Hewan dan ikan paling aneh di laut: Jangan kaget kalau strike ikan ini….

Banyak pemancing yang berhasil strike ikan atau jenis hewan tertentu di laut yang aneh-aneh bentuknya. Ada yang lucu bentuknya dan indah-indah warnanya, namun ternyata banyak lagi penampakan binatang laut itu yang menyeramkan dan mengerikan. Hal itu sangat dimaklumi karena ada banyak hewan penghuni dasar laut yang belum pernah diketahui  keberadaanya.

Berikut ini adalah beberapa hewan laut yang mengerikan penampakannya, meski ada juga di antara binatang laut itu yang lucu dan unik.

1. Weird Creature

Hewan yang berpenampilan monster berwajah mengerikan ini ditemukan kali pertama oleh tentara Rusia di Pantai Sakhalin, daerah paling timur Rusia. Penduduk setempat tidak bisa mengidentifikasi makluk misterius ini. Jika dikaitkan dengan susunan tulang dan gigi tidak termasuk jenis ikan, dan jika dikaitkan dengan susunan kerangkanya bukan termasuk jenis buaya atau aligator. Makhluk ini mempunyai bulu pada kulitnya. Saat ini makhluk tersebut dibawa oleh pihak Rusia untuk penelitian lebih lanjut.

Weird Creature

2. Fanfin Seadevil

hewan paling menyeramkan di dunia 7Ikan ini mempunyai bentuk yang paling aneh dalam keluarga anglerfish. Ikan ini dapat dibedakan dari keluarga Anglerfish yang lain karena mempunyai semacam umpan bio luminescent yang terdapat di atas kepalanya.

3. Angler

fauna paling anah 7

Angler – Lophiiformes (bahasa Inggris: Monkfish, Goosefish, Anglerfish) atau Ikan Sungut Ganda adalah ordo ikan bertulang sejati yang umumnya hidup di laut dalam. Habitatnya di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Ikan dari ordo Lophiiformes terlihat mencolok dengan bagian kepala yang besar dan lebar. Lophiiformes adalah ikan karnivora, mulutnya besar dan bergigi. Ikan dari ordo Lophiiformes ini menyelam hingga ke dasar laut dan agar bisa menyerang ikan lain, mulutnya sedikit menghadap ke atas. Di bagian atas mulut terdapat antena yang bisa digerak-gerakkan sebagai umpan untuk menarik perhatian mangsa. Lophiiformes sering juga naik ke permukaan laut untuk menyerang burung laut.

4. Coffinfish

ikan paling aneh di dunia 7

Coffinfish merupakan keluarga dari chaunacidae (anglerfish laut dalam). Jenis ini terdapat di kedalaman lereng kontinental samudra atlantik, laut india dan laut pasifik di kedalaman lebih dari 2000 meter. Ikan ini mempunyai tubuh bulat dengan duri seluruh tubuh.

5. Fangtooth

ikan paling aneh di dunia 3

Fangtooth merupakan ikan dengan bentuk yang menakutkan dan mendiami laut dalam. Dinamakan fangtooth karena dari bentuknya yang panjang, tajam, gigi seperti serigala dan mulut yang besar. Ikan ini juga biasa disebut ogrefish karena bentuknya yang menyemkan. Ikan fangtooth adalah spesies lautan dalam yang hidup di kedalaman sekitar 16.000 kaki. Tekanan air pada kedalaman ini sangat intens dan mendekati beku. Pada kedalaman ini juga, jarang sekali ditemukan makanan, jadi ikan ini termasuk ikan pemakan segala.

6. Seapig

Seapig Seapig2

Cumi piglet adalah makhluk yang cukup misterius. Sangat sedikit diketahui biologisnya.merupakan cumi-cumi yang unik dinamai demikian karena bentuk lengan dan tentakelnya yang seperti jambul berumbai, dan bentuk tubuh yang bundar.Pola tubuh yang tidak biasa, diakibatkan pigmentasi kulit, menyebabkan cumi-cumi jenis ini seolah-olah memiliki senyum di wajahnya. Hampir keseluruhan tubuhnya tembus pandang, kecuali pada beberapa bagian yang mengandung pigmen, atau kromatofor, yang memberi hewan ini penampilan yang khas.

7. Shovelnose Guitarfish Mouth

binatang paling aneh di dunia 8The Shovelnose Guitarfish atau Rhinobatos productus adalah salah satu dari bermacam jenis guitarfish yang ada. Ikan ini dinamai dari bentuknya yang menyerupai gitar dan dapat ditemukan di dasar pasir pada kedalaman kurang dari 40 kaki atau lebih. Warna pada ikan ini membantu mereka dalam mencari makanan karena tersamar dengan pasir laut. Strategi mereka dalam mencari makanan adalah dengan mengubur tubuh mereka di pasir dengan hanya lubang hidung yang terlihat menunggu sampai mangsa mendekat.

8. Viper Fish

hewan dan binatang laut paling menyeramkan 5Ikan jenis ini adalah salah satu predator terhebat di bagian paling dalam dari laut dan diyakini untuk menyerang mangsanya dengan memikat korban dekat dengan dirinya dengan organ menghasilkan cahaya. Organ ini disebut photophore dan terletak di ujung tulang dorsal. Hal ini berkedip cahaya alami dan mematikan sementara pada saat yang sama menggerakkan tulang punggung sekitar seperti pancing dan tergantung sepenuhnya masih dalam air, dan juga menggunakan organ sukarela alami memproduksi cahaya untuk berkomunikasi dengan calon pasangan dan saingan. Viperfish bervariasi dalam warna antara hijau, perak dan hitam. Ini menggunakan taring-seperti gigi untuk melumpuhkan mangsanya, dan tidak akan mampu menutup mulutnya karena panjang mereka jika tidak dapat kurva mereka di belakang kepalanya. Vertebra pertama di belakang kepala viperfish dikenal untuk menyerap kejutan serangan, yang terutama ditujukan terhadap dragonfish dan makhluk kecil lainnya. Mereka mampu menjalani waktu yang lama dengan hampir tidak ada makanan.

9. Dumbo Octopus

Dumbo OctopusDumbo octopus termasuk dalam marga grimpoteuthis dikenal dengan dumbo octopus karena telinganya (seperti sirip yang menonjol dari bagian kepala) yang besar menyerupai karakter tokok kartun Walt Disney. Makhluk ini hidup di kedalaman yang sangat ektrim pada kedalaman 3.000 sampai 4.000 meter, dan ada beberapa yang bisa bertahan hingga kedalaman 7.000 meter dibawah permukaan laut. Gurita ini merupakan jenis langka. Gurita terbesar yang tercatat memiliki panjang 1,8 m dan berat 5,9 Kg. Gurita ini berenang dengan menggunakan sirip yang menyerupai kuping. Makakan makhluk ini adalah hewan laut kecil dan cacing laut

10. Weird Creature 2

binatang paling aneh di dunia 2Makhluk aneh ini ditemukan sedang terdampar di pantai dan tidak ada yang mengetahui makhluk apa ini. Bahkan banyak peneliti yang tidak bisa mengkalsifikasikan jenis makhluk ini. Makhluk ini mempunyai banyak teritip yang menjuntai dari tubuhnya, beberapa kalangan menyebut makhluk ini termasuk jenis crustacean. Tidak ada yang mengetahui makanan makhluk ini.

11. Break The Chain Fish

ikan paling aneh di dunia 6

Ditemukan pada kedalaman besar dari Kutub Utara ke Antartika, anggota keluarga ini adalah yang paling banyak dari ikan laut dalam. Grenadiers terlihat dalam film Titanic, di mana ikan-ikan yang sekilas selama pengintai ROV dari kecelakaan.

12. Black Lip Rattail Fish

hewan paling menyeramkan di dunia 6
Ikan ini mencari makanan di dasar laut yang berlumpur dengan cara meluncur, kepala di bawah dan ekor ke atas, dan digerakkan dengan sirip yang panjang. Kepala yang berbentuk segitiga ini membantunya menemukan makanan yang berada di bawah lumpur. Sisik seperti baja yang terdapat dikepalanya melindungi ikan ini dari predator.

13. Fangtooth Fish

fauna paling anah 7
Fangtooth, ikan pembunuh laut dalam yang mengerikan dan salah satu ikan yang mendiami perairan paling dalam. Ikan fangtooth dapat ditemukan pada kedalaman 5 km dibawah permukaan. Mempunyai gigi seperti serigala dan rahang yang kuat. Ikan ini diyakini merupakan jenis yang mempunyai gigi terbesar dibandingkan dengan besar tubuhnya, dan memungkinkan untuk mengoyak daging apapun, meski mangsanya lebih besar dari tubuhnya. Walaupun mempunyai tampang menyeramkan dan menakutkan, ikan ini terlalu kecil untuk dapat melukai manusia.

14. Mantis Shrimp

fauna paling anah

Mantis shrimp adalah kerabat jauh dari udang, kepiting dan lobster. Bagian yang paling terkenal adalah sepasang kaki yang merupakan senjata mematikan bagi mangsanya.

15. Axolotl
hewan paling menyeramkan di dunia 9
Satu spesies eksklusif dari danau Xochimilco, di Meksiko, spesies axolotl (berarti “rakasa air ” dalam Nahuatl, bahasa Aztec) sebenarnya sejenis salamander. Tidak hanya memiliki wajah tampak lucu tapi juga aneh “rambut” merah, insang seperti bulu. Memang, ini spesies salamander remaja biasanya mempertahankan fitur-fiturnya seluruh hidupnya (ini disebut neotheny). Sayangnya, ini amfibi langka ini terancam punah karena polusi melanggar dari habitatnya dan juga dianggap lezat di beberapa bagian Meksiko.

16. Elephant Fist Mouth

binatang paling aneh di dunia 6
Keluarga Mormyridae, kadang disebut sebagai “elephantfish”, adalah ikan air tawar dalam asli Afrika. Ikan ini diketahui mempunyai otak yang besar dan tingkat intelegensi yang tinggi. Ikan ini berbeda dengan Australian ghost shark (Callorhinchus milii) yang juga dikaitkan dengan sebutan “elephantfish”, namun bagi kalangan peneliti Australian Ghost Shark disebut sebagai elephant shark.

17. Frogfish

Frogfish
Frogfish adalah sejenis hewan atau ikan yang ditemukan Ted Pietsch, Rachel Arnold dan David Hall. Tiga instruktur penyelam asal Amerika, itu mempublikasikan penemuannya itu di jurnal ilmiah Copeia, 2008. Dari hasil publikasi itu, Frogfish sangat terkenal di dunia, karena bentuknya yang unik serta perilakunya berbeda dengan jenis ikan lainnya. Frogfish dapat mengganti warna kulit menyerupai lingkungannya, terdiri dari berbagai bentuk. Frogfish pertama kali ditemukan di Negeri Laha, sebuah desa pesisir perairan dangkal Pulau Ambon. Selain di teluk Ambon, beberapa spot di Bali dan Sulawesi juga memliki frogfish dalam berbagai bentuk dan warna. Tetapi kini ikan unik itu terancam punah. Para penyelam sulit sekali mendapatkannya, karena ekosistemnya mulai rusak oleh pencemaran.

18. Dragon Fish

hewan dan binatang laut paling menyeramkan 4
Ikan dragonfish australia dengan gigi yang tajam. Beringas dalam mencari mangsa dalam dinginnya kedalaman laut.

19. Basket Star

basket star
Ikan yang berbentuk seperti bintang dan keranjang. Ikan ini masih saudara dengan bintang laut. Tentakelnya menyerupai akar pohon dan ikan ini memakan dengan menangkap serangga laut dengan tentakelnya.

20. Pale and Transparent Holothurian

fauna paling anah 8

A pale and transparent Holothurian. Jenis ini dapat dijumpai pada kedalaman sekitar 2. 500 m di bawah permukaan laut.

21. Black Swallower Fish

hewan paling menyeramkan di dunia 5

The Black Swallower adalah ikan kecil ini merupakan pemakan yang menakjubkan (dapat memakan ikan dengan ukuran tiga kali lebih besar dari tubuhnya). Hal ini merupakan teknik bertahan yang sederhana, karena dikedalaman laut jarang ditemukan makanan, jadi ikan ini memakan apa saja selama bisa didapat.

22. Hairy Frogfish

binatang paling aneh di dunia 7
The hairy frog fish, adalah salah satu jenis ikan dengan bentuk aneh asli Indonesia, dengan habitat di terumbu karang yang mempunyai warna menyerupai dirinya. Ikan ini dipenuhi dengan rambut yang merupakan ganggang sebagai kamuflase. Frogfish adalah ikan penyendiri dan suka bersembunyi di antara terumbu karang sambil menunggu mangsanya. Ketika mangsanya mendekat, ikan ini akan menerkam dengan cepat. Teknik ini hampir mirip dengan yang dilakukan oleh katak dan merupakan salah satu predator yang bersembunyi di karang.

23. Unknown

fauna paling anah 4

24. Vampire Squid

hewan paling aneh di dunia 7

Salah satu hewan laut dalam yg paling misterius adalah cumi-cumi vampir (vampire squid). Nama cumi-cumi vampir dalam bahasa Latin adalah “Vampyroteuthis infernalis” yg kurang lebih berarti “cumi-cumi vampir dari neraka”. Nama itu diberikan karena penampilannya yg sekilas aneh & menyeramkan. Cumi-cumi ini berukuran 30 cm (cukup besar untuk ukuran cumi-cumi) dan memiliki warna merah terang. Cumi-cumi ini dapat ditemukan di kedalaman 600-1000 m. Hewan ini pertama kali ditemukan tahun 1903 & mulanya dikelirukan sebagai gurita (octopus) Penampilan aneh cumi-cumi vampir membuat mereka terkenal di kalangan para ilmuwan. Cumi-cumi ini bertubuh tambun, tidak seperti cumi-cumi lainnya yg bertubuh runcing seperti torpedo. Pada bagian ekornya terdapat sepasang sirip yg bentuknya mirip kuping & bergerak menggelombang secara lambat. Di dekat sirinya juga terdapat sepasang organ bercahaya yg hanya dinyalakan utk kamuflase. Lengannya terhubung oleh selaput berdaging sehingga jika direntangkan tampak seperti corong berselimut. Ia memiliki sepasang mata berwarna ungu, namun matanya nyaris tidak berguna karena ia hidup di kegelapan abadi. Untuk mendeteksi keadaan sekitarnya, cumi-cumi ini memiliki sepasang benang kuning di sisi tubuhnya yg berfungsi sebagai organ sensor terhadap musuh & mangsanya.

25. Blobfish

hewan paling menyeramkan di dunia 8

Blobfish yang ditemukan di sebelah tenggara perairan Australia nampaknya memiliki alasan kuat untuk menampilkan wajah sendu. Karena berdasarkan keterangan professor Callum Roberts, Blobfish terancam punah akibat aksi penangkapan ikan secara besar-besaran. “Blobfish sangat rentan terjerat pukat nelayan dan kita tahu bahwa Blobfish hanya bisa hidup di perairan ini,” kata Roberts seperti dikutip dari Daily Mail. Penghuni wilayah perairan dalam yang berwujud gemuk tersebut dapat tumbuh hingga seukuran 12 inci. Meskipun tidak dapat dimakan, Blobfish hidup di kedalaman air yang hampir sama dengan organisme laut lain yang bisa dikonsumsi, seperti kepiting dan lobster. Rata-rata Blobfish hidup di kedalaman yang berjarak hingga 800 meter dari permukaan air. Itu sebabnya keberadaan Blowfish sangat jarang terlihat oleh manusia.

26. Bat Fish

hewan-paling-menyeramkan-di-dunia-3

Batfish – adalah sejenis ikan dengan kombinasi tak lazim dengan bentuk tubuh yang tegas, membuat ikan ini terlihat elegan dan efisien. Ikan ini mendiami dasar perairan. Batfish dapat berenang tapi tidak terlalu lincah. Mereka suka berdiam diri dan tidak bergerak sama sekali atau sekedar “berjalan-jalan” di dasar laut.

