Tata cara dan peralatan mancing standar IGFA

Tata cara dan peralatan mancing standar IGFA

Menurut website IGFA (International Game Fishing Association), sampai tahun 1940, tidak ada kode etik universal olahraga mancing sebagai pembimbing pemancing dalam menjalankan aktivitas mereka. Langkah awal untuk lahirnya peraturan dan tata cara mancing muncul pada akhir 1930-an saat anggota British Tunny Club menyampaikan harapan perlunya dirumuskan kode etik memancing. Hanya saja suasana perang dunia menghambat keinginan itu.

Tak lama setelah IGFA didirikan pada tahun 1939, para pemimpin asosiasi ditugaskan untuk segera merumuskan dan menyusun pedoman memancing dan persyaratan pencatatan rekor dunia tangkapan ikan.

Kantor Pusat dan Perwakilan IGFA

Organisasi internasional non-profit yang berkecimpung langsung dalam segala bentuk peraturan berskala internasional untuk standarisasi yang berhubungan dengan mancing dan segala klaim rekor mancing dunia itu, bermarkas saat ini berkantor pusat di Lantai III 300 Gulf Stream Way, Dania Beach, Florida 33004, Amerika Serikat.

Saat ini ada sekitar 300 perwakilan Komite Internasional IGFA yang tersebar di sekitar 90 negara dan teritori. Perwakilan ini bertindak sebagai duta IGFA – penghubung antara berbagai kelompok dan kepentingan memancing di negara mereka di seluruh dunia dan Markas IGFA di Amerika Serikat. Pemilihan atau penunjukan calon perwakilan IGFA didasarkan pada banyak faktor. Antara lain, rekomendasi pribadi, pengalaman dan pengetahuan orang bersangkutan tentang sejarah dan aturan main IGFA, lokasi geografis dan beberapa faktor lainnya. Dalam perjalanan waktu, Perwakilan IGFA harus menunjukkan integritas dan pengetahuan yang berkaitan dengan komunitas olahraga mancing baik di dalam maupun di luar negeri.

Perwakilan IGFA diharapkan mendukung tujuan dan program IGFA, dengan penekanan pada mendorong pemancing untuk menjadi anggota dan memperkenalkan dan mempromosikan tujuan konservasi IGFA. Sebagai anggota Komite Internasional, kepatuhan terhadap filosofi dan misi ke depan IGFA sangat penting bagi keberhasilan pencapaian tujuan IGFA sebagai organisasi mancing rekreasi internasional.

Tata cara dan peralatan mancing standar IGFA

Logo IGFA

Tata cara dan peralatan mancing standar IGFA yang disampaikan spotmancing.com di sini adalah peraturan yang dirumuskan oleh IGFA untuk mempromosikan etika dan panduan olahraga mancing, membuat aturan yang seragam bagi pencatatan hasil tangkapan dalam olahraga mancing, serta memberikan panduan dan aturan dasar pelaksanaan turnamen memancing atau kegiatan kelompok mancing lainnya.

Istilah mancing atau memancing, menurut IGFA, adalah kegiatan menangkap atau berusaha menangkap ikan dengan menggunakan joran (rod), senar (line) dan penggulung (reel) sertta kail (hook) seperti yang diatur dalam ketentuan asosiasi dunia olahraga mancing tersebut.

IGFA mengakui ada beberapa aspek memancing yang tidak dapat diatur dalam sebuah aturan yang berlaku untuk semua kondisi. Misalnya kondisi yang berbeda dari perlawanan ikan atau tingkat kesulitan pemancing saat menangkap ikan. Namun demikian, hanya ikan yang ditangkap sesuai dengan aturan memancing internasional yang ditetapkan IGFA sebagaimana tertuang dalam peraturan dan tata cara mancing itu yang akan dipertimbangkan untuk masuk dalam pencatatan rekor mancing dunia.

Dalam website IGFA, dituliskan tata cara dan peralatan mancing standar IGFA dalam beberapa bahasa, yakni Inggris, Spanyol, Prancis, Cina, Rusia, Portugis, Turki dan Jepang.

Untuk download file peraturan dan tata cara mancing IFGA dalam bahasa Inggris silakan klik di sini.

Sebagaimana bisa kita lihat dalam file itu, IGFA mengeluarkan aturan itu untuk olahraga mancing freshwater (perairan darat) dan saltwater (perairan laut) dan juga peraturan dan tata cara mancing dengan teknik flyfishing (International Flyfishing Rule) yang semuanya meliputi aturan mengenai peralatan mancing yang digunakan, cara penangkapan, dan sekaligus tata cara release ikan, juga peraturan mengenai klaim rekor tangkapan ikan serta tata cara mengukur atau menimbangnya.

Silakan cek juga artikel terkait ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *