Strike tuna? Contoh nih penggunaan drone untuk mancing ala Australia

Kreativitas para angler dalam memancing ikan tidak ada habisnya. Seiring waktu, segala macam cara difikirkan. Mulai dengan memakai  teknik konvensional seperti hand line, casting, dan bahkan menggunakan bantuan teknologi seperti fish finder/depth sounder (alat yang dilengkapi sensor untuk mencari lokasi ikan berkumpul). Semua itu dilakukan dengan harapan mendapatkan kesempatan menangkap ikan dengan lebih baik.

Dan kabar gembira rupanya datang dari Jaiden Maclean, Brody Maclean dan Byron Leal. Ketiga angler yang berasal dari New South Wales-Australia ini sukses membukukan strike seekor ikan tuna ekor panjang (longtail tuna) seberat 20 kg dengan memanfaatkan teknologi pesawat nir awak-alias drone. Sebuah terobosan yang unik tentunya.

Seperti dilansir dari Uberzigmo, Angler yang tergabung dalam komunitas Sea Ulcer Aerial Media tersebut membawa sebuah drone DJI Phantom ke pantai di kawasan Fingal Head, New South Wales. Maclean lalu memasang umpan yang kenurnya disangkutkan pada sebatang kawat bengkok yang dilem pada drone yang mereka bawa. Selanjutnya pesawat tanpa awak itu diterbangkan ke tengah laut.

Kamera yang terpasang di drone dipakai untuk memantau lokasi ikan berkumpul. Setelah terlihat segerombolan ikan yang sedang melintas pada monitor, Maclean kemudian melepaskan umpan tersebut, sehingga jatuh tepat di atas gerombolan ikan.

Umpan berupa cumi-cumi itu pun langsung disantap seekor tuna ekor panjang. Sementara itu di tepi pantai, Maclean menggulung senar pancing yang tersambung pada umpan tersebut demi menarik ikan ke arahnya.  Usaha yang tak sia-sia!

Nih penampakannya:

Dari pengakuan Mclean, memancing menggunakan drone tampaknya mudah. Tapi sebenarnya cukup sulit. Setidaknya dalam percobaan ini mereka bertiga menghabiskan waktu selama 5 hari untuk mendapatkan seekor ikan.

Upaya angler dari Benua Kangguru ini agaknya masih dalam percobaan tahap awal, dan seiring waktu pastilah menemukan metode yang lebih efektif untuk menghasilkan strike secara lebih cepat.  Usaha mereka telah menjadi inspirasi bagi banyak hobiis mancing di seluruh dunia. Harapan kita semua, di masa mendatang masih banyak lagi kreatifitas semacam ini lahir untuk memperkaya khasanah dunia pancing tercinta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*