27. Giantisopod

hewan-paling-aneh-di-dunia-4

Bentuknya seperti film sains fiksi buruk . Makhluk ini merupakan salah satu makhluk aneh yang ditemukan di dasar laut. Giantisopod memiliki nama ilmiah Bathynomus giganteus. Merupakan anggota nomor sembilan dalam keluarga bathynomus dan anggota paling besar dalam keluarga isopod (kelompok crustacean yang dekat dengan udang dan kepiting). Jenis ini bukan merupakan ikan komersial, namun di taiwan, jenis ini dimasak dan dihidangkan dengan nasi. Ada beberapa spesies raksasa ISOPODA, Bathynomus, ditemukan di seluruh dunia tetapi semua hampir identik. ISOPODA raksasa ini diperkirakan telah berevolusi sekitar 160 juta tahun lalu dan berubah sangat sedikit sejak, mereka telah memonopoli niche dan tidak memiliki kebutuhan untuk berubah. Karena mereka adalah pemulung , ISOPODA raksasa sama sekali tidak menjadi ancaman kepada Anda . Mereka tidak membuat atraksi menarik di akuarium, karena gaya hidup mereka berada di dasar sambil menyeret (mirip suster ngesot),sepanjang lantai sampai mereka menemukan makanan.

28. Branchionichthys Hirsutus

Branchionichthys Hirsutus

Sejenis anglerfish yang sangat langka. Ada 14 jenis spesies handfish yang dikenal di dunia dan sebagian besar dapat ditemukan di Australia bagian tenggara. Seperti frogfish, ikan ini mempunyai sirip dada yang dapat digunakan untuk berjalan. Seperti kebanyakan jenis anglerfish lainnya, ikan ini mempunyai semacam umpan kecil di kepalanya untuk memikat mangsa.

29. Ogrefish

binatang paling aneh di dunia (1)

The Fangtooth Fish atau Anoplogaster cornuta merupakan ikan yang mengerikan. Ikan ini dikenal dengan sebutan orgefish dan ditemukan pada kedalaman sekitar 3 mil dari permukaan laut. Ikan yang berotot ini mempunyai gigi yang sangat panjang. Yang menarik, ketika rahang ikan ini menutup, bagian bawah gigi meluncur ke tempat khusus di kedua sisi otak untuk menghindari tertusuk.

30. Markhayward Frillshark Living Fossil

hewan-dan-binatang-laut-paling-menyeramkan-8

Inilah Hiu predator laut dalam, salah satu hiu yang paling primitif yang masih hidup hingga sekarang. Hewan ini telah ada sejak masa Cretaceous, yaitu saat dinosaurus menguasai Bumi. Makhluk yang dijuluki Hiu Berjumbai (frilled shark) ini dapat tumbuh hingga 2 meter. Hiu betina lebih besar daripada pejantannya, dan sebagian besar makan cumi-cumi. Sebenarnya mereka tidak berbahaya bagi manusia,dan kenyataannya kebanyakan menghabiskan seluruh hidup mereka tanpa bertemu manusia. Hanya spesimen mati yang biasanya dilihat dan direkam oleh nelayan atau ilmuwan.

31. Rhincondon

hewan-paling-aneh-di-dunia-5
Hiu yang berjumbai atau dengan nama lain Chlamydoselachus anguineus adalah salah satu makhluk dengan bentuk seperti hewan purba. Percaya atau tidak, hiu dengan bentuk purba ini diketahui saat berenang di air dangkal dan difilmkan di jepang. Normalnya, makhluk ini dapat ditemukan hanya pada kedalaman antara 50 m dan 1. 500 m.

32. Barrelleye Fish

fauna paling anah 3
Barreleye Pasifik (Macropinna microstoma) adalah salah satu dari kelompok ikan laut dalam yang telah berevolusi dan beradaptasi dengan lingkungan gelap gulita dalam berbagai cara yang menakjubkan. keunikan ikan ini adalah memiliki kepala transparan dan mata di dalam. Biasanya melihat dalam posisi ke atas untuk menyaring sinar matahari, mata Barreleye Pasifik bisa berputar.

33. Lancet Fish

binatang paling aneh di dunia 5

Lancetfish bertampang sangat prasejara. Gigi pada rahang tampak tajam dan memiliki ‘layar’ di punggung, mirip beberapa jenis dinosaurus. Bahkan nama ilmiahnya bersifat dinosaurian: Alepisaurus ferox. Mencapai panjang tubuh hingga dua meter, predator ini ditemukan di semua samudra kecuali daerah kutub. Ia sangat rakus, makan ikan kecil dan cumi-cumi.

34. Pale Red Acorn Worm

fauna paling anah 9

Salah satu makhluk laut dalam yang tinggal pada kedalaman 2. 700 m di bawah permukaan laut.

35. Snakehead Fish

hewan-paling-aneh-di-dunia-1
Ikan gabus adalah sejenis ikan buas yang hidup di air tawar. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).

36. Bathypelagic Ctenophore

hewan-paling-aneh-di-dunia-3
Hidup di laut dalam, antara 1. 000 dan 4. 000 meter di bawah permukaan laut.

37. Basking Shark Mouth

ikan-paling-aneh-di-dunia-5
Adalah ikan terbesar kedua setelah paus. Ikan jenis ini dapat ditemukan di seluruh perairan. Ikan ini berenang sangat pelan dan mempunyai gigi yang kecil namun banyak.

38. Black Chimaera

hewan dan binatang laut paling menyeramkan 3

Ikan jenis ini memiliki bentuk antara hiu dan ikan pari dan merpakan anggota himaeriformer. Tidak seperti ikan jenis lain, ikan ini mempunyai tulang rawan dan kulitnya yang sangat halus dan juga tidak memiliki sisik seperti ikan lain. Ikan ini mempunyai tubuh yang langsing dan dapat tumbuh sampai 4,5 kaki.

39. Hatchet Fish

hewan-paling-aneh-di-dunia-2
Dinamakan ikan kapak karena bentuk tubuhnya yang menyerupai kapak. Ikan jenis ini merupakan anggota dari keluarga Sternoptychidae. Ada sekitar 45 jenis spesies ikan kapak yang memiliki panjang beragam antara 1 sampai 6 inci.

40. Scaly Dragonfish

fauna-paling-anah-6
Sungut panjang pada dagu ikan dragon (stomias boa) memiliki pedaran untuk menarik perhatian mangsanya. Dengan mulut yang lebar dan tajam, gigi melengkung, sangat efisien untuk menangkap mangsanya dengan cepat. Ikan ini hidup di kedalaman 200 sampai 1. 500 meter. Panjang tubuh mereka 32 cm.

41. Deep Sea Jellyfish

hewan-paling-menyeramkan-di-dunia-1
Ini adalah ubur-ubur laut dalam yang masuk dalam kelompok ubur-ubur Coronate. Dia memiliki 12 tentakel tipis yang sering terlihat dalam posisi tegak. Bagian dalam dari ubur-ubur laut dalam berwarna merah tua, dan ini dapat menyembunyikan cahaya bioluminescent yang keluar dari mangsanya tertelan.

42. Benthic Holothurian

binatang-paling-aneh-di-dunia-3
Benthic holothurian (Peniagone porcella) hidup dikedalaman 2500 m. makhluk yang memiliki tampang alien yang bercahaya ini adalah 10 jenis baru yang ditemukan oleh peneliti 1. 200 kaki di bawah permukaan lautan atlantik.

43. Monkfish

fauna paling anah

Monkfish dikenal dengan banyak sebutan, antara lain goosefish, anglerfish dan mulut besar. Besar, jelek dan penghuni dasar laut ini dapat ditemukan di daerah berbatu lautan atlantik. Ukuran ikan ini sekitar 3 kaki, tubuhnya besar, mulut yang besar dengan tampang yang sangat menakutkan adalah ciri ikan jenis ini.

44. Lion Fish

fauna-paling-anah-1
Jika diserang, ikan lionfish akan menyemburkan racun yang mematikan lewat jarum pada bagian sirip punggung. Efek yang dihasilkan sangat menyakitkan bagi manusia dan dapat menyebabkan mual dan sesak nafas. ‘

45. Polynoid Worm

ikan paling aneh di dunia 2
Cacing Polynoid Polychaete ini dapat ditemukan pada kedalaman 2. 500 m di bawah permukaan laut di perairan atlantis.

Itulah beberapa hewan atau binatang laut (di antara mereka adalah jenis ikan) yang mempunyai rupa mengerikan, lucu dan juga misterius. (Dari berbagai sumber dan wikipedia.org)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*