November 2016: Kalender mancing dan jam makan ikan berdasarkan fasa bulan

Berikut ini adalah waktu terbaik mancing pada bulan November 2016, berdasarkan kalender mancing di bulan tersebut. Penanggalan ini disertai dengan jam-jam ikan makan berdasar fasa Bulan. Gunakan almanak ini untuk membantu Anda menetapkan waktu terbaik.

Saat terbaik memancing adalah ketika di mana ikan biasanya aktif mencari mangsa, khususnya untuk ikan-ikan laut yang sangat terpengaruh aktivitasnya oleh kondisi pasang surut air laut dan fase bulan, seperti Bulan Mati, Bulan Separuh dan Bulan Purnama. Dan, metode ini dibuat berdasarkan pada kondisi penampakan Bulan dilihat dari Bumi.

Kalender mancing ini hendaknya hanya digunakan sebagai salah satu faktor keberhasilan memancing. Sebab, banyak sekali variabel keberhasilan kita dalam memancing, baik mancing di sungai, rawa, waduk, danau (freshwater) dan mancing di laut (saltwater).

Para angler di laut disarankan menghindari mancing saat bulan terang, baik siang maupun malam. Sebab saat bulan terang (full moon) aktivitas ikan makan bekurang/tidak galak karena biasanya ikan sedang birahi/kawin atau membuahi telur dan melepas telurnya. Berdasarkan pengalaman pula, waktu terbaik memancing ikan laut adalah saat bulan sudah gelap atau bulan sudah setengah terang (half moon/ bulan separuh) dan gelap 100 % (bulan mati).

Jam-jam ikan makan berdasar fase Bulan harian

Untuk patokan jam-jam makan harian, seperti disampaikan sebelumnya, ada 4 waktu di mana ikan sangat aktif dibanding waktu lainnya, yakni di sekitar waktu Bulan dan Matahari terbit dan terbenam. Untuk referensinya, lihat artikel Jam-jam ikan makan berdasar fasa Bulan (terbit dan terbenam).

Berikut ini adalah kalender Bulan untuk waktu terbaik mancing November 2016:

Kalender mancing bulan November 2016
Kalender mancing bulan November 2016

Bulan purnama jatuh pada tanggal 15 November 2016. Waktu terbaik memancing adalah antara tanggal 1-8 November, dan tanggal 22-30 November 2016. Sementara, hari paling baik untuk memancing (bulan mati) adalah tanggal 30 November 2016.

Jam makan ikan berdasarkan waktu terbit dan terbenamnya bulan, untuk bulan November 2016

Catatan: Kalender mancing berdasar fase bulan di spotmancing.com ini diambil dari patokan jam terbit dan terbenamnya bulan di zona Jakarta yang bisa menjadi patokan untuk zona waktu di mana saja di Indonesia karena secara umum bisa dikatakan waktu terbit dan terbenamnya Bulan hampir berbarengan jamnya, namun berdasar waktu atau zona setempat. Dengan demikian, waktu yang disebutkan di dalam tabel di atas adalah waktu lokal di mana Anda berada di wilayah Indonesia.

Jam makan ikan bulan November 2016
Jam makan ikan bulan November 2016

Semoga bermanfaat!

2 Comments

  1. Tanda panah itu azimuth om… Azimut¬†adalah sudut putar dari arah Barat hingga Timur. Sebagai referensi sudut nol dipakai arah mata angin Utara. Tanda panah ke kanan berarti arah putar searah jarum jam dari sudut nol, tanda panah ke kiri untuk arah sebaliknya. Sebagai contoh, dari sudut nol ke arah Timur tepat adalah 90 derajat, dan Barat adalah sudut -90 derajat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*