Ikan itu buta senar? Salah? Cek nih cara memilih senar yang bagus untuk mancing….

Banyak pro kontra soal senar atau kenur (line) apa yang paling tepat dipilih untuk mancing dalam segala kondisi. Ada yang bilang ini itu yang malah membuat kita makin bingung dan pada saat yang sama sejumlah pabrikan mempromosikan bahwa senar produk merekalah yang paling bagus, paling killer, paling murah, paling hemat, paling kuat, paling awet dan sebagainya. Nah dari pada bingung mendengarkan banyak penawaran, ayuk kita cek secara ilmiah dan juga secara pengalaman dari para pemancing kawakan.

Di pasaran, saat ini ada beberapa jenis senar. Seperti kita tahu, ada senar yang disebut fluorocarbon, monofilamen, atau beberapa jenis bahan polifilamen (polyfilament) yang artinya adalah senar lilitan (bahan benang yang dikepang) dalam beberapa warna dan belakangan sering disebut secara bergantian dengan istilah senar PE yang kepanjangannya adalah polyethylene atau Indonesianya polietilena.

Salah satu pertanyaan terbesar pemancing adalah apakah benar ikan bisa melihat senar di dalam air. Nah, inilah paparan dari Tyler Brinks, angler yang sudah malang melintan di berbagai turnamen mancing ikan bass, asal Las Vegas dan kini tinggal di Spokane, dengan hobi keseharian adalah mancing, menulis dan membuat video mancing serta mancing ikan di lapisan es (ice fishing). Dia menulis di Fix.com dan saya sadur di sini untuk pemahaman kita tentang cara memilih senar yang bagus untuk memancing.

Sebagai pemancing maniak, Tyler Brinks telah menggunakan berbagai jenis senar dan mengembangkan pemahaman yang baik tentang kapan dan di mana untuk menggunakan masing-masing jenis senar berdasarkan pengalaman dia pribadi, penjelasan atau klaim produsen tiap merk senar, dan juga hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.

Seperti disebutkan di atas, ada tiga besar kelompok atau jenis senar pancing. Masing-masing memiliki fungsi tersendiri dan tentunya jangan ragu lagi untuk memasukkan ketiganya dalam koleksi peralatan mancing Anda.

Senar fluorocarbon

Senar fluorocarbon diklaim pabrik-pabrik pembuatnya sebagai senar yang paling tak terlihat di dalam air. Kenapa? Karena menurut mereka senar fluorocarbon memiliki sifat pembiasan cahaya yang sama dengan air, sehingga hampir tak terlihat di dalam air. Senar fluorocarbon menawarkan banyak keuntungan untuk pemancing karena sifatnya yahng tembus pandang. Artinya senar ini juga cocok untuk semua kondisi air dari sisi kejernihan/kekeruhannya. Secara teoritis, senar ini akan meningkatkan kemungkinan umpan yang tersambung di ujungnya disambar ikan.

Bagaimana dengan senar fluorocarbon warna merah muda alias pink?

Produsen yang membuat senar fluorocarbon warna pink mengklaim bahwa warna senar pink sulit untuk dilihat di bawah air. Meskipun mungkin sulit bagi kita untuk percaya karena senar pink jelas terlihat menyala di permukaan atau di atas air, ada beberapa kebenaran klaim pabrikan itu, terutama terkait dengan warna senar merah muda. Studi ilmiah dan pengalaman tangan pertama dari para penyelam bawah laut memang menunjukkan bahwa warna merah muda akan kehilangan warnanya pada beberapa jenis kedalaman. Warna ini akan berbaur dengan air dan menjadi kurang jelas dilihat oleh ikan. Walaupun mungkin tampak tidak biasa untuk mewarnai senar dengan warna seperti fluorocarbon pink yang dikatakan hampir tak terlihat di bawah air, faktanya adalah bahwa senar merah muda akan cepat kehilangan warna dan tidak terlihat pada kedalaman air baik di mata pemancing maupun di mata ikan.

Fishing Line Color By Depth
Source: Fix.com Blog

Senar monofilamen

Senar monofilamen adalah senar yang paling populer di pasaran dan tersedia dalam beberapa pilihan warna berbeda. Hampir semua jenis senar monofilamen dipromosikan sebagai senar yang bagus karena sulit terlihat oleh ikan tetapi mudah dilihat oleh pemancing (memudahkan kontrol). (Jangan lupa baca juga yang ini: Kriteria kualitas dan jenis-jenis senar pancing)

Berikut ini adalah rincian dari warna yang paling populer dari senar monofilamen dan kemanfaatan masing-masing warna.

Senar monofilamen kuning

Warna kuning yang mencolok memudahkan pemancing untuk melihat getaran atau pertanda bahwa umpan disambar ikan. Warna cerah membuatnya mudah untuk dilihat pemancing dari atas dan hanya sedikit sentakan ikan sudah bisa terlihat jelas. Hanya saja, warna kuning relatif lebih terlihat oleh ikan di bawah permukaan air. Senar warna kuning dengan demikian adalah pilihan yang baik untuk air keruh.

Senar monofilamen warna merah

Senar warna merah juga dikatakan sebagai senar yang tak terlihat di dalam air. Klaim ini berasal dari studi yang menunjukkan bagaimana benda warna merah adalah benda yang kali pertama kehilangan warna ketika masuk di dalam air. Hal itu diperkuat oleh para penyelam yang mengatakan bahwa benda warna merah akan kehilangan warna ketika masuk semakin dalam di air dan akan terlihat sebagai hitam. Pada saat yang sama, pemancing menyukai senar warna merah karena mudah terlihat di atas atau permukaan air sehingga mudah dikontrol.

Yang sering membuat kita bingung malah adalah adanya klaim dari produsen mata kail atau umpan buatan warna merah yang mengatakan bahwa umpan mereka lebih killer karena terlihat seperti darah. Nah, untuk masalah warna umpan, silakan Anda cek artikel soal umpan yang sudah kita tulis sebelumnya, yang ini: Warna umpan killer kayak apa? Ini nih ada referensi masuk akal banget….

Senar monofilamen hijau

Warna hijau adalah warna yang baik untuk dikaburkan di dalam air. Sebagian besar air di mana kita mancing kebanyakan berwarna hijau (air rawa, sungai, laut dan sebagainya ketika kondisi normal dengan lingkungan rerumputan hiaju atau pepohonan, bukan sehabis hujan atau banjir). Seperti menjadi kamuflase, senar hijau membaur dengan warna kondisi di sekitarnya dan bisa menjadi senar pilihan yang baik untuk pemancing. Cuma memang, warna hijau akan lebih terlihat jelas di dalam air jika airnya sangat jernih. Tetapi jelas, secara pukul rata, hijau adalah warna senar pilihan yang baik untuk kebanyakan situasi dan kondisi tempat mancing dan juga sifat dan jenis ikan yang berbeda-beda.

Senar monofilamen clear (jernih/ tembus pandang)

Senar monofilamen clear (jernih) adalah pilihan yang baik jika Anda merasa sebal karena beberapa kali boncos gegara ikan ngeloyor pergi begitu melihat kelebatan senar pancing sat dilempar ke air. Beda dengan sifat dari senar fluorocarbon yang mungkin membuat senar fluorocarbon kurang terlihat di bawah permukaan, maka senar monofilamen bisa lebih killer dalam segala situasi.

Ada juga warna biru jernih di pasaran. Senar ini relatif terlihat kabur di bawah air, tapi warna birunya membuat lebih mudah untuk dilihat dari atas air oleh pemancing dan karenanya lebih mudah dikontrol.

Senar polifilamen (polyfilament) dan polyethylene (PE)

Meskipun banyak manfaat dari senar PE, tetapi senar jenis ini mudah sekali dilihat oleh ikan. Senar PE memang menawarkan kekuatan yang sangat baik meski berdiameter tipis dan tidak meregang ketika ditarik. Properti ini membuat PE pilihan yang sangat baik untuk memancing di kolam gelap atau kondisi air kotor atau berlumpur. (Baca juga: Keunggulan dan kelemahan senar braided atau PE)

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari senar PE di air jernih, maka kita memerlukan leader (tali pandu atau tali ujung) dari senar fluorocarbon. Yang kedua jenis senar ini bisa dihubungkan  dengan talian atau simpul Double Uni atau simpul Alberto. Hal ini memungkinkan pemancing untuk memiliki senar dengan performa bagus, yakni kuat sekaligus tembus pandang alias sulit dilihat oleh ikan.

Knots For Braided Line
Source: Fix.com Blog

Sebagai tambahan tips mengingat tali PE dan leeader yang simpel dan terbukti jioss, pernah saya sampaikan dalam artikel sebelumnya, yakni Cara sukses mancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan spun dan minow, sebagai berikut:

  • Gunakan ikatan cara albright special dengan lilitan yang relatif panjang, Seberapa panjang? Untuk mudahnya, jika sudah ditarik kencang, lilitan itu sepanjang sekitar 1 cm.
  • Agar sambungan senar leader fluorocarbon dan benang PE tidak menjadi gangguan saat Anda melempar spun, ada tips khusus, yakni senar leader jangan dipotong mepet dekat dengan lilitan senar PE, tetapi sisakan sekitar 1,5 – 2 cm. Memang terlihat mengganggu untuk dilihat dan saat tergulung di spool reel. Tetapi percayalah, sisa potongan senar leader tersebut tidak akan mengganggu saat Anda melempar umpan.

Gambarnya ada di bawah ini:

Cara-menyambung-senar-leader-fluorocarbon-dan-line-senar-PE

  • Cara mengikat atau menyambung senar PE dengan senar leader fluorocarbon dengan cara yang biasa dilakukan tim spotmancing.com tersebut relatif cepat dan kuat.

 

Yah sobat, ada banyak kebingungan seputar warna dan jenis senar terkait dengan sifat terlihat tidaknya di dalam air. Sementara kita tidak bisa percaya 100% pada satu teori, ada beberapa kunci yang sudah terbukti kebenarannya untuk kita jadikan patokan.

Patokan pertama: Senar fluorocarbon adalah senar yang paling tidak terlihat di bawah air, sementara senar PE adalah senar terkuat namun paling terlihat jelas di atas air.  Untuk menemukan kombinasi antarakeduanya, bisa kita sambung sehingga fluorocarbon menjadi tali leader.

Hal yang sama dapat dikatakan tentang warna senar yang sangat mencolok di penglihatan kita, kuning dan merah. Senar kedua warna itu memudahkan kita melihatnya di atas air dan memudahkan kita juga dalam mengontrol dan mengetahui adanya sentakan gigitan ikan, tetapi pada saat yang sama kedua warna ini lebih terlihat kabur di mata ikan saat berada di bawah permukaan air.

Jangan lupa ya, untuk pemahaman soal senar, cek juga artikel Cara mengikat dan jenis-jenis ikatan pancing dan sambungan senar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*