Mengenal kebiasaan makan ikan mas

Mengenal kebiasaan makan ikan mas

Setiap ikan pastilah punya kebiasaan makan berbeda-beda. Bagi pemancing yang punya kegemaran memburu ikan mas, tentunya pengetahuan tentang kebiasaan makan (feeding habit) ikan yang bernama latin cyprinis carpio ini menjadi penting. Tidak hanya sekedar membuka wawasan, namun yang jauh lebih penting adalah dapat menjadi petunjuk  bagi angler dalam menentukan umpan, kapan waktu memancing, dan bagaimana cara memburunya

Hewan berinsang yang sudah dikonsumsi rakyat China sejak 400 tahun SM ini kerap berburu santapan di pertengahan maupun permukaan air. Makanan alaminya adalah  tanaman air, cacing, udang, lumut, larva serangga atau organisma lainnya. Selain menjelajah di berbagai tingat kedalaman, ikan ini juga suka sekali mengaduk-aduk lumpur di dasar perairan untuk mendapatkan incaran. Karena itu, kita acap melihat gelembung air menyembul dipermukaan. Jika mendapatinya, jangan abaikan! Segera lembarkan kail untuk mendaratkannya (untuk tahu lebih detil soal lokasi sarang ikan mas, silakan buka artikel Spot mancing ikan mas

Ikan mas cenderung agresif mencari makan di pagi hari dan menjelang sore. Jadi masa tersebut juga dapat menjadi acuan kapan ikan mas mencari makan. Sedangkan beberapa faktor yang mempengaruhi pola makan ikan mas adalah kandungan oksigen pada air, tingkat keasaman, tingkat kejernihan air dan kondisi kesehatan ikan itu sendiri.

Ikan mas hidup di perairan dangkal dan sedang
Ikan mas hidup di perairan dangkal dan sedang

Dengan mata telanjang kualitas air yang cukup kondusif untuk memancing adalah berwarna bening kehijauan atau bening kecoklatan. Sementara kondisi cuaca juga tidak terlalu panas atau dingin, apalagi hujan lebat (simak artikel Mengenal kebiasaan makan ikan).

Cara makan ikan yang punya habitat di perairan dangkal hingga sedang, dan berarus tenang ini cukup unik. Ia membuka mulutnya lebar-lebar dan kemudian menyedot makanannya seperti alat penghisap. Jadi umpan berstruktur lembut dan halus sangat cocok untuk ikan mas. Dalam kondisi nafsu makan yang tinggi, apapun yang dianggapnya makanan akan dihisap kemudian dicicipi, dan yang bukan makanan akan dibuang dengan cara disemburkan. Tentunya pola makan ini merupakan petunjuk berharga bagi pemancing ikan mas, karena sangat membantu dalam pendeteksian sambaran menggunakan pelampung.

Selain makanan pokoknya, ikan ini juga membutuhkan asupan makanan tambahan yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang biak. Jadi selain rasa lapar, pemenuhan kebutuhan gizi dan protein juga akan merangsang nafsu makan iwak yang berkarakter besar perut ini.

Dipercaya oleh para para pemancing sejak zaman dahulu, bahwa umpan buatan dengan kandungan protein tinggi dan punya aroma kuat dan khas seperti susu, telur dan keju, dapat menarik perhatian ikan mas (agar lebih detil silakan baca artikel Umpan ikan mas tombro dengan telur).  Karena itu, banyak pemancing menggunakan bahan-bahan ini sebagai materi utama membuat umpan mancing ikan mas. Seiring waktu variasi umpan berkembang dengan modifikasi tambahan berbagai rasa essen di dalamnya (silakan simak lebih dalam di artikel 44 ramuan umpan galatama ikan mas berbahan essen (umpan cenil).

Bahan baku membuat umpan ikan mas
Bahan baku membuat umpan ikan mas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *