Spot mancing potensial strike di Lombok

Pulau Lombok tak diragukan lagi menyimpan banyak spot mancing yang sangat potensial memberikan kepuasan strike bagi para pemancing yang melakukan trip di sana. Untuk memberikan gambaran mengenai spot-spot mancing potensial di Lombok itulah kali ini spotmancing.com menurunkan artikel yang merupakan kompilasi trip mancing yang pernah dilakukan grup GNP Fishing Club (GFC) Semarang, dan juga beberapa trip mancing personal yang penulis lakukan dalam kurun dua tahun terakhir setelah menetap di Lombok Timur.

Lokasi spot mancing pasiran

Di Lombok, belum ada spot dengan potensi strike tinggi untuk mancing pasiran dalam artian harfiah. Yang ramai dan sering menjadi spot mancing favorit para angler Lombok adalah pantai-pantai bertebing batu. Ikan-ikan target strike di spot ini seperti berbagai jenis kerapu, kurisi, jolong-jolong. Tengiri yang umumnya menampakkan diri di waktu-waktu tertentu tidak cukup tertarik mendekati umpan apa pun yang dilemparkan angler. Meski ada beberapa trip mancing di atas bagan mencatatkan putusnya line atau lenyapnya minnow oleh tarikan tiba-tiba tengiri.

Di mana saja spot-spot pasiran Lombok?

  1. Teluk Awang Lombok Tengah.
Spot mancing di Lombok - Pantai Blumbung Teluk Awang
Pantai Blumbung Lombok Tengah

2. Ujung Langit Pantai Pengantap Lombok Barat

Spot mancing di Lombok - Ujung Langit Pengantap
Ujung Langit Lombok Barat

3. Tanjung Ringgit Lombok Timur

Spot mancing di Lombok - Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit

Ngampul

Lima tahun lalu, dari atas kapal berukuran 12 x 2.5 meter, lima angler dari Semarang ditemani satu kapten kapal dan 2 abk menjajal beberapa spot di perairan selatan pulau Lombok. Batu Mandi, Bangko-bangko, Teluk Sepi Pengantap, tiga dari beberapa spot yang menjanjikan ikan target favorit para angler. Pelagis seperti barakuda, tuna gigi anjing dan tengiri. Dasaran di atas lima kilo seperti GT, kerapu dan kurisi.

Spot mancing di Lombok - Perairan Selatan Lombok
Hasil strike perairan Lombok Selatan

Umpan segar cukup mudah didapatkan sepanjang perjalanan menuju spot dari sandar terakhir di Pelabuhan Ampenan Lombok Barat. Cukup dengan ngoncer, kembung atau selar ukuran sekian jari siap menambah pilihan umpan hidup Anda.

Spot mancing di Lombok - Batu Mandi
Spot Batu Mandi perairan Lombok Selatan
Spot mancing di Lombok - Setelan Trolling Set
Trolling set di perairan Lombok Selatan
Spot mancing di Lombok - Bersama dua abk di Lombok
Ari dan Zenal, dua abk trip di perairan Lombok Selatan

Fun fishing

Seperti sub bagiannya, trip ini khusus bagi Anda yang kebetulan berlibur bersama keluarga besar di Lombok. Jika piranti lengkap memancing mengundang protes, satu set joran ringan dengan senar kecil tentunya masih boleh Anda tenteng.

Berikut dua spot utama memancing senang yang juga bisa Anda nikmati bersama sang putra kecil:

1.Perairan tiga gili.

Spot mancing di Lombok - Gili Meno
Gili Meno, satu dari tiga gili di Lombok Utara

2.Dermaga Mini Senggigi

Spot mancing di Lombok - Dermaga Mini
Dermaga Mini pantai Senggigi Lombok
Spot mancing di Lombok - GT
Ikan target strike di Dermaga Mini Senggigi

Range sewa kapal untuk trip memancing ringan di perairan tiga gili (mengitari Gili Trawangan, Meno dan Air) mulai dari 750 ribu sampai maksimal 1,5 juta. Maksimal 3 angler dengan 1 boat man. Sementara di dermaga mini kawasan wisata pantai Senggigi sendiri tentu saja gratis tis tis. Cukup berjalan kaki dari hotel favorit keluarga Anda. Target ikan seperti kakap, kurisi, dan jolong-jolong. Sayangnya, persis seperti niat utama tripnya, besar ikan target memang sebatas menyenangkan saja.

Salam strike.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*