Cara mancing ikan nila dengan umpan kangkung

Jika Anda sering mancing ikan nila dengan umpan cacing, jangkrik atau lumut dan suatu saat ikan sudah tidak mau makan umpan-umpan seperti biasanya, atau Anda pindah spot di mana ikan nila tidak mau makan umpan yang biasa Anda bawa mancing di tempat lain, cobalah gunakan umpan daun kangkung.

Itulah salah satu cara yang sering digunakan Om Harry Che dari Pringsewu Lampung yang dibagikan di grup Mancing Maniac.

Alat dan bahan yang diperlukan sama dengan jika Anda mancing ikan nila pada umumnya. Namun karena umpan yang digunakan adalah kangkung dengan sistem floating atau mengambang, maka siapkan pelampung atau kambangan untuk menahan agar nantinya mata kail yang sudah diberi umpan kangkung tidak tenggelam.

Cara mancing ikan nila dengan umpan kangkung
Untaian daun kangkung dikambangkan dekat dengan mata kail yang masuk ke air.
Tip mancing ikan nila dengan umpan kangkung
Rangkaian mata kail dengan umpan daun kangkung.
Ikan nila hasil mancing dengan umpan daun kangkung2
Om Harry Che dengan ikan nila hasil mancing dengan umpan daun kangkung.

Prinsip utama dalam mancing dengan umpan daun kangkung adalah mencantelkan daun kangkung di mata kail dan dimasukkan ke air sekitar 20 cm. Pada saat yang sama Anda ceburkan seiikat daun kangkung sebagai penarik ikan untuk datang dan memakannya. Ikatan daun kangkung sebaiknya Anda kaitkan di ujung bambu kecil yang berfungsi sebagai penahan agak untaian tidak tenggelam atau hanyut dibawa air. Dengan demikian, untaian daun kangkung itu berfungsi sebagai bom atau pengumpul ikan.

Pada saat ikan mulai makan daun-daun kangkung yang ada di ikatan, maka dia juga akan tertipu untuk makan daun kangkung yang ada di mata kail.

Nah dengan cara itulah Anda akan mendapaykan strike ikan nila.

Mudah bukan? Cobalah dipraktekkan di tempat Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.

5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*