Canon bait launcher; Alat pelontar umpan efektif, untuk mancing di tepi laut

Mancing pasiran atau bahasa kerennya surf casting merupakan teknik mancing yang dilakukan di pinggir pantai. Targetnya bisa bermacam macam, mulai dari GT, tenggiri, hingga lemadang pun lazim didaratkan dengan cara ini. Namun dalam banyak kasus, spot ikan berada jauh ke tengah lautan. Mengandalkan kekuatan tangan untuk melempar umpan menuju titik yang jauh, sama sekali tidak efektif hingga hasil mancing jauh dari harapan.

Untuk mensiasati hal tersebut, berkembang inovasi kreatif dari angler di beberapa negara untuk membuat peluncur umpan berkekuatan tekanan udara. Dengan menggunakan pelontar ini, umpan mampu menjangkau tempat yang jauh. Penemuan mereka dinamakan Cannon Bait Launcher-yaitu tangki udara bertekanan tinggi, yang ketika saluran udara dibuka dapat melontarkan umpan mancing hingga ratusan meter jauhnya.

Canon bait launcher, alat pelempar umpan
Canon bait launcher ala , alat pelempar umpan

Prinsip kerja alat pelontar umpan ini mirip dengan senapan angin yang mampu memuntahkan mimis dengan kekuatan tekanan udara. Bedanya, jika di senapan angin terdapat tuas pemompa udara, maka pada canon bait launcher, udara dimasukan ke dalam tangki lewat pompa udara terpisah. Bisa dengan pompa tangan, maupun pompa elektrik.

Lewat salah satu tayangan di channel youtube dengan nama akun Fishing Adv NHF , seorang angler asal Singapore memperlihatkan cara kerja canon bait launcher, sekaligus menjelaskan langkah-langkah pembuatannya. Dalam video tersebut diklaim bahwa biaya pembuatannya tak lebih dari 500 Singapore dollar, atau kurang dari 500 ribu rupiah. Cukup murah bukan!…

Tertarik membuatnya? ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Siapkan peralatan kerja seperti kikir, palu, gergaji kecil, pemotong (cutter), penggaris dan bor yang disertai dengan mata bor ukuran 2,5 mm, 4 mm, 6,5 mm dan 8 mm, lem PVC dan lem super glue. Perlengkapan ini membantu saat merakit canon agar rapih dan kuat sempurna.

2. Komponen utama yang harus kita siapkan adalah:
a) pipa PVC (paralon) dalam 2 ukuran. Jika mengacu pada video Fishing Adv NHF, maka yang dipergunakan adalah pipa PVC ukuran 3 inchi. Pipa besar ini berguna sebagai tangki udara. Pilih pipa PVC yang punya ketebalan setidaknya 5 mm, karena diperlukan kekuatan untuk menahan udara bertekanan tinggi.

b) Pipa PVC dengan diameter 3/4 inchi. Pipa panjang ini berfungsi sebagai pelontar umpan. Soal berapa panjangnya, disarankan tak terlalu jauh perbedaannya dengan panjang joran yang kita miliki. Tujuannya agar umpan atau bait bebas hampatan saat ditembakkan. Demi kekuatan, disarankan menggunakan pipa dengan ketebalan 3 mm.

c) 1 buah fitting dengan ukuran 3 inci ke 2 inchi.

d) 1 buah fitting ukuran 3/4 inchi ke 1/2 inchi.

e) 1 buah sambungan pipa ukuran OD 2 inchi ke OD 1 1/2 inchi.

f) 1. buah cap penutup pipa ukuran 7 inchi. Gunakan cap yang punya ketebalan maksimal aga kuat.

g) keran PVC

h) 2 buah siku PVC ukuran 3/4 inchi

i) pentil ban

skema canon bait launcher
Skema canon bait launcher

3. Langkah awal, bersihkan semua komponen PVC dari sisa gergaji, kelebihan cor pada PVC dengan menggunakan kikir dan amplas. Tujuannya gar saat pengeleman dapat tertutup sempurna-khususnya pada bagian tangki udara, yang harus betul-betul kedap.

4. Bagian pertama, fokuskan dahulu pada pengerjaan tangki udara, karena bagian ini adalah yang paling penting mendapat perhatian. Seperti tampak dalam tayangan step by step video Fishing Adv NHV, sambungkan komponen demi komponen sesuai urutannya. Hal ini sangat utama, karena tiap komponen punya fungsi yang saling mendukung hingga kerja alat ini maksimal dan efektif.

Saat pengeleman, juga dianjurkan menggunakan kuas agar merata dan rapi. Cek selalu akurasi ukuran dan jangan abaikan sisa gergaji untuk mencegah kebocoran.Ketika proses penyambungan, tekan komponen PVC di semua arah agar kedudukannya pas dan maksimal.

Untuk pemasangan pentil pada cap penutup – untuk melubangi cap, gunakan mata bor secara bertahap. Dimulai dengan ukuran 2,5 mm, diteruskan 4 mm, 6,5 mm dan terakhir 8 mm. Ini punya tujuan agar cap tidak retak atau pecah. Langkah terakhir pengeboran gunakan mata bor piramid agar pentil bisa tertanam ke dalam cap, hingga lebih kuat terpasang, dan pasang pentil dengan menyertakan ring karet agar aman dari kebocoran.

kaos mancing, kaos mancing mania, kaos mancing mania lengan panjang, kaos shimano, kaos mancing shimano, baju mancing, baju mancing mania

5. Seperti kita pahami bahwa pada akhirnya canon bait launcher ini akan berkentuk letter U, maka Setelah selesai mengerjakan bagian tangki udara, dapat berlanjut merakit pemasangan 2 buah siku PVC ukuran 3/4 inchi.

Gunakan pipa tambahan ukuran 3/4 inchi untuk menyambungkan kedua siku tersebut, dan di kedua sisinya dibuatkan sambungan lagi dengan pipa 3/4 inchi. Sambungan ini nantinya akan terhubung dengan tangki udara dan keran PVC

6. setelah tahap merakit siku selesai, kita bisa memulai untuk menyambungkan keran PVC dengan siku letter U yang telah terbuat. Agar mudah dibuka dan ditutup, tambahkan tuas dari pipa besi pada knop pipa PVC.

7. Pasang pipa peluncur pada sambungan yang terpasang pada keran PVC dan gabungkan tangki udara dengan pipa pelontar yang telah terhubung dengan keran PVC.

10. Untuk menjaga kebocoran dari tiap sambungan, disarankan pula untuk melapisi tiap sambungan dengan lem super glue (biasanya dijual dalam paket tube dua warna: hitam dan putih). Sapukan secara merata pada tiap sambungan.

9. Seperti kita simak pada tayangan uji coba video, bahwa ketika canon digunakan, joran tepat berada di sisi pipa peluncur, maka perlu dibuatkan dudukan joran. Gunakan pipa PVC yang ukurannya disesuaikan dengan gagang joran. Ikat dengan kawat, atau buatkan dudukan dari besi.

10. Agar kuat, pasang pula handle pengikat tangki udara dan pipa peluncur, supaya tidak goyang atau renggang saat digunakan.

11. Tambahkan stand atau kaki pada bait launcher, biar praktis digunakan. Lebih baik jika stand tersebut bisa diatur ketinggiannya, hingga membantu akurasi tembakan umpan.

12. Terakhir agar tampilannya menarik, cat canon ini dengan warna yang disukai, dan tempeli stiker keren. Dijamin angler lain pada ngiler,…hehe…

Canon bait launcher yang telah dicat dan ber-aksesories
Canon bait launcher yang telah dicat dan ber-aksesories

kaos komunitas mancing, seragam mancing, baju komunitas mancing, buat baju komunitas mancing, kaos tim mancing, jersey mancing, jersey komunitas mancing

Seperti diceritakan diatas, bahwa pengisian udara bisa menggunakan pompa tangan atau electric pump. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun, yang harus kita perhatikan adalah – setelah dipompa, setidaknya tangki udara canon bait launcher memiliki tekanan PSi (Pounds per Square Inch) mencapai 58-100 Psi. Dengan kekuatan tekanan sebesar ini, akan mempengaruhi jangkauan lontaran umpan.

Dalam beberapa uji coba yang ditayangkan di youtube disebutkan bahwa tekanan 58 psi mampu melontarkan umpan sejauh 100-120 meter. Sedangkan tekanan 100 psi, mampu menjangkau jarak 200-300 meter. Karena itu, baiknya kita menyiapkan juga alat pengukur tekanan angin, untuk mengukur tekanan yang tersimpan dalam tangki.

Perhatian lain yang tak kalah penting adalah soal penggunaan umpan yang dimasukkan ke dalam pipa pelontar. Penting diketahui bahwa diameter umpan seharusnya tak berbeda jauh dengan besar pipa. Prinsipnya semakin sedikit udara terhalang umpan, semakin besar tenaga lontaran. Karena itu – seperti disaksikan lewat tayangan youtube, banyak angler memodifikasi umpannya agar pas kedudukannya dengan pipa.

Selain soal besarnya, berat umpan juga mempengaruhi jangkauan lontaran. masalah ini, rasanya angler bisa melakukan eksplorasi lebih dalam, karena berkaitan dengan ketersediaan jenis -jenis lure yang dimiliki.

Terakhir, sebelum Cannon Bait Launcher ini digunakan di pantai, sebaiknya lakukan ujicoba alat ini terlebih dahulu, agar berfungsi secara maksimal dan tentunya aman. agar lebih jelas, simak tata cara pembuatannya dala video di bawah ini. (Faruq Idrus).

 

2 Comments

    • mm…kami blom dapat info soal yang jualan di Indonesia. Coba om cek di google, mungkin di singapore atau malaysia ada yang menjual

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*