9 Alasan utama untuk mengajari anak anda memancing (Oleh Joseph Simon – American Angler)

Berikan kepada seorang anak sepotong ikan, dan itu berarti anda hanya memberinya satu kali makan saja. Tapi mengajarkan seorang anak untuk bisa memacing ikan, dapat membantunya untuk belajar tentang nilai-nilai berharga, sekaligus kemampuan bertahan hidup .

Keseharian anak-anak di zaman kini banyak dipenuhi oleh beragam aktifitas dalam ruang. Revolusi komunikasi dalam wujud internet, perlahan tapi pasti telah membuat anak-anak kita menjauh dari kehidupan sosial. Lebih buruk lagi, aneka permainan game yang masif dengan perilaku agresif, sedikit banyak punya pengaruh buruk bagi buah hati kita.

Saya bersyukur lahir dan tumbuh di tengah keluarga yang gemar memancing. Ketika libur tiba – sekalipun singkat, Kakek, ayah, dan paman saya hampir selalu mengajak semua anggota keluarga untuk menyambangi perairan, dan beraktifitas di alam terbuka.

9 alasan mengajari anak memancing
9 alasan mengajari anak memancing

Apa yang kami dapat dari liburan semacam itu? Begitu banyak nilai berharga yang diperoleh. Berkomunikasi dari hati ke hati, mempelajari bagaimana alam bekerja, belajar memecahkan masalah, dan yang terpenting adalah kenangan masa kecil itu terasa abadi dalam album kehidupan.

Oleh sebab itu saya akan berikan 9 alasan penting kenapa anak harus belajar cara memancing.  Paparan ini  menjadi dasar bagi kita untuk mengambil tanggung jawab – melakukan apapun untuk mengajak anak, memancing sekali waktu.

1. Memancing dapat mengurangi kecanduan game dan smartphone yang berdampak pada kesehatan.

Efek negatif smartphone dan game, membuat anak-anak minim aktifitas sosial
Efek negatif smartphone dan game, membuat anak-anak minim aktifitas sosial

Akui saja – kecuali anda orang yang sangat konservatif, kemanapun anak-anak pergi pasti akan membawa handphone, tablet, Xboxes dan lain-lain.

Sayang sekali, kebanyakan anak-anak sangat menyukai alat komunikasi tersebut, dikarenakan generasi sekarang tumbuh di sekitar smartphone dan wifi.

Terlepas dari dampak kecanduan internet atau game di masa depan, tentu akan menjadi perhatian jika melihat anak – anak tumbuh lebih gemuk dari pada sebelumnya.

Lewat aktifitas luar ruang seperti berburu iwak- selain sensor motorik yang terlatih, juga membakar kalori dan peredaran darah lebih lancar.

Jadi, mengapa tidak mengajak mereka keluar untuk memancing? Perasaan yang diperoleh saat menangkap ikan tidak akan pernah terkalahkan oleh teknologi manapun.

2. Memancing mengajarkan anak –anak darimana makanan berasal

Melalui mancing, anak-anak belajar dari mana asalnya makanan
Melalui mancing, anak-anak belajar dari mana asalnya makanan

Kebanyakan anak muda sekarang tidak mengetahui darimana asalnya makanan yang ada di depan mereka. Bukankah lebih baik mengenalkan dari mana ikan berasal, daripada hanya memberikannya ke tangan mereka?

Meskipun tangkapan ikan anda terlepas, berbincang bincang dengan anak mengenai cara membersihkan ikan , sampai dihidangkan menjadi makanan , tentu akan lebih bermanfaat untuk mereka.

3. Memancing mengajarkan bagaimana cara untuk bertahan hidup.

Memancing mengajarkan anak bertahan hidup
Memancing mengajarkan anak bertahan hidup

Saya ajukan pertanyaan untuk anda : Anak-anak yang bagaimana yang mampu untuk berkembang dan bertahan hidup di dunia?
a. Anak – anak yang mampu memenangkan video game dibanding temannya yang lain?
b. Anak – anak yang mampu mengikat kail, menangkap ikan, membersihkannya dan menyatu dengan alam?

Anda pastinya menjawa “B”, kan! Saya juga menyimpulkan demikian.

Memancing dapat menjadikan anak memiliki kemampuan untuk bertahan hidup diluar kehidupan sehari-harinya. Jangan biarkan mereka tumbuh dewasa dengan ketidakmampuan memberi makan keluarganya pada saat internet mati selama seminggu.

4. Memancing mengajarkan anak anak untuk mencintai kelestarian alam.

Menancang ikan mengajarkan anak tentang konservasi alam
Menancang ikan mengajarkan anak tentang konservasi alam

Saya dan adik saya percaya bahwa ancaman terbesar dari industri perikanan adalah kurangnya mengajarkan generasi baru cara memancing. Untuk mendapatkan semua itu harus dimulai dengan mengajak mereka keluar rumah, mengenalkannya dengan alam luar beserta dengan keindahannya. Lihatlah mereka tumbuh menjadi dewasa, dengan sikap menghargai alam sekitarnya.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

5. Memancing mengajarkan anak – anak tentang arti kesabaran.

Mengajarkan bersabar
Mengajarkan bersabar

Adanya ribuan program TV memudahkan mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cepat. Dalam arti lain, adanya kemudahan akses tentunya tidak akan menyulitkan mereka dalam menginginkan sesuatu.

Sedangkan memancing mengajarkan anak- anak, bahwa hal-hal yang baik diperoleh dari orang yang sabar. Saat ini, anak-anak yang mampu menahan diri akan lebih bersinar dibandingkan anak-anak yang tidak mengerti arti kesabaran.

Ajaklah mereka keluar sambil membawa pancingan selama beberapa jam, lihatlah sikap mereka akan berubah positif.

6. Memancing mengajarkan anak-anak arti komunikasi yang sebenarnya.

Lewat memancing, anak dapat merasakan komunikasi dari hati ke hati
Lewat memancing, anak dapat merasakan komunikasi dari hati ke hati

Sebagian besar ilmuwan mengatakan bahwa dampak dari teknologi dan internet pada generasi muda lebih mengkhawatirkan, terutama mengenai komunikasi. Kebanyakan mereka tidak berbicara satu sama lain karena terpaku kepada ponsel mereka. Menyedihkan bukan?

Sedangkan memancing adalah waktu untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan menyimpan handphone. Buat saya, memancing adalah salah satu cara untuk berkomunikasi dengan anak-anak saya, bagaimana dengan anda?

7. Memancing membuat keluarga beraktifitas bersama diluar rumah.

Kegiata luar ruang yang menyenangkan bersama keluarga
Kegiata luar ruang yang menyenangkan bersama keluarga

Jangan biarkan anak-anak pergi sendiri, ajaklah keluarga anda dan libatkan mereka. Memancing dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa melihat usia. Meskipun anak anda ada yang tidak suka memancing, masih banyak yang bisa dilakukan di perairan, seperti menangkap berudu atau ikan kecil, melihat satwa liar atau hanya menghirup udara segar.

8. Memancing dapat menorehkan kenangan yang penting.

Memancing akan menorehkan kenangan mendalam
Memancing akan menorehkan kenangan mendalam

Saat anak anda tumbuh dewasa,mereka tidak akan ingat video game apa yang mereka mainkan saat kecil, bahkan hadiah apa yang mereka dapatkan saat hari berulang tahun.

Tapi mereka akan mengingat saat mereka mancing dengan ayahnya, kakeknya, dan saudaranya. Jika anda ingin menorehkan kenangan yang abadi dengan orang yang anda cintai, mulailah dengan mengajak mereka memancing. Mungkin memancing bisa menjadi hadiah terindah yang pernah anda berikan.

9. Memancing dapat menjauhkan anak anda dari pergaulan buruk.

Entah bagaimana dengan anda, tapi buat saya dan saudara saya, memancing dapat menjauhkan kami dari masalah. Disaat teman – teman kami terjerumus dalam kenakalan (minuman keras, pornografi, dan narkoba), saya dan adik saya fokus dengan bagaimana cara untuk mendapatkan ikan besar. Gemar memancing mampu menjauhkan anak-anak kita dari pengaruh buruk yang dapat menyakiti dan membunuh mereka.

Jadi,  mulailah untuk membagi kegemaran memancing pada anak, agar mereka tumbuh dengan nilai-nilai berharga, dan kemandirian dalam mengarungi kehidupan. (sumber: saltstrong.com)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*