Rahasia memainkan spinner

6 rahasia bermain spinner, trik jitu mendaratkan snakehead (oleh: Rio Gibrani Merpati Putih)

Sejak dirancang pertama kali oleh Chuck Wood – angler asal Amerika Serikat pada tahun 1960-an, spinner menjadi umpan killer yang terbukti ampuh di perairan tawar. Blade sebagai komponen utama – dengan aksi yang berputar-putar dan berkilau, efektif membuat gusar pemangsa air hingga secepat kilat menyambarnya.

Namun rupanya klaim keampuhan spinner sebagai umpan jitu hanya berlaku buat castinger yang memahami rahasia memainkan umpan berbentuk unik ini. Bagi yang awam, spinner hanyalah jenis artificial bait yang lebih banyak tersimpan di dalam box lure ketimbang digunakan.

Jika castinger paham cara memainkan serta mengetahui trik-trik modifikasi spinner, maka umpan ini akan sangat efektif untuk mendaratkan predator. Lewat pemahaman yang didapat dari pengalaman langsung, akan saya coba uraikan 6 tips rahasia agar penggunaan spinner dapat membawa kesuksesan saat memancing – khususnya untuk target golongan ikan snakehead.

1. Siapkan minimal 2 buah spinner dengan 2 karakter warna berbeda.
Menyiapkan 2 buah spinner yang berbeda warna adalah hal penting saat memancing. Pasalnya jika saat retrieve spinner disambar tapi moncel / gagal hook up, kita dapat menggantinya dengan spinner kedua yang punya karakter warna berbeda.

Alasannya jelas, karena predator juga punya rasa trauma dan insting menyelamatkan diri. Memburu snakehead yang baru saja gagal menyambar umpan – dengan spinner yang semula digunakan, adalah hal yang sia-sia. Perlu waktu lama bagi predator untuk pulih dan membuatnya lupa pada spinner yang baru saja disambarnya.

Karena itu mengganti umpan dengan karakter warna berbeda adalah sebuah usaha yang tepat untuk mengalihkan trauma predator, dan kemungkinan pemangsa kembali menerkam jauh lebih besar.

2. Pilih blade berwarna gold
Di pasaran, umumnya blade dijual dalam dua pilihan warna; gold dan chrome. Namun pengalaman saya membuktikan bahwa warna gold (emas) lebih kuat efeknya untuk menghasilkan strike.

Analoginya sederhana saja. Lampu hallogen yang berwarna kekuningan sanggup menembus kabut ataupun hujan. Tapi tidak demikian dengan lampu standar berwarna putih. Cahayanya akan hilang ditelan bias kabut dan hujan.

Spinner warna gold lebi kuat kilaunya dalam segala kondisi air
Spinner warna gold lebi kuat kilaunya dalam segala kondisi air

Begitu juga dengan blade berwarna gold. Efek kilaunya akan bertahan dalam semua kondisi air. Kendati perairan di rawa sangat keruh, blade berwarna gold tetap mampu memancarkan kilaunya. Menurut pengalaman saya warna emas  tingkat strike nya lebih cepat ketimbang warna chrome

Namun terkadang blade berwarna gold sulit dijumpai di pasaran. Tak perlu khawatir, tempeli blade warna chrome yang ada, dengan stiker variasi berwarna gold. Potong sesuai bentuk blade, dan rapikan pinggirannya dengan korek api. Maka jadilah blade berwarna gold.

3. Potong skrit
Banyak kasus hook up gagal terjadi karena skrit / rumbai karet, panjangnya jauh melebihi kail. Penyebabnya saat menyambar, predator hanya menggigit ujung skrit hingga mata kail tidak termakan penuh. Maka terjadilah gagal hook up. Selain itu rumbai karet yang terlau panjang tampak kusut dan tidak mengembang di dalam air.

Untuk memodifikasi spinner agar ampuh dalam mendaratkan snakehead, maka langkah merapikan dan memotong skrit menjadi hal utama. Selain efektif untuk menciptakan hook up, juga terlihat indah saat aksi.

Berikut di bawah ini langkah-langkah memodifikasi skrit / rumbai karet.

Langkah 1. Skrit bawaan diikat di tengah
Langkah 1. Skrit/ rumbai karet bawaan diikat di tengah
Langkah 2. Skrit ditekuk ke depan
Langkah 2. Skrit ditekuk ke depan
Langkah 3. ikat bagian pangkal skrit dengan benang
Langkah 3. ikat bagian pangkal skrit dengan benang
Langkah 4. Lem ikatan benang agar kuat
Langkah 4. Lem ikatan benang agar kuat
Langkah 5. Potong skrit hingga sejajar dengan hook
Langkah 5. Potong skrit hingga sejajar dengan hook

4. Pilih skrit berwarna terang
pilih skrit warna warna cerah.. kalau saya pribadi lebih memilih warna hijau daun, orange, jablay/pink, hitam putih totol totol.

Pilih skrit berwarna terang
Pilih skrit berwarna terang

5. Cara retrieve dan memainkan aksi spinner
Setiap angler pastinya punya teknik retrieve masing masing yang diyakini sebagai cara terbaik. Tapi disini saya ingin berbagi teknik retrieve dalam memainkan aksi spiner yang manjur untuk mendaratkan pemangsa air tawar.

Caranya, lemparkan umpan sejauh mungkin- setelah spinner sampai di dasar, gulung line hingga spinner agak naik ke tengah. Biarkan lagi melayang turun barang sesaat, hingga tenggelam di dasar. Lakukan lagi retrieve untuk membuatnya naik agak ke tengah. Dengan kata lain buat aksi naik turun, naik turun secara berulang-ulang dan tidak beraturan kecepatannya.

Jika memang di sebuah spot terdapat ikan predatornya, maka cara retrieve semacam ini punya tingkat keberhasilan 75% lebih baik dibanding cara lainnya.

6. Fokuskan memancing di area pinggir perairan
Hasil pengamatan saya 80% snake head senang berkeliaran di pinggiran dengan kedalaman 30cm sampai 1, 5meter. Lokasi terbaik adalah berjarak 0, 5 – 1meter dari tepian air. Pilih area open water dan perairan yang bersih dari tanaman air, agar spinner tak sering nyangkut dan merepotkan.

Nah, itulah keenam langkah jitu dalam memainkan spinner. Selamat mencoba, salam strike with confidence, and keep green !  (Rio Gibrani Merpati Putih)

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *