Juosss…inilah tips “ngirit mancing ikan barramundi” bermodalkan udang rebon.

“Sekali dayung 2 sampai 3 pulau terlampaui”, sebuah pepatah yang menggambarkan situasi dimana dalam sebuah perjalanan, kita bisa merasakan banyak pengalaman.

Begitu juga dalam memancing ikan Barramundi atau kakap putih. Kali ini spotmancing.com akan membahas tips ekonomis mancing Barramundi ala Kusmanto, seorang pemancing spesialis Barramundi asal pekalongan, yang tempat tinggalnya berdekatan dengan sungai dan muara Sipahit Kabupaten Pekalongan.

Hal pertama yang perlu disiapkan dalam memancing ekonomis barramundi kali ini adalah 1 buah joran udang, dan 1 buah joran pancing yang biasa digunakan untuk memancing. Jenis joran udang yang dipilih adalah joran yang sangat lentur dikarenakan akan dipakai untuk memancing udang galah.

Kusmanto saat strike Barramundi (foto dok pribadi)
Kusmanto saat strike Barramundi (foto dok pribadi)
Joran udang galah
Joran udang galah

Sementara joran untuk memancing Barramundinya sendiri bisa disesuaikan dengan selera pemancing, bisa tipe joran yang kaku maupun lentur. Namun Kusmanto sendiri lebih senang menggunakan tipe joran yang kaku untuk mancing barramundi.

Hal berikutnya adalah mencari udang jenis rebon. Udang berukuran sangat kecil ini habitatnya banyak terdapat di sekitar sungai maupun muara. Hampir di pinggir-pinggir sungai – dimana ada tumbuhan sungai seperti kangkung dan eceng gondok, bisa dipastikan disekitarnya terdapat udang rebon.

saringan ikan berpori kecil
saringan ikan berpori kecil

Cara menangkapnya pun sangat gampang. Hanya dengan menggunakan jaring berpori kecil yang biasa kita gunakan dirumah. Langkahnya adalah dengan cara menyerok di bawah tanaman kangkung maupun eceng gondok di tepi sungai, kita bisa dengan mudah mendapatkan udang rebon tersebut, yang nantinya akan kita gunakan untuk memancing udang yang lebih besar yaitu udang jenis galah.
Setelah dirasa cukup mendapatkan udang rebon, selanjutnya kita akan memancing udang galah menggunakan umpan udang rebon.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Dengan piranti sederhana antara lain joran udang yang sangat lentur – panjang 30-50cm (bisa terbuat dari bahan carbon maupun fiber), patis/hook kecil ukuran 19-20 ( merk mustad) dan juga senar monofilament berdiameter kecil berukuran maksimal 2 lbs. hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan udang rebon ke patis(single hook) adalah dengan cara menancapkan ujung single hook dimulai dari bagian bawah buntut sampai masuk ke atas kepala udang rebon.

Udang galah atau yang popular dengan nama si capit biru selain menjadi umpan manjur mancing barramundi juga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi jika dijual dalam keadaan hidup maupun mati. Sensasi mancing udang galah pun terbilang sangat luar biasa dimana feeling seorang angler akan diuji manakala udang mulai mengigigit dan memakan umpan udang rebon. Reaksi cepat seorang angler untuk menggulung dan menaikkan udang menentukan sukses atau tidaknya udang galah naik ke permukaan.

Kusmanto dengan Si Capit Biru
Kusmanto dengan Si Capit Biru

Kusmanto menambahkan jika apabila sedang musim bertelur dan kondisi air sedang naik bisa dipastikan strike rate udang galah sangat banyak, apalagi jika kadar air sungai atau muara tidak terlalu asin.

Kusmanto biasanya tidak menargetkan terlalu banyak udang galah untuk dijadikan umpan mancing barramundi. Biasanya ia hanya memancing maksimal 5 ekor udang galah untuk selanjutnya digunakan sebagai umpan mancing barramundi (kakap putih).

Dalam memancing barramundi (kakap putih), tidak ada kamus baku dalam penggunaan piranti mancing. Pemilihan joran, senar,hook maupun reel lebih disesuaikan dengan selera masing-masing pemancing. Ada pemancing yang senang menggunakan tipe joran kaku juga ada yang senang dengan tipe joran lentur. Untuk hook nya sendiri Kusmanto biasa menggunakan ukuran 8-9 dan senar monofilament dengan kekuatan line test 25 lbs (minimal).

Apabila piranti mancing ikan barramundi sudah siap , maka saatnya berburu barramundi menggunakan umpan udang galah. Caranya cukup sederhana dan gampang karena kita akan menerapkan tekhnik mancing konceran/ngoncer.

Hal –hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah perlu atau tidaknya menggunakan timbel/pemberat jenis lipat apabila size udang galah dirasa terlalu kecil dengan posisi timbal pemberat di atas udang galah sepanjang kurang lebih 50cm. Namun apabila size udang galah termasuk kedalam ukuran medium maka tidak perlu menggunakan timbal pemberat.

Cara pemasangan umpan cukup dengan menancapkan single hook di posisi ekor/buntut udang galah. Hal ini dimaksudkan agar udang galah awet dan bertahan hidup lebih lama di dalam air, dan juga memberikan ruang gerak yang bebas bagi udang galah agar menarik perhatian barramundi.

Sedikit tips dari Kusmanto apabila ingin sukses memancing ikan barramundi menggunakan umpan udang galah yaitu :
1. Pilihlah udang galah yang memililki panjang tubuh 6-10cm.
2. Selalu waspada ketika akan mengambil udang galah dari wadah penyimpanan karena seringkali tangan pemancing terkena capitan si capit biru. Meski tidak sebesar dan sekuat capit kepiting, namun bisa melukai jari tangan para pemancing.
3. Posisi menancapkan single hook lebih baik di sekitar ekor/buntut udang galah. Hal ini dikarenakan kebiasaan ikan barramundi yang senang memangsa udang secara utuh dimulai dari bagian kepala udang galah.
4. Ngoncer barramundi menggunakan umpan udang galah membutuhkan kesabaran ekstra dan selalu cek kondisi umpan karena seringkali beberapa spesies selain barramundi seperti ikan buntal, kepiting sungai, bahkan ikan-ikan kecil yang memakan umpan kita.

Udang galah beragam ukuran
Udang galah beragam ukuran

Tidak jarang Kusmanto mendapatkan Barramundi berukuran sedang bahkan besar. Kusmanto juga menerangkan jika mancing barramundi dengan cara ini sangat ekonomis. Apabila kita membeli umpan udang hidup jenis udang putih maupun udang galah harganya cukup tinggi di pasaran. Namun hanya dengan bermodalkan mencari udang rebon, pengeluaran yang besar bisa kita kesampingkan.

“Saya sudah puluhan tahun mancing Barramundi dengan cara ini, om. Mengingat cara ini saya tidak perlu keluar uang untuk beli umpan udang dan uangnya bisa untuk kebutuhan keluarga dirumah. Jadi selain hobi mancing tersalurkan, kebutuhan keluarga dirumah juga terpenuhi dan tidak terganggu oleh hobi mancing saya” tutur Kusmanto di akhir wawancara.

Nah, para angler nusantara semoga tips dari Kusmanto diatas bisa menjadi panduan awal bagi kita untuk mulai berburu barramundi dengan modal yang minimalis karena mancing itu tidak harus mahal.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Satu gagasan untuk “Juosss…inilah tips “ngirit mancing ikan barramundi” bermodalkan udang rebon.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *