International Game Fish Association (IGFA)

Seperti kita fahami bersama bahwa International Game Fish Association (IGFA), adalah sebuah wadah internasional, yang menaungi para hobiis mancing maupun industri yang melingkupinya.

Organisasi ini dibentuk dengan maksud menetapkan standarisasi kegiatan memancing, peraturan, hingga merekam rekor mancing di dunia. Lembaga non profit ini, ini lahir pada tahun 1939 dan bermarkas di Florida, Amerika Serikat. Dari data yang kami rilis dari wikipedia IGFA, Hingga saat ini ada 125 negara yang tergabung di dalamnya.

Secara filosofis berdirinya IGFA didasari oleh keinginan, untuk selalu menjaga kelestarian perairan dan biota yang menghuninya. Anggota IGFA beranggapan, bahwa spesies ikan, makanan dan habitatnya secara sosial ekonomi menjadi aset yang paling berharga.

baju mancing, kaos mancing, kaos mancing mania, tshirt mancing mania lengan panjang, kaos mancing mania lengan panjang, kaos mancing mania terbaru

Sejak tahun 1998 IGFA selalu menyelenggarakan Fishing Hall of Fame bagi para anggotanya. Acara yang terakhir dilaksanakan pada 13 September tahun lalu, dilangsungkan di markas besarnya, yang berlokasi di 300 Gulf Stream W, Dania Beach Florida, Amerika Serikat. Dalam acara ini, IGFA, melakukan pameran tentang standarisasi mancing bersama dengan rekor-rekor mancing dunia yang pernah tercipta.

Berbicara mengenai IGFA, tentunya tidak terlepas dari parameter peraturan memancing yang ditetapkannya. Setiap Negara yang telah menjadi anggota IGFA, harus mengikuti aturan yang diberlakukan oleh organisasi ini. Walaupun–pada prakteknya–setiap negara anggota sistem nilai yang berbeda-beda dalam hal turnamen mancing, namun peraturan yang diadopsi harus mengacu kepada IGFA yang menjadi organisasi induknya.

IGFA international game fish association
IGFA international game fish association

Selain itu, IGFA pun mencatat rekor-rekor dari hampir 400 jenis ikan pancing di seluruh dunia. Rekor-rekor tersebut diklasifikasikan lagi antara pemancing profesional dan pemula, umpan buatan, hingga alat pancing yang digunakan.

Dalam hal peralatan memancing, joran, reel, hingga line yang digunakan oleh para angler harus sesuai kualifikasi IGFA.
Para pemancing yang ingin memecahkan rekor dunia, wajib mengikuti tata tertib dari IGFA. Organisasi ini akan mempertimbangkan pemecahan rekor seorang angler, yang dinilai dari segala aspeknya. Tak hanya dari segi ikannya saja, namun juga peralatan apa yang digunakan, serta bagaimana proses memancingnya.Hal yang paling mendasar untuk diperhatikan adalah,  memastikan benar umpan yang digunakan untuk memperoleh ikan yang ditargetkan.

baca artikel: Tata cara dan peralatan mancing standar IGFA

IGFA menekankan kepada para angler yang ingin memecahkan rekor memancing, bahwa umpan yang digunakan untuk memancing ikan harus mengarah tepat ke mulut ikan, dengan maksud agar ikan yang dipancing tidak mati, sehingga bisa dikembalikan lagi ke habitatnya. Setiap angler yang diklaim memecahkan rekor mancing dunia oleh IGFA, harus patuh dengan prosedur yang telah ditetapkan. Prosedur tersebut biasanya, memuat informasi tentang data diri, teknik yang dimiliki, hingga peralatan yang digunakan oleh setiap angler.

baca juga: Cara pengajuan klaim rekor tangkapan ikan IGFA

Para angler yang tersebar tersebar dipenjuru dunia, patut berbangga dengan adanya organisasi sebesar IGFA. Organisasi ini selalu menekankan kepada para angler, bahwa etika, pendidikan dan aturan yang diberlakukan dalam kegiatan memancing akan sangat berguna bagi kelestarian alam sekitar. (Faruq Idrus)

iklann dexa 1

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*