Up Bearing reel BC mereka, antara lain :

A. Dari segi tujuan
Memiliki tujuan utama agar setelah di tune up dapat menambah jarak lemparan – yang mana ini sangat dibutuhkan dalam tekhnik casting.

Sesuai dengan namanya Bait Casting (melempar umpan), tentunya ditujukan agar dapat menjangkau spot – spot yang jauh. Dengan jarak lempar yang jauh diharapkan para angler dapat mencapai titik-titik spot potensial dimana terkadang performa maksimal ini tidak didapatkan pada settingan awal BC ketika kita pertama kali membelinya.

Tune up bertujuan memaksimalkan daya kerja reel
Tune up bertujuan memaksimalkan daya kerja reel

B. Dari segi mekanis
Bearing standard keluaran pabrikan biasanya diisi dengan grease dengan tujuan agar bearing tidak berkarat pada saat reel dibeli customer. Karena dengan pemikiran reel keluar dari pabrik belum tentu langsung terjual, bisa jadi akan di display selama 1 minggu bahkan tahunan. Nah untuk antisipasinya, pihak pabrikan tidak ingin mengambil resiko sehingga bearing diisi grease sebanyak mungkin.

karena itu, tune up bearing juga berarti mengganti grease secara proporsional sesuai tingkat kebutuhan.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania
kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Jenis dan tipe reel Baitcaster apa saja yang bisa di Tune Up?

Pada dasarnya semua reel baitcaster bisa di tune up. Tetapi untuk dapat melihat perbedaan dengan memutar spool sebelum dan sesudah di Tune Up akan lebih visible reel dengan sistem Centrifugal Brake.Karena Centrifugal Brake ketika di setting O,  maka dia benar-benar free spool tanpa halangan. Berbeda dengan sistem Magnetic. Walaupun disetting O, tetap daya magnetnya mempengaruhi spool.

Untuk reel-reel Baitcaster dengan pemakaian selain cast seperti Vertikal Jigging, sebaiknya tidak perlu di Tune Up karena untuk Jigging lure cukup diturunkan bukan dilempar.

Berbagai ukuran bearing untuk reel BC Daiwa, Shimano, dan Abu Garcia
Berbagai ukuran bearing untuk reel BC Daiwa, Shimano, dan Abu Garcia

Tipe dan macam-macam jenis Bearing
1. Stainless Bearing
Bearing tipe ini sifat nya sangat kuat tetapi tetap saja walaupun terbiat dari material stainless, bearing ini juga rentan akan korosi (karat).
2. Hybrid Ceramic Bearing
Salah satunya adalah Boca ceramic. Bearing ini terbuat dari campuran antara ceramic dan stainless atau chrome steel. Bearing ini mempunyai kelebihan tidak perlu dilumasi oil atau free maintenance. Namun bearing ini juga bisa berkarat karena yang kandungan ceramic hanya terdapat pada bolanya saja sedangkan casing nya terbuat dari bahan metal.

Aneka pilihan ukuran bearing. Tiap merk reel BC mempunyai size bearing berbeda pula (foto dok Dikay AG)
Aneka pilihan ukuran bearing. Tiap merk reel BC mempunyai size bearing berbeda pula (foto dok Dikay AG)

3. Plastic Bearing
Bearing tipe ink benar-benar terbukti anti karat, namun dari segi kekuatan nya kurang dikarenakan bahannya yang terbuat dari plastik
4. Full Ceramic Bearing
Bearing INI 100% tahan karat Dan free maintenance dan kuat. Namun cukup mahal dari segi harga.
Lebih lanjut menurut Dikay AG, proses Tune Up itu tidak cukup dilakukan satu kali. Namun berkali-kali hingga menemukan settingan yang pas dan juga maksimal dalam hal performanya. Tidak jarang dalam melakukan proses Tune Up, bearing justru rusak dan tidak bisa dipakai lagi. “Tune Up Bearing itu tidak mahal, namun sangat menyita waktu jika ingin hasil yang maksimal” ungkap Dikay AG di akhir wawancara.

Jadi, berminat untuk tune up bearing reel BC ? Yuk ah, biar performanya maksimal, dan mancing makin yahuuud…!

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

2 gagasan untuk “Memaksimalkan performa reel BC lewat tune up bearing”

  1. #knop spool tension tidak berfungsi meski sudah dikencangi maximal tapi lure tetap turun.
    # break di setting min-max kekuatan pengeremannya tetap sama ( senar tetap dpt ditarik)
    mohon info pnyebabnya dan apa yg hrus dperbaiki utk kedua masalah tsb.terima kasih.

    1. kemungkinan sudah loss om…kalo kondisinya begitu kemungkinan gak kuat lawan tarikan ikan. sebaiknya diservis diganti suku cadang yang aus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *