Cara sukses mancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan spun dan minow

Tips dan cara mancing ikan tengiri, giant travelly (GT), tongkol dan karas dengan spun (spoon) dan minow (minnow) ini merupakan panduan awal bagi Anda yang pengin mancing di laut khususnya di laut selatan Pulau Jawa yang merupakan bagian kecil dari Samudera Indonesia. Karena panduan ini ditulis berdasar pengalaman tim spotmancing.com dan beberapa angler yang mancing bersama kami, tentunya di beberapa bagian akan ditemukan perbedaan dengan pengalaman yang pernah dialami oleh pemancing lain.

Memancing ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dipilih untuk diulas di sini karena keempat jenis ikan tersebut biasanya mendominasi perolehan ikan para angler yang mancing di perairan laut selatan mulai dari Cilacap, perairan Jogja termasuk Krakal, Baron dan sekitarnya, perairan Pacitan, Trenggalek, Tulungagung hingga Sendang Biru Malang.

Untuk diketahui dulu, jika kita memutuskan untuk memancing ikan dengan menggunakan umpan atau lure buatan atau artificial lure, maka keberhasilan memancing akan sangat ditentukan oleh pemilihan jenis lure atau umpan buatan serta cara kita dalam memainkan umpan tersebut, yakni dalam cara menarik atau retrieve umpan dalam beberapa aspeknya. Misalnya, kecepatan retrieve, cara menyentak untuk menggerakkan umpan dan sebagainya.

Dalam artikel ini pengalaman dari tim spotmancing.com adalah pengalaman dalam mancing casting ikan laut menggunakan umpan spoon/spuun dan minnow. Umpan spun dan minnow menjadi pilihan tim kami karena selama ini kedua umpan buatan tersebut sangat fleksibel dan efektif untuk digunakan sebagai umpan mancing casting di perairan laut Pacitan, Krakal dan Tulungagung.

Khusus untuk penggunaan minnow, tim spotmancing.com dapatkan saat melihat dan mempraktekkan cara mancing yang dilakukan Om Ignatius Welly  Gunawan dkk dari Cilacap dan Om Aik Sambernyawa dkk dari Semarang, di perairan Pacitan pada waktu yang berbeda. Menurut pengamalan para angler Cilacap, minnow menjadi umpan favorit untuk mereka memancing ikan di perairan seputar Pulau Nusakambangan.

Cara mancing ikan tengiri GT tongkol di Pacitan
Cara mancing ikan tengiri GT tongkol di Pacitan

Catatan tentang ikan karas: Nama karas sebagai nama ikan, kali pertama tim spotmancing,com dengar dari tekong kapal Pacitan, Pak Tukul. Di lain tempat, misalnya Semarang, disebut ikan kokok. Beda dengan di Semarang, ikan karas di Pacitan bisa mencapai berat 4 sampai 5 kg per ekornya. Tarikan ikan ini saat kena pancing juga mantab, berat dan relatif memberi perlawanan.

Pemilihan umpan / lure buatan untuk mancing di laut selatan

Pengalaman tim spotmancing.com dan kawan-kawan angler Cilacap serta Semarang untuk sukses mancing casting target ikan tengiri, GT, tongkol dan karas adalah menggunakan spun dan minow. Namun kalau target Anda khusus ikam GT dan ikan-ikan dasaran, maka penggunaan umpan kucir Om Kicau sangat disarankan.

Mancing-kerapu-dengan-umpan-kucir-di-PacitanUmpan kucir sangat efektif untuk GT dan ikan kerapu. Dan menurut pengalaman, umpan kucir juga sering sekali menggaet ikan karas dan kakap merah. Untuk cara pembuatan dan penggunaan umpan kucir sudah dibahas secara mendalam pada artikel Spesifikasi umpan kucir dan teknik mancing ngucir ala Om Kicau. Silakan cek artikel tersebut.

Tips pemilihan spun dan minnow

Untuk spun, pilihlah spun dengan berat lebih dari 30 gram. Selama ini, tim spotmancing.com banyak menggunakan spun dengan berat 35 gram. Sedangkan untuk minnow, gunakan minnow sinking yang cepat tenggelam. Pilihan warna untuk minnow disarankan yang berwarna natural (dominan putih berkilau). Cek juga artikel Panduan lengkap jenis dan macam umpan / lure buatan.

Perlu diperhatikan juga perlunya Anda memilih peralatan joran, reel dan senar PE yang sesuai untuk laut selatan.

Untuk reel, berdasar pengalaman tim spotmancing.com, adalah reel spinning dengan ukuran minimal 3500 dan paling ideal untuk casting di laut selatan selama ini (khususnya di perairan dekat pantai dengan menggunakan perahu jukung) adalah ukuran 5000 (ini adalah ukuran untuk Shimano) dengan senar PE 3, leader 30-40 lb.

Berdasar pengalaman kami juga, penggunaan senar leader fluorocarbon relatif panjang antara 2 sampai 4 meter. Tujuannya, selain lebih menyamarkan senar PE di mata ikan target, juga sebagai antisipasi jika senar leader putus di atas lure, senar leader masih relatif panjang.

Untuk menyambung senar leader fluorocarbon dan senar PE yang relatif cepat dan kuat tim spotmancing,.com menggunakan ikatan cara albright special dengan lilitan yang relatif panjang, Seberapa panjang? Untuk mudahnya, jika sudah ditarik kencang, lilitan itu sepanjang sekitar 1 cm.

Agar sambungan senar leader fluorocarbon dan benang PE tidak menjadi gangguan saat Anda melempar spun, ada tips khusus, yakni senar leader jangan dipotong mepet dekat dengan lilitan senar PE, tetapi sisakan sekitar 1,5 – 2 cm. Memang terlihat mengganggu untuk dilihat dan saat tergulung di spool reel. Tetapi percayalah, sisa potongan senar leader tersebut tidak akan mengganggu saat Anda melempar umpan.

Lihat gambar di bawah ini:

Cara-menyambung-senar-leader-fluorocarbon-dan-line-senar-PE

Cara mengikat atau menyambung senar PE dengan senar leader fluorocarbon dengan cara yang biasa dilakukan tim spotmancing.com tersebut relatif cepat dan kuat. Kecepatan memasang peralatan di laut sangat penting apalagi ketika momen-momen penting datang misalnya kita sedang bertemu rombongan ikan yang sedang booling alias ngracak atau berlarian berebutan makan ikan-ikan kecil. (Baca artikel Cara mengikat dan jenis-jenis ikatan pancing dan sambungan senar)

Selain itu, hal itu mengurangi risiko kita mengalami mabuk laut yang biasanya datang ketika mata kita terkonsentrasi pada benda-benda di dekat kita. Soal mabuk laut ini, cek cara mencegah dan mengatasinya dalam artikel 23 Tips dan cara mencegah dan mengatasi mabuk laut.

tengiri-monster-pacitan
Tengiri monster Pacitan. 17 kg up…

Cara memilih spot yang banyak ikan

Setelah semuanya siap, mulailah Anda memilih spot mancing untuk mengejar target ikan Anda. Bagaimana cara memilih spot mancing di laut seperti di Pacitan? Silakan cek dulu artikel ini: Cara mengetahui tempat yang banyak ikan dan pilihlah pada bagian memilih spot untuk saltwater/laut.

Baik, sekarang kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya, yakni cara lempar umpan dan retrieve (menggulung senar) dengan reel untuk target ikan tengiri, GT, tongkol dan karas dengan umpan spun dan minow.

Cara lempar umpan buatan dan retrieve (mengggulung senar) dengan reel: Antara teori dan praktek

GT babon Pacitan. Dipancing dengan spun. Bisa? Ya bisa. Sukses strike Om Basuki Syamsudin di Pacitan.
GT babon Pacitan. Dipancing dengan spun. Bisa? Ya bisa.
Sukses strike Om Basuki Syamsudin di Pacitan.

Secara teori, ada artikel bagus dari sobat blogger yang akan saya gunakan untuk mempermudah pembahasan mengenai cara mancing ikan di perairan Laut Selatan yang selama ini tim spotmancing.com lakukan. Artikel itu (berdasar pelacakan dari mesin telusur google), dimuat kali pertama di b00kmark.wordpress.com dengan judul Teknik Casting pakai Lure dan Retrievenya ditulis oleh Angin Timur pada 03 April 2010 yang versi selanjutnya muncul di blog-blog lain dengan tidak menyebutkan sumbernya.

Seperti ditulis b00kmark.wordpress.com, untuk retrieve casting ada 9 poin utama yang perlu diingat, yakni:

1. Memainkan umpan buatan secara natural (natural presentation)
2. Berhenti sesaat dan lihat efeknya (pause and effect)
3. Gerakan umpan panik (nervous twitch)
4. Mengatur kecepatan (speed)
5. Umpan yang mudah didapat (an easy meal)
6. Umpan yang berisik (noisy lure)
7. Bangkitkan rasa ingin tahu ikan target (curiosity kill the fish)
8. Segera ubah cara retrieve gulung senar atau cara memainkan umpoan buatan (quick change up)
9. Kenali secara mendalam sifat dan karakter umpan palsu kita (know your lures)

Baik, silakan sobat klik setiap poin di atas untuk membaca ulasan sekaligus tips dan trik-nya jika diterapkan untuk mancing casting ikan di perairan laut selatan.

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*