Mancing nyobok pinggiran dapat tengiri? Ini dia tempatnya…

Mancing ikan tengiri biasanya identik dengan mancing ke tengah perairan laut dan karenanya memerlukan kapal sebagai prasarananya. Tetapi nyatanya, di tempat-tempat tertentu di Indonesia ini kita masih bisa mancing pinggiran untuk mendapatkan strike ikan tengiri. Di mana lokasinya? Oke, kali ini spotmancing.com akan bertutur tentang mancing pinggiran dengan target strike ikan variatif, baik ikan dasaran maupun ikan pelagis.

Pada artikel sebelumnya sudah diturunkan cerita tentang Spot mancing potensial strike di Lombok, di mana sebagian besar adalah cerita tentang mancing dengan kapal. Padahal, selain spot mancing pasiran, Pulau Lombok juga kaya dengan spot mancing pinggiran. Hasil pantauan spotmancing.com dari berbagai postingan dinding para pemancing di dua pelabuhan utama Lombok, yaitu dermaga Lembar di Lombok Barat dan Kayangan Lombok Timur, kerap terlihat aktivitas mancing pinggiran.

Mereka biasanya membekali diri dengan jorang panjang, topi pelindung dari panas (umumnya topi anyaman seperti topi pak tani, caping) dan karamba bambu kecil untuk mancing dengan cara badan masuk ke air laut. Teknik itu dikenal dengan sebutan pancing Nyobok (Jogja, Solo dan sekitarnya), dan ulasan soal nyobok di laut pinggiran kali semoga menambah list spot mancing pinggiran Anda semua.

Penulisan artikel ini juga didasarkan pada pengalaman pribadi penulis saat mencoba teknik casting, serta maksimalkan kegunaan koleksi spun (spoon/ umpan-umpanan dari metal yang dibuat menyerupai sendok) dan minnow (lure atau metal jig).

Memang target strike ikan berupa jenis ikan dasaran seperti kerapu, GT dan Mangrove Jack serta ikan pelagis seperti barakuda menjadi target utama. Meski sangat jarang strike, namun target ikan pelagis tengiri terhitung potensial. Terutama jika kelompok ikan yang suka bermigrasi ini melewati perairan Lombok.

Jadi, dengan mancing cara nyobok pun, ikan-ikan pelagis seperti tengiri atau GT bisa didapat. Wow!!!

Spot Labuhan Haji

 

Labuhan Haji
Dua ujung dermaga Labuhan Haji. Mercusuar hijau di kiri dan merah di kanan.
Labuhan Haji 4
Dermaga beton Labuhan Haji.

Dermaga Labuhan Haji Lombok Timur semakin akrab bagi para pemancing pinggiran. Tua, muda, bahkan anak-anak sering meramaikan banyak sisi dermaga ini. Juga para pemancing yang bermalam, cukup aman parkirkan motor mereka di ruas blok mercusuar hijau atau merah sepanjang ratusan meter. Serakan bebatuan pemecah ombak menjadi basis aman. Target ikan pelagis dan dasaran kerap menjadi ikan strike.

Baby GT Labuhan Haji
Baby GT Labuhan Haji. Strike berbekal umpan minnow.
Mangrove Jack Labuhan Haji
Mangrove Jack Labuhan Haji. Minnow yang sama yang disambar baby GT.
GT Labuhan Haji
GT Seukuran sandal. Gagal release karena putera saya memaksa minta digorengkan jadi lauk spesialnya.

Spot Tanjung Ekas

Barakuda Teluk Ekas
Barakuda Teluk Ekas.
Kerapu Teluk Ekas
Kerapu Teluk Ekas yang menyambar spoon saya.

Spot Teluk Emas masih di bentang garis pantai Lombok Timur. Berkendara sekitar satu jam dari dermaga Labuhan Haji, atau tambah setengah jam jika berangkat dari kota Selong (ibukota kabupaten Lombok Timur). Berbeda dengan Labuhan Haji, Nyobok di spot ini cukup aman. Bahkan jika kita biarkan dada kita terendam. Kedalaman yang aman juga jika ingin mencoba di dermaga Kayangan. Laporan dari istri saya yang sempat harus rajin menyeberang ke Pulau Sumbawa setahun lalu.

Teluk Ekas 2
Teluk Ekas berombak tenang. Nyaman buat Nyobok.
Teluk Ekas 3
Pantai Teluk Ekas yang landai.
Teluk Ekas
Jejeran perahu nelayan Teluk Ekas.

Jadi, jika peralatan Nyobok Anda sudah lengkap dan siap, mari bersama-sama Nyobok di Lombok Timur. Tapi kali ini, joran Tegek disimpan dulu. Siapkan koleksi spoon, minnow atau metal jig Anda, senar favorit andalan dan joran ringan beserta kerekan yang sesuai. Saya jamin, Anda pun bisa nyandu nyobok casting di Lombok Timur.

Salam strike.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*