Tim SAR evakuasi 2 pemancing yang terjebak di Sungai BKB Semarang

Saat hendak melakukan trip mancing, sudah seharusnya seorang angler mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang spot mancing yang hendak dituju. Pengetahuan yang wajib digali tentunya tentang bagaimana kondisi perairan, karakter spot, kondisi cuaca, dan banyak lagi. Lewat bekal informasi tersebut, setidaknya kita sudah bersiap untuk kemungkinan terburuk.

Kejadian memprihatinkan dialami dua orang angler saat memancing. Mereka dievakuasi dari pulau buatan di tengah Sungai Banjir Kanal Barat Semarang, Jawa Tengah, ketika arus deras menerjang karena hujan lebat. Pemburu iwak ini terjebak saat sedang memancing.

Suasana evakuasi oleh Tim SAR
Suasana evakuasi oleh Tim SAR
Angler terjebak arus deras
Angler terjebak arus deras
Banjir Kanal Barat Semarang saat nomal
Banjir Kanal Barat Semarang saat nomal

Korban bernama Sulis Pambudi (30) dan Suyadi (26), warga Srondol Banyumanik, Semarang, awalnya mencari ikan sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka menyeberang ke pulau buatan itu karena ikan terlihat di pinggir-pinggir sungai.

“Saya renang, soalnya kalau hujan itu ikannya muncul di pinggiran,” kata Sulis kepada detikcom di lokasi kejadian, Rabu (9/11/2016).

Hujan ternyata semakin lebat dan arus sungai makin deras. Dua orang tersebut tidak bisa berkutik dan memilih menunggu di pulau tersebut dengan harapan air segera surut dan segera berenang ke tepian.

“Saya menunggu, maksudnya menunggu terang,” ujarnya.

Saat itu ada warga yang melihat mereka. Sulis kemudian melambaikan tangan. Warga segera mencari bantuan hingga akhirnya informasi sampai ke Basarnas kantor SAR Semarang.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Jateng, Tri Joko Priyono mengatakan tim SAR gabungan langsung datang ke lokasi dan menyiapkan alat-alat untuk evakuasi.

Sekitar pukul 18.30 WIB, tim SAR mulai melemparkan tali panjang dan pelampung ke pulau tersebut kemudian korban mengikatkan diri.

“Korban mengikat tali tersebut di tubuh kemudian ditarik ke pinggir ke tempat lebih aman,” kata Tri Joko.

Kini keduanya selamat dan tidak mengalami luka. Mereka dibawa teman-temannya untuk diberikan minum dan makan setelah sempat terjebak di bawah hujan deras selama 3 jam.

Spotmancing.com secara rutin merilis prakiraan cuaca versi BMKG dan berbagai informasi penting lainnya, terkait tips aman memancing berikut gambaran spot-spot mancing di berbagai daerah di Indonesia. Kiranya beragam artikel ini dapat memperkaya informasi yang diperlukan seorang angler ketika melakukan trip mancing. Harapannya, apalagi kalau bukan sukses strike memancing dengan tetap mengedepankan safety atau keamanan. Jadi, yuk dilirik terus spotmancing.com – nya, hehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *