Ini dia peringatan dini untuk mancing laut 21-26 Maret 2016

Untuk Anda yang sedang merencanakan mancing dalam pekan 4 bulan Maret 2016 ada baiknya memperhatikan adanya peringatan dini kondisi cuaca pada tanggal 21 sampai 26 Maret 2016 yang dikeluarkan BMGK. Berdasar prakiraan kondisi angin dan gelombang laut pada pekan itu, terdapat beberapa pusat pusaran angin yang bertiup relatif kencang.

Untuk perbandingan kondisi angin dan gelombang laut pada pekan 4 bulan Maret 2016 silakan dilihat artikel sebelumnya, Informasi prakiraan kondisi gelombang dan angin laut pekan ini (21-26 Maret).

Dalam peringatan dini yang disampaikan BMKG, disebutkan terdapat Pusat Tekanan Rendah (1009 hPa) di Samudera Hindia Barat Daya Jawa dan Pusat Tekanan Rendah (1005 hPa) di Teluk Carpentaria di Utara Australia,menyebabkan terbentuknya Daerah Belokan Angin di Sumatera bagian selatan, Kalimantan bagian Barat, Sulawesi bagian tengah, Maluku, Papua Barat dan terbentuknya Daerah Pertemuan Angin di Sumatera Selatan,Laut Jawa, Laut Banda dan Laut Arafura.

Dikarenakan waktu sudah lewat, gambar dihapus

Suhu muka laut umumnya berkisar antara 27.0 C – 30.0 C. Anomali suhu muka laut ( -0.5 – +2.0 0C) dengan anomali positif berada di Samudera Hindia barat Sumatera hingga selatan NTT, Selat Malaka, Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Banda, Laut Sumbawa, Laut Flores, Laut Timur, Selat Sawu, Selat Malaka, Laut Afaruru, Laut Sulawesi, Teluk Tomini, Teluk Tolo, Teluk Bone, dan Teluk Cenderawasih.

Angin gradien di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari Barat – Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar antara 5 – 46 km/jam. Kecepatan angin tertinggi terjadi di Laut Banda dan Laut Arafura.

Hujan dengan intensitas sedang – lebat berpotensi terjadi di Pesisir Barat Sumatera, Sumatera bagian selatan, Serang, Jawa Barat, Kalimantan bagian Timur, Kalimantan bagian selatan Sulawesi bagian selatan, Sulawesi bagian Tenggara, Maluku, Papua bagian Utara dan Papua Barat.

Berikut ini prakiraan kondisi cuaca pada 21 – 24 Maret 2016.

Wilayah Jabodetabek

Jakarta Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan sedang – lebat pagi, siang/sore hari dan malam hari.
Bogor Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan ringan – sedang pada siang/sore dan malam hari
Tangerang Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan sedang – lebat siang/sore hari dan malam hari.
Bekasi Umumnya berawan, berpotensi terjadi hujan sedang – lebat pagi, siang/sore hari dan malam hari.
Depok Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi terjadi hujan ringan – sedang pada siang/sore dan malam hari.
Sumatera Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan – sedang di Sumatera Utara sedangkan hujan sedang – lebat di Pesisir Barat Sumatera, Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung.
Kalimantan Umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan ringan – sedang di Kalimantan Timur sedangkan potensi hujan sedang – lebat di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan.
Sulawesi Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan – sedang di Sulawesi Utara dan Gorontalo sedangkan potensi hujan sedang – lebat di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.
Maluku Umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan ringan – sedang di Maluku Utara sedangkan potensi hujan sedang – lebat di Maluku.
Papua Umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan sedang – lebat di Papua Barat dan Papua bagian utara.
Jawa Umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan ringan – sedang di Jawa Timur sedangkan potensi hujan sedang – lebat di Jawa Barat, Serang, Jakarta dan Jawa Tengah.
Bali, NTT dan NTB Umumnya berawan, berpotensi hujan ringan – sedang di Bali dan NTB.

Peringatan Dini

18 – 19 Maret 2016 : Jambi, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua. 20 – 21 Maret 2016 : Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua. 22 – 24 Maret 2016 : Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah dan Papua.

Catatan dan Keterangan

Hujan ringan dengan intensitas: 0,1 – 5,0 mm/jam atau 5 – 20 mm/hari
Hujan sedang dengan intensitas: 5,0 – 10,0 mm/jam atau 20 – 50 mm/hari
Hujan lebat dengan intensitas: 10,0 – 20 mm/jam atau 50 – 100 mm/hari
Hujan sangat lebat dengan intensitas : >20 mm/jam atau >100 mm/hari

Untuk keperluan ‘perencanaan’ dalam kegiatan operasional, agar kembali menghubungi BMKG (Unit kerja: Pusat Meteorologi Publik – Informasi Meteorologi Publik sebagai antisipasi perubahan/updating dari prakiraan mingguan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*