Raja ikan herring atau oarfish (ikan terpanjang di dunia) terpancing juga di Karangasem Bali

Ikan yang dikenal memiliki ukuran terpanjang di dunia yang pernah diketahui saat ini adalah raja ikan herring atau raja ikan haring yang secara umum di dunia internasional dikenal dengan nama oarfish. Rekor ikan terpanjang yang ditemukan hidup hingga saat ini sepanjang 17 meter.

Ikan oarfish memang secara umum dikenal dengan ukurannya yang besar, memanjang. Ikan yang termasuk dalam famili Regalecidae ini bisa ditemukan di lautan beriklim tropis sampai samudera namun diakui jarang terlihat dalam kondisi hidup.

Nah, ternyata, ikan  ini bisa ditemukan di Indonesia. Salah satu buktinya adalah hasil mancing angler Bali, Mega Jacx, yang mengirimkan foto taja ikan herring hasil pancingannya di grup komunitas Mancing Mania Bali dan di-share oleh Om Tarzan Tz ke grup MancingManiac.

Berikut ini adalah fotonya:

Ikan terpanjang di dunia - ikan herring atau oarfish ada juga di Indonesia
Ikan atau oarfish tangkapan angler Bali di Karangasem

Menurut Om Mega Jacx, ikan sepanjang 2,5 meter itu dipancing dengan teknik jigging di perairan Pasir Putih Karangasem Bali. Hasil pancingan ini menjadi pembicaraan hangat di grup-grup mancing karena kelangkaan ikan tersebut, dalam arti jarang ada pemancing yang mendapatkan ikan yang dikenal sebagai penghuni laut dalam itu meski secara umum ikan ini banyak tertangkap oleh jaring nelayan.

Saat ini, seperti ditulis pada awal tulisan, ikan haring raja/ raja ikan haring (Regalecus glesne), terdaftar dalam Guinness Book of World Records sebagai ikan bertulang terpanjang yang masih hidup. Rekor yang pernah tercatat adalah ikan dengan panjang 17 meter (56 kaki).

Nama oarfish diberikan terkait dengan ukuran tubuhnya yang memanjang. Ikan yang berenang menggunakan sirip perut itu memiliki nama keluarga Regalecidae, yang berasal dari bahasa Latin regalis yang berarti “kerajaan”.

Oarfish sering ditemukan terdampar di pantai setelah terjadi badai dan ikan ini biasanya berbaring pada permukaan air ketika sakit atau sekarat. Hal itulah yang menjadikan oarfish sebagai sumber dari banyak cerita legenda tentang monster atau naga ular .

Dalam jajaran ikan sebagai lauk, ikan ini kurang populer karena kandungan gelatinnya yang banyak.

Berikut ini foto-foto ikan oarfish yang diunggah ke dunia maya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*