Video: Ndarate Sebapang, sarang tenggiri di Kabupaten Kendal

Musim tenggiri di Indonesia biasanya melimpah pada saat musim angin timur. Atau, dengan kata lain berawal di bulan September hingga awal maret. Ikan yang merupakan kerabat dekat tongkol, tuna, makerel, atau kembung tersebut, kini memenuhi hampir semua perairan di Indonesia. Bulan November hingga Januari adalah masa-masa puncak persebaran ikan berdaging lezat tersebut.

Beberapa waktu lalu tim spotmancing.com berkesempatan memancing di perairan Kendal, dengan target karnivor rakus berkulit belang ini. Berbekal tackle casting dan umpan spoon seberat 40-50 gram, trip ini bisa dikatakan mendapatkan hasil cukup baik. Saat itu lokasi yang kami sambangi adalah  spot Ndarate Sebapang, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Spot Ndarate Sebapang, Kendal
Spot Ndarate Sebapang, Kendal
Jarwadi- ABK
Jarwadi- ABK

Jarwadi – ABK yang mendampingi tim spotmancing.com ketika berburu tenggiri, menuturkan bahwa spot Ndarate Sebapang berjarak 17 mil laut kearah utara dari Pelabuhan Pantai Tawang. Dengan waktu tempuh selama 3 jam kita sudah sampai dilokasi. Karena tenggiri punya kebiasaan mencari makan saat matahari baru terbit, sangat disarankan untuk berangkat dari dermaga Tawang pukul 3 pagi. “Bagusnya pada pukul 5 pagi kita sudah tiba dilokasi, karena masa ini adalah waktu yang tepat untuk memancing tenggiri,” tutur Jarwadi.

Dikatakan oleh Jarwadi, bahwa Ndarate Sebapang punya kedalaman 40 meter, dengan terumbu karang subur seluas lapangan bola. Kondisi ini menjadikan spot ini jadi tujuan favorit tenggiri untuk memijah dan mencari makan. “Kalau mau mancing dasaran juga bagus disitu, sarang ikan kerapu juga,” ujar Jarwadi.

Seperti diketahui, ukuran ikan-ikan di pantau utara Pulau Jawa tidaklah sebesar iwak-iwak di Pantai Selatan. Rata-rata size tenggiri di perairan tersebut adalah table size alias 5 kg ke bawah. Rio Spooner Hartono, salah seorang angler yang juga bergabung dalam trip, menuturkan bahwa yang paling pas digunakan sebagai senjata memancing adalah joran kelas 10-20 Lbs, dengan line PE 3, dan leader ukuran 40 lbs. Untuk reel-nya bisa memakai kelas 6000.

Rio 'Spooner' Hartono saat strike tenggiri
Rio ‘Spooner’ Hartono saat strike tenggiri
Om Soepyani strike 3 ekor tenggiri
Om Soepyani strike 3 ekor tenggiri
Benedictus Agung, first strike
Benedictus Agung, first strike

Soal lure, tim spotmancing.com mencoba berbagai jenis umpan buatan. Mulai dari metal jig, minnow, ataupun stick bait. Namun ternyata untuk target tenggiri, spoon seberat 30-50 gr lah yang paling tokcer.  Jika berniat memancing teknik dasaran, bisa memakai udang, dengan beberapa rangkaian mata kail.

Spot Ndarate Sebapang berada antara Kabupaten Batang dan Kendal. Namun yang paling nyaman adalah berangkat dari Kendal, yakni di Pelabuhan Tawang. Di tempat ini disewakan aneka ukuran kapal, mulai dengan kapasitas 5 hingga 10 orang, termasuk ABK. Namun, kendati demikian, disarankan menggunakan kapal dengan kapasitas 10 orang dikarenakan jauhnya jarak yang ditempuh. “Pakai yang besar lebih aman dan nyaman. Harganya Rp.800.000 sudah termasuk BBM,” ujar Jarwadi.

Untuk Mencapai Pelabuhan Tawang, kita dapat mengaksesnya dari jalan raya Pantura Weleri-Kendal, tepatnya di jalan Raya Panaruban Batan. Tepat di depan SMK Muhamadiyah Weleri, langsung belok kanan dan ikuti jalan. Harus diakui, walaupun cukup banyak penunjuk jalan tersedia, namun jalan yang berkelok-kelok cukup membuat bingung pendatang. Karena itu jangan segan untuk bertanya, dan gunakan panduan google map atau apikasi waze untuk mencapai lokasi.

Citra satelit Pelabuhan Tawang, Kabupaten Kendal
Citra satelit Pelabuhan Tawang, Kabupaten Kendal

Musim tenggiri masih beberapa bulan lagi, sebelum musim angin barat tiba. Selain dagingnya yang lezat, ikan ini bernilai ekonomis tinggi. Tapi tentunya bukan hanya tenggiri yang bisa kita dapatkan di sana, melainkan juga ikan-ikan dasar, GT, bahkan lemadang pun kerap mampir di spot ini. Salah seorang tim spotmancing.com – Duto Sri Cahyono, berkesempatan merasakan sensasi tarian lemadang sesaat sebelum landed.

Om Duto Sri Cahyono saat strike Lemadang
Om Duto Sri Cahyono saat strike Lemadang

Nah, mumpung sedang banjir tenggiri, yuk, merapat ke Ndarate Sebapang, dan rasakan sensasi memancing di perairan yang masih kental dengan nuansa tradisional pantai utara. Jika ingin mencari info lebih lanjut mengenai spot atau sewa kapal bisa menghubungi Jarwadi / Kamsari di no telepun 087731051657, pin bb 5CD22941, atau melalui akun facebok seperti yang tercantum di atas.

Untuk lebih jelas, saksikan tayangannya dalam video ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *