Siapkan hal-hal ini untuk trip mancing Munjungan Trenggalek, 29 Mei 2016

Sekitar 160 angler bakal meramaikan acara mancing bareng yang diprakarsai oleh Angler Sempel Community pada Minggu 29 Mei 2016 di perairan Munjungan, Trenggalek. Mereka akan diangkut dan dipandu tekong dan ABK dari 40 kapal katir. Jumlah ini menurut catatan spotmancing.com merupakan rekor peserta terbanyak Indonesia untuk acara mancing bareng menggunakan kapal jukung atau kapal katir di perairan Indonesia.

Jika Anda bergabung dalam acara itu, berikut ini adalah tips-tips yang perlu Anda ketahui berdasar pengalaman tim spotmancing.com dan juga berdasar informasi dari salah satu koordinator acara mancing bareng Angler Sempel, Mas Oke, yang pernah melakukan trip beberapa kali ke perairan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur.

Namun sebelum membahas hal itu, sekiranya perlu diketahui bahwa pada Minggu 29 Mei 2016 kondisi perairan laut Munjungan diperkirakan sudah ramah untuk mancing. Hal itu dijelaskan oleh Mas Oke yang selalu berkoordinasi dengan para nelayan Munjungan terkait rencana mancing bareng angler dari berbagai wilayah di Indonesia itu.

“Benar memang seperti diberitakan spotmancing.com bahwa dua hari terakhir ini ombak di sana sangat tinggi, tetapi pada hari ini sudah mulai kecil dan pada Sabtu – Minggu besuk sudah reda,” kata Mas Oke merujuk pada berita spotmancing.com, yakni pada artikel Laut selatan ngamuk, 95 kapal dan puluhan rumah rusak. Hati-hati angler!!!.

Menurut Mas Oke, pada hari ini (Rabu 25 Mei 2016) para nelayan Munjungan sudah melakukan aktivitas seperti sediakala setelah istirahat karena ombak besar pada dua hari sebelumnya.

Lagi pula, demikian kata Mas Oke, perairan Munjungan, khususnya jika start mancing dari tempat yang direncanakan, yakni Pantai Ngadipura, terdapat banyak spot yang terlindung dari deru ombak besar dan tetap memungkinkan untuk aktivitas mancing menggunakan kapal. “Kita pasti, safety first. Untuk itu, kami juga sudah menentukan spot-spot alternatif jika ombak besar dan juga spot-spot untuk landbase-an jika memang kondisi sangat tidak memungkinkan untuk mancing menggunakan kapal,” katanya kepada spotmancing.com.

“Hanya saja kami optimis kita tetap bisa mancing dengan kapal di spot-spot yang direncanakan, sesuai dengan informasi terakhir yang kami peroleh dari nelayan-nelayan Munjungan,” kata Mas Oke mantab.

Terkait dengan berbagai kemungkinan itu, spotmancing.com menyarankan hal-hal sebagai berikut:

Peralatan mancing

Selain menyiapkan peralatan mancing di laut dengan kedalaman 40 meter atau lebih seperti metal jig dengan ril dan PE ukuran besar, siapkan juga peralatan mancing untuk kedalaman laut kurang dari 40 meter seperti ril 4000-an atau 3000-an dengan umpan minow ataupun spun untuk castingan.

Anda juga bisa menyiapkan peralatan mancing teknik popping mengingat perairan Munjungan sangat kaya dengan spot-spot popping dengan sedemikian banyaknya karang-karang batu mandi.

Di luar peralatan mancing standar laut selatan seperti itu, Anda sangat disarankan membawa peralatan pendukung wajib seperti life jacket atau pelampung. Safety First man! Ya, jika sudah naik kapal, jangan jadikan life jacket sekadar hiasan kapal. Kenakan secara tepat dan benar.

Untuk pemahaman  soal peralatan, silakan juga Anda simak artikel Pengin mancing tengiri monster 45 kg? Cobalah spot Munjungan….

Oh iya, meski di sana tersedia warung untuk membeli makan minum (selain yang disediakan teman-teman Angler Sempel) Anda bisa juga menyiapkan bekal cadangan seperti misalnya (hehehe) minuman khusus atau rokok sesuai dengan jenis dan merk kesukaan Anda.

Hal utama dan wajib diperhatikan

Saran spotmancing.com, kalau Anda melakukan trip ke Munjungan, pastikan Anda menggunakan alat transportasi, misalnya mobil, yang sehat untuk melawan tanjakan-tanjakan tajam. Pastikan full  tank dari Trenggalek agar tidak perlu mengisi bensin lagi untuk Trenggalek – Munjungan PP.

Munjungan adalah sebuah desa kota kecamatan di pojok barat daya Trenggalek. Ada beberapa alternatif jalan menuju ke sana dari arah timur barat, tetapi saran saya sangat simpel, ambil saja jalur dari kota Trenggalek. Gunakan Google Map untuk menuju ke sana dan yang terpenting lagi jangan malu untuk bertanya jika Anda bingung menentukan jalan yang harus dipilih. Di acara mancing bareng ini, juga ada teman-teman Angler Sempel yang siap memberikan panduan kondisi jalan untuk Anda.

Jalan berkelak-kelok dengan tanjangan tajam dikompensasi dengan pemandangan selama perjalanan yang sungguh elok memang menjadi tantangan yang mengasyikkan.

Tetapi ya itu sobat, pastikan Anda mencermati tips-tips di atas. Semoga sukses!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *