Cara memisahkan sambungan joran yang susah dilepas 6

Cara memisahkan dua bagian joran sambung yang “ngeyel” lengket ala Tan Po Liang

Pernahkah Anda mengalami kesulitan sewaktu melepas sambungan joran jenis sambung tengah atau jenis butt joint? Yup, jika Anda pernah mengalaminya, bagaimana Anda bisa menyelesaikan masalah tanpa menimbulkan masalah seperti slogan Pegadaian? Heheh… ya, banyak yang akhirnya bisa memisahkan kedua bagian joran tetapi biasanya menyisakan masalah, entah rod atau joran lecet bahkan retak atau malah patah.

Nah di sini spotmancing.com hendak berbagi tips yang disampaikan salah satu angler berpengalaman dari Madiun yang kini mukim di Pasuruan Jawa Timur, yakni Mas Tunggul Tutung alias Om Tan Po Liang. Tips ini ditulis Om Tutung dengan atribusi “terima kasih” kepada Om Jin Denmas Yulian Hadi, angler dari Pasuruan juga.

“Mungkin saking lamanya tidak kita lepas atau pemasangan yang terlalu kuat yang akhirnya sulit waktu kita melepas sambungan tersebut. Banyak kejadian yang kita lihat seperti kerusakan dan lepasnya ring guide di atas sambungan karena sering jadi tumpuan waktu kita melepas sambungan. Dan lebih parah lagi pemakaian catok untuk melepas sambungan yang mengakibatkan kerusakan fatal yaitu keretakan bahkan material joran pecah. Niat melepas sambungan joran malah jadi malapetaka buat kita.” kata Om Tan Po Liang saat menyampaikan tips-nya di FB.

Mungkin sebagian angler sudah tahu cara ini. Tetapi jika belum pernah, maka trik Mas Tutung ini bisa Anda coba.

Yang Anda perlukan di sini hanyalah potongan memanjang karet ban dalam sepeda atau sepeda motor. Nah, potongan karet itu dililitkan ke bagian atas rod yang tidak bisa dilepas dan menjadi tumpuan memutar rod bagian atas. Dengan cara itu, maka sambungan joran bisa lepas dengan mudah, enteng diputar dan sama sekali tidak menimbulkan kerusakan joran meski sekadar lecet.

Cukup sediakan potongan karet ban dalem secukupnya (bisa kita simpan di box piranti kita buat dilapangan bila dibutuhkan)

Berikut ini adalah panduan cara melepaskan sambungan joran dalam bentuk rangkaian gambar yang diambil spotmancing.com dari timeline facebook Mas Tutung alias Tan Po Liang.

Cara memisahkan sambungan joran yang susah dilepas
Cara memisahkan sambungan joran yang susah dilepas

Jadi langkahnya adalah:

  • Lilit saja bagian atas dengan potongan karet ban dalam motor atau sepeda.
  • Lilitkan secukupnya sampai kira-kira bisa menjadi tumpuan telapak tangan untuk memutar joran.
  • Pegang putar joran bagian atas searah dengan arah lilitan karet.
  • Saat joran bagian atas diputar, kuatkan pegangan atas joran bagian bawah.
  • Dua bagian joran pun terpisah.

Nah itulah sobat tips yang akan sangat bermanfaat bagi Anda pada suatu ketika di masa mendatang nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *