Umpan mancing ikan gurame di rawa dan kolam

Umpan mancing ikan gurame sangat beragam tergantung dari spot di mana kita memancing ikan tersebut. Artinya, umpan ikan guramu untuk rawa atau waduk atau sungai, sangat berbeda dengan umpan ikan gurame kalau kita mancing di sungai.

Mancing ikan yang secara umum bertubuh lebar dan pipih ini, yang juga biasa disebut gurami, gerameh atau grameh, dengan demikian dibedakan pada habitat di mana ikan itu berada. Artinya, di sini perlu dibahas:

spot ikan air tawar di Pulau Batam

  1. Umpan ikan gurame di rawa (sama atau senada dengan spot liar lainnya seperti waduk, sungai atau bendungan)
  2. Umpan ikan gurame di kolam pemancingan (galatama, lomba dan sejenisnya).

Dan berikut adalah resep umpan ampuh untuk memancing ikan gurame:

Umpan mancing ikan gurame di rawa, waduk dll

Ikan gurame yang sudah hidup di rawa atau waduk atau alam liar biasanya makan makanan serangga yang biasa hinggap di air atau di tetumbuhan air. Karena ikan gurame adalah pemakan  tumbuhan pula, maka makanan kesukaan dia tentunya adalah dedaunan tanaman air yang hidup di alam di mana ikan berada.

Dengan demikian, untuk memasang umpan ikan gurame di rawa bisa memilih dedaunan tanaman di sungai atau rawa tempat ikan berada dan serangga-serangga kecil yang biasa masuk ke air.

Meski demikian, secara umum kita bisa menggunakan serangga yang dijual di pasaran atau yang mudah didapat di alam, misalnya adalah laron, ulat bambu, ulat daun pisang, ulat sutra, jangkrik, belalang, kroto, ulat hongkong dan umpan terpopuler adalah berbagai jenis cacing tanah sejenisnya. Cacing tanah biasanya adalah umpan paling favorit untuk berbagai jenis ikan air tawar.

Sementara untuk dedaunan bisa digunakan daun talas atau daun pepaya. Rangkai dedaunan ini ke mata kail dan gunakan pelampung untuk memudahkan daun mengambang dan tidak terhanyut.

Umpan ikan gurame di kolam pemancingan

Untuk membuat umpan ikan gurame, ada beberapa resep, antara lain:

  1. Ramuan pelet 781-2 SP dan telur

Bahan:

  1. Pelet 781-2 SP sebanyak setengah gelas 400 ml
  2. Kuning telur dari sebutir telur bebek yang sudah direbus
  3. Madu dan air

Cara membuatnya:

Campur pelet, kuning telur dan air secukupnya sampai menjadi adonan kental. Tuangkan madu dan aduk sampai merata. Umpan siap digunakan dengan cara membentuk bulatan kecil sesuai besar mulut sasaran ikan.

  1. Ramuan pelet PF-1000 dan Pelet 781-2 SP 1/2

Cara membuat ramuan ini sama dengan ramuan pertama, dengan masing-masing jenis pelet sebanyak 1/2 gelas.

  1. Ramuan ubi jalar

Siapkan ubi jalar yang sudah direbus (ukuran sedang/ panjang 