Video tutorial membuat FG knot dengan bantuan bobin

Video tutorial membuat FG knot dengan bantuan bobin

Urusan menyambung leader dengan PE buat banyak angler masih jadi pekerjaan rumah tersendiri. Pasalnya, langkah-langkah ikatan yang cukup banyak, tak akan mudah diingat – terlebih bagi angler yang punya sedikit waktu buat memancing. Akibatnya, lure yang terbuang, atau ikan yang lepas setelah hook up, seringkali terjadi karena ikatan FG yang tidak kuat.

FG knot adalah ikatan antara leader dan PE, yang umumnya berjenis braided atau terdiri dari pilinan benang-benang kecil. Karena diameter dan karakter material yang jauh berbeda, diperlukan teknik ikatan khusus, hingga PE dan leader saling mengunci. FG knot yang benar akan terasa manfaatnya ketika mata kail disambar okel ikan-ikan bertenaga besar.

FG knot PE braided dan leader
FG knot PE braided dan leader

Membuat FG knot bisa dengan 2 cara. Manual atau dengan alat bantu yang biasa disebut bobin.  Alat ini memiliki fungsi untuk membuat ikatan awal FG knot dengan rapih dan cepat. Bobin punya aneka tipe dan harga. Namun semua model itu punya cara kerja yang sama. Cara menggunakannya tak sulit, dan secara detil dijelaskan dalam video berikut.

bobin
bobin

Dalam video di bawah ini disajikan langkah demi langkah  membuat ikatan FG knot yang kuat, oleh sahabat angler kita Om Musyen – angler kawakan asal kota Bandung. Simak tutorialnya pada video ini: Tutorial membuat FG knot dengan bantuan bobin

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *