Pengin jeduuuarrr gabus?? Waduk Widas potensial banget!!!

Di banyak referensi online, Waduk Widas yang dikenal juga namanya sebagai Waduk Bening, sudah dicap  sebagai tempat pacaran. Loh? Ya, hehehe. Sebab waduk yang terletak di Dusun Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ini dikenal sepi pengunjung. Nah, mungkin karena sepinya itu juga waduk ini menyimpan potensi  ikan gabus yang masih banyak alias belum begitu banyak “diselundupi” orang.

Jika di sana ditemukan pemancing gabus, paling itu ya teman-temanya Om Tri, Om Rachmat Syambudi atau Om Yoni Kriwul. Siapa mereka? Itulah para punggawa Komunitas Mancing Casting Madiun atawa Madiun Castinger Community yang belum lama ini menggelar acara silaturahmi di waduk itu. Hehehe, ya tentu banyak angler non-Madiun yang biasa ke sana, tetapi kesaksian pemancing lokalan dan juga pemilik kios-kios makanan di sana menyebutkan, umumnya para pemancing di sana hanya mentarget ikan non-gabus.

Mengenai gelaran Om Tri dkk memang resminya hanya bernama Casbar alias Casting Bareng, yang penggelarnya pun barengan yakni Madiun Castinger  Community, Maguro Fishing Team (MFT) Jatim Chapter Madiun dan Mancing Mania  Madiun. Tetapi dasar dunia pemancing yang selalu guyup rukun, maka peserta acara temu darat ini tak hanya pemancing Madiun. Sekitar 80 peserta yang hadir saat itu juga berasal dari banyak komunitas mancing. Ada komunitas 100% Nyobok dari Solo, rombongan angler Magetan, Ngawi, Pasuruan, Ponorogo dan tentu saja dari Kartasura, alias basecamp spotmancing.com hehehe.

Soal acara Casbar itu sendiri singkat cerita saya sebut ramai, meriah, guyup dan mengasyikkan. Sudah tuan rumahnya ramah, gabusnya juga ramah pula hehehe. Meski saya dari spotmancing.com tidak dapat strike gabus, tetapi sekali hentakan mocel cukup menggetarkan hati dan menjadi bukti bahwa Waduk Widas menyimpan “sesuatu” yang kudu dihampiri lagi suatu saat nanti.

Bukan alasan loh ya, saat itu saya tidak bisa strike karena memang hanya mencoba tiga titik spot yang dekat dengan basecamp Casbar. Belum lagi, joran yang saya pakai juga joran pinjaman dari Mbak Nunu Nugraha, hehe. Yang jelas, di dekat saya berdiri kali pertama lempar froggy, terdengar suara jeduuaaar dan terlihat gabus lumayan besar yang meloncat menggetarkan rerumputan di sekitarnya.

Potensi besar simpanan gabus waduk Widas alias Waduk Bening juga dibuktikan dengan naiknya belasan ekor gabus oleh para castinger yang ikut Casbar. Untuk diketahui saja, tidak semua peserta Casbar mancing casting target gabus. Bahkan sebagian besar adalah mancing nyobok. Ya itulah yang dilakukan para maniak nyobok dari 100% Nyobok yang datang dengan dikomandoi langsung oleh Danjen-nya, Om Alex Joss…. Bagaimana hasil nyobok itu sendiri? Terlihat beberapa karamba nila berhasil diangkut… sayangnya, mereka hanya mancing relatif sebentar gegara datang angin besar bertiup dari arah timur waduk yang menyebabkan Om Alex Joss dkk mundur sebelum waktunya.

Jika Anda pengin mancing gabus ke Waduk Widas saya sarankan membawa dua jenis umpan froggy alias umpan kodok-kodokan, yang soft dan yang hard. Banyak rerumputan berair yang menyimpan potensi ikan gabus besar seperti yang saya lihat tenggakannya di sebelah barat deretan warung makan. Nah di sana, Anda bisa lempar-lempar umpan soft agar tidak menemui banyak hambatan rumput. Sedangkan di sebelah timur deretan warung makan, menurut kesaksian Om Tri, adalah tempat ngumpulnya gabus-gabus monster yang sekali waktu sempat menggetarkan tangannya dan membuatnya penasaran untuk segera balik lagi casting di Waduk Bening.

Asyik
Lokasi mancing yang teduh. Om Kaji Tunggul Toetoenk sedang memberi coaching clinic casting benar di dampingi Mas Tri (topi merah). Foto: Mbak Nunu Nugraha
Saya dan Om Mas Tri membahas keboncosan
Saya (kaos hitam) sedang membahas efek boncos (hehehe) dengan Mas Tri, punggawa Madiun Castinger Community. Foto: Om Yoni Kriwul
Danjen 100 Persen Nyobok - Sebagian dari peserta Casbar Waduk Widas
Om Alex Joss (ketiga dari kiri) bersama kawan-kawan dan punggawa MCC. Foto: Mas Nunu Nugraha
Punggawa Madiun Castinger dan para artis dadakan Casbar Waduk Widas
Sebagian panitia dan peserta Casbar. Nggak boncos nggak seru, begitu kata Mbak Nunu Nugraha (kaos ungu). Foto: Mas Nunu Nugraha
Guyup - Sebagian dari peserta Casbar Waduk Widas
Ngobrol, makan, ketawa bersama. Foto: Om Yoni Kriwul
Sebagian dari peserta Casbar Waduk Widas
Sebagian peserta Casbar. Foto: Mbak Nunu Nugraha

Spot gabus di mana?

Kalau saya menyebut sebelah timur atau barat deretan warung, maka yang saya maksud adalah deretan warung yang ada di lingkaran merah dalam gambar di bawah ini. Artinya, ketika masuk ke lokasi wisata, kita lalu belok atau mengambil jalan yang kiri. Berikut gambarnya:

Spot Mancing Ikan Gabus Waduk Widas atau Waduk Bening
Spot Mancing Ikan Gabus Waduk Widas atau Waduk Bening

Bagaimana sarana transportasi ke Waduk Widas? Yang saya tahu, kalau ke sana bisa naik angkutan umum (bus jurusan Solo-Surabaya misalnya) dan turun di depan gerbang masuk Taman Wisata Waduk Bening. Menurut penuturan warga setempat, ada ojek yang bisa antar-jemput dari jalan raya ke lokasi wisata PP. Kalau Anda naik motor atau mobil, ya tentunya bisa langsung menuju waduk yang bisa ditempuh sekitar 3-5 menit. Dekat kok.

Yang jelas untuk lokasi mancing Anda bisa memilih yang sejuk-sejuk saja tanpa perlu berpenas ria, contohnya ini:

Lokasi mancing yang sejuk
Lokasi mancing yang sejuk. Foto: Om Yoni Kriwul

Anda tidak perlu khawatir soal makanan dan minuman. Di sana tersedia banyak pilihan makan dan minuman. Jadi?? Ya segera saja jadwalkan trip Anda. Tunggu apa lagi?

8 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*