Susunan rangkaian lumut batu

Ajiiib…! Mancing umpan lumut dengan teknik semi casting

Memancing dengan umpan lumut di sungai tentunya sudah dilakukan dari dahulu, sejak orang mulai kenal menancang ikan. Umumnya memancing dengan lumut menggunakan joran tegeg yang dipasangi sebuah pelampung.

Tapi di wilayah tempat saya tinggal, memancing dengan umpan lumut di sungai sedikit berbeda dan unik. Di komunitas saya di daerah Brebes – Jateng, umpan lumut digunakan dengan cara semi casting. Entah siapa yang memulai, namun yang jelas kakek saya pun sudah menggunakan metode ini.

Untuk mancing semi casting ini, joran yang tepat untuk digunakan adalah tackle dasaran yang lazim digunakan di kolam. Ukurannya sekitar 2-4lb panjang 150- 210cm.

Memancing menggunakan lumut dengan cara semi casting sangat cocok menggunakan umpan jenis lumut batu yang biasanya tumbuh di pinggiran sungai dangkal dan berarus.

Lumut Batu
Lumut Batu

Ciri-ciri lumut ini sedikit kasar, panjang berwana hijau tua dan lebih kuat dibandingkan dengan lumut kopyok atau lumut jaring.

Penampakan lumut kopyok dan lumut jaring
Penampakan lumut kopyok dan lumut jaring

Kelebihan memancing dengan cara semi casting adalah kemampuannya dalam menjangkau spot yang luas, serta lebih mudah dalam akurasi mencapai titik spot. Selain itu Kelebihan casting dengan lumut batu jauh lebih awet. Karena karkter lumut batu lebih alot ketimbang lumut kopyok atau lumut jaring. Bahkan bisa dipakai 2 kali lagi setelah sukses strike mendaratkan ikan buruan.

Spot yang tepat untuk memancing lumut dengan semi casting adalah sungai yang berarus deras. Pilih perairan dengan kedalaman minimal 1,5 meter, karena biasanya jadi sarang ikan.

Target potensial memancing menggunakan lumut batu dengan cara semi casting di kali adalah ikan wader dan tawes. Karena ikan ini hampir 70% berada di sungai yang berarus. Ikan wader/tawes adalah target potensial karena agresif ketika ada umpan hanyut di sekitar permukaan air.

Waktu yang tepat untuk memancing tentu saat kondisi air sungai bening. Awal musim kemarau adalah waktu terbaik mancing casting menggunakann lumut.

Alat yang harus dipersiapkan untuk memancing lumut semi casting;

1.joran ukuran 2-4lb panjang 150-210cm, jenis carbon / fiber solid

2.reel maksimal seri 1000 – Tujuannya biar tidak berat saat retrieving

3. Line / senar monofilament ukuran 0.16 – 0, 18mm
Menggunakan senar kecil bertujuan supaya bisa jauh saat melempar umpan. Dan saat dalam air, senar tidak cepat hanyut terbawa arus, walaupun kondisi arus sangat deras.

4. Hook / kail
Gunakan mata kail ukuran no 3 jenis pinhook / marushode.
Saya pribadi menggunakan jenis kail carbon no 5

5. Timbel / pemberat jenis lipat
Memancing menggunakan tehnik semi casting menggunakan timbel lipat yang ukuran 1×1, 5cm sangat kecil. Disini tujuannya biar lumut saat dalam air melayang tidak masuk kedasar sungai. Timbel lipat juga berfungsi sebagai tempat pemasangan umpan dengan cara dilepit.

Gunakan timbal lipat
Gunakan timbal lipat

6. Umpan lumut batu
Pilih lumut batu yang berusia muda, karena ikan cukup gemar menyantapnya. Cara mencarinya mudah. Lumut batu muda biasanya berada di sungai yang sangat dangkal, pilih yang panjang, dengan  juntaiannya sekitar 15cm. Jika lebih dari itu maka biasanya sudah tua dan alot.

Lumut batu berusia muda disukai ikan sungai
Lumut batu berusia muda disukai ikan sungai

Untuk memasang lumut pada rangkaian, ambil lumut sepanjang kira-kira 12 Cm, lalu letakkan di timah lipat. Lepit sampai benar benar tergulung dan usahakan sepadat mungkin supaya terkunci kuat.

Kunci posisi lumut dengan timah lipat
Kunci posisi lumut dengan timah lipat

Setelah lumut terkunci kuat, atur jarak kail dengan timbal dengan jarak setengah panjang lumut. Lalu lumut dibelah dua dengan posisi senar ditengah dengan cara dikepang. Setelah anyaman sampai ke kail, cantolkan kail di tengah-tengah lumut.

Susunan rangkaian lumut batu
Susunan rangkaian lumut batu

Sebelum umpan lumut digunakan memancing masukan dulu lumut kedalam air. Tujuannya agar lumut menjadi rapi dan menambah berat sehingga saat melemparkan umpan, bisa mencapai jarak yang jauh .

Cara memancing lumut dengan semi casting
Lemparkan lumut sejauh mungkin ke arah hulu sungai. Saat umpan jatuh dipermukaan air, umpan biasanya hanyut terbawa arus. Gulung reel dengan tujuan menjaga line/senar tetap kencang sambil mengikuti lajunya umpan.

Kenapa memancing lumut dengan cara semi casting hanya efektif di air yang berarus saja. Alasannya karena lumut dengan cara dijepit menggunakan timbel – saat di dalam air melayang terbawa arus. Ketika kepang lumut lepas, kail tetap sejajar dengan di ujung lumut. Sedangkan ikan kebanyakan akan memakan lumut dengan cara menyedot ujung lumut terlebih dahulu.

Jika memancing lumut dengan cara semi casting di terapkan di air yang diam seperti waduk / danau teknik ini sangat tidak efektif. Karena ikan yang memakan lumut bukan predator, yang suka mengejar.

So, selamat berburu ikan wader dan tawes di sungai saat kemarau tiba nanti. Yuhuuu…! (Rio Gibrani Merpati Putih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *