Cara mancing tengiri teknik konceran yang efektif

Cara mancing ikan tengiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Umumnya, mancing ikan tengiri dilakukan dengan teknik casting dan trolling dengan umpan buatan atau hidup serta dengan teknik konceran umpan hidup. Meski demikian, tak berarti teknik lain tidak mungkin digunakan, sebab banyak juga tengiri kena gaet angler yang sedang mancing menggunakan teknik lain seperti jigging, popping dan teknik lainnya.

Kali ini saya akan menyampaikan cara mancing tengiri dengan teknik konceran menggunakan umpan hidup, yakni ikan banyar. (Untuk lebih afdolnya, cek dulu artikel ini ya: Cara memasang umpan ikan hidup).

Poin-poinnya sebagai berikut:

1. Setelah kita lempar umpan ikan hidup, jangan tergesa-gesa menutup bail arm (bagian dari spinning reel yang berfungsi untuk membuka atau menutup laju line/senar).

bail arm

2. Pegang joran dengan tangan kanan dan tangan kiri kita memagang line/senar untuk merasakan laju pergerakan ikan umpan (dengan catatan, saya menggunakan spinning reel dengan handle kiri).

3. Usakahan selalu mengarahkan laju ikan hidup melawan arus (ini memang memerlukan usaha dan kesabaran tersendiri). Usahakan pula ikan umpan selalu bergerak.

4. Jika tangan kiri kita tidak merasakan ada pergerakan lagi ikan umpan, maka tarik-tariklah senar untuk membuat ikan umpan bergerak melaju lagi.

5. Ketika tangan kiri kita yang memegang senar merasakan ada pergerakan cepat dari ikan umpan atau malah ada sentakan pertanda umpan disambar ikan tengiri, maka lepaskan senar selepas-lepasnya. Segeralah tangan kiri bersiap-siap untuk menutup bail arm, tetapi jangan ditutup dulu karena kita harus menunggu ikan target melaju kencang membawa umpan kita.

7. Hitung saja… satu …dua …tiga … dan seterusnya sampai hitungan ke enam atau ketujuh untuk memastikan ikan umpan sudah benar-benar ditelan tengiri. Nah…. sampai hitungan keenam atau ketujuh inilah baru tangan kiri kita menututp bail arm dan membantu tangan kanan memegang erat joran sekaligus menyentak keras-keras joran untuk memastikan hook menancap pada bagian mulut tengiri.

Jika Anda tergesa-gesa menyentak joran saat mancing tengiri dengan umpan hidup, maka kemungkinan besar posisi umpan barulah berada di bibir tengiri dan belum benar-benar masuk ke mulut tengiri. Apalagi jika umpan yang kita gunakan relatif besar, maka perlu waktu beberapa detik untuk memastikan umpan tertelan dan kita sukses mengangkat ikan tengiri.

Sukses mancing tengiri di Palbong Semarang (foto:spotmancing.com/Benecdictus Agung)
Sukses mancing tengiri di Palbong Semarang (foto:spotmancing.com/Benedictus Agung Semarang)

Teknik ini sudah terbukti sukses untuk mancing ikan tengiri di Palbong Semarang (cek juga artikel ini: Spot mancing ikan tengiri Palbong Semarang).

Artikel ini juga sudah saya sharing ke akun FB saya:

Demikianlah artikel Cara mancing tengiri teknik konceran yang efektif. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *