Nih akibatnya kalau mancing siang hari sonder kacamata hitam

Jika Anda memancing siang hari, maka anda siap menerima risiko mendapat terpaan cahaya matahari dalam waktu lama. Paling tidak –  dalam sekali trip mancing siang hari, pemancing bisa menghabiskan waktu 5 – 8 jam berada dalam guyuran sorot matahari. Artinya, paparan sinar ultra violet (UV) yang jatuh langsung pada kornea, ataupun yang terpantul dari air, bisa menyebabkan yang efek sangat merugikan bagi kesehatan mata.

Para peneliti dari University of California di Berkeley menyimpulkan bahwa dalam jangka waktu pendek atau panjang, sinar UV secara pasti menyebabkan banyak masalah penglihatan. Permukaan kulit kelopak mata, bagian dalam mata – seperti kornea, lensa, dan bagian lainnya, berpotensi mengalami kerusakan serius. Bahkan sinar ultraviolet ikut berperan bagi timbulnya katarak, kanker kulit di sekitar mata, melanoma atau beragam efek lainnya.

kanker kulit di sekitar kelopak mata
kanker kulit di sekitar kelopak mata

Dr. Gail Royal – ahli kedokteran mata, menyebutkan bahwa untuk melindungi mata dari pendar UV bisa dengan menggunakan kacamata hitam. Dengan peranti pelindung netra tersebut, indra penglihat bukan saja aman dari karsinoma dan melanoma pada sel basal dan sel squamous, tetapi juga terhadap pembentukan keriput di sekitar sudut mata dan penebalan kulit yang tidak sedap dipandang.

Meskipun banyak angler telah sadar akan pentingnya kacamata hitam, namun ternyata masih jamak juga yang mengabaikan hal ini. Alasannya sederhana saja, seperti merasa canggung, ribet, mahal, atau pandangan yang terganggu. Padahal, selain untuk melindungi mata dari sinar UV, kacamata juga melintangi indra penglihat dari sambaran hook.

kanker kulit di sekitar kelopak mata
Area mata terkena sambaran hook

Indonesia adalah negara tropis yang terlintasi khatulistiwa. Sepanjang tahun, matahari terus-menerus bersinar memberikan manfaat sekaligus efek samping dari radiasinya.

Menurut data dari dokter spesialis mata di Rumah Sakit Mata Jakarta Eye Centre Kedoya – seperti disunting dari Realita.co, di Indonesia ini paparan sinar UV – terutama yang diterima pelaku kegiatan outdoor, merupakan penyebab terjadinya katarak hingga kebutaan di usia 40 tahun . Karena itu penggunaan kacamata hitam saat memancing tak bisa ditawar lagi.

Katarak di usia muda
Katarak di usia muda

 

Memilih kacamata

Karena memiliki fungsi yang demikian penting dalam melindungi mata, maka kacamata juga wajib memiliki beberapa syarat, baik dalam bentuk maupun bahan lensanya. Kacamata yang baik harus mampu menghalangi masuknya sinar ultraviolet. Oleh karena itu, kacamata sebaiknya memiliki frame yang besar melingkar menutupi mata dan sekitarnya. Hal ini perlu, mengingat sinar bisa saja masuk dari sisi-sisi mata yang oleh bingkai biasa belum tentu bisa terlindungi.

Membeli kacamata tidak mesti yang mahal. Baik buatan desainer terkemuka, ataupun yang terjaja di pasar swalayan – seperti yang dilansir dari thestyleglossy.com, keduanya punya manfaat memblokir pendar UV. Hanya saja, untuk kebutuhan memancing sebaiknya memilih kacamata dengan perlindungan 70 – 100% terhadap UV.

pentingnya kacamata hitam saat memancing
Pentingnya kacamata hitam saat memancing

 

pentingnya kacamata hitam saat memancing
pilih frame lebar agar semua area sensitif terlindungi

Biasanya keterangan ini tertera di stiker yang tertempel di lensa kacamata. Kacamata dari brand ternama, melakukan riset yang matang dalam pembuatan optik dan coating-nya. Sehingga lensa yang dijual punya tingkat filterisasi yang akurat.

Memancing telah jadi bagian hidup angler, dan pastinya kita ingin terus menjalani hobi ini hingga tua kelak. Karena itu, sudah waktunya kita berinvestasi untuk membeli kacamata hitam, agar indra penglihat yang “maha” penting ini dapat terjaga hingga tua nanti. So, selamat memancing  sekaligus melindungi mata, dan tentunya bergaya dengan kacamata hitam,. Yuuuk!

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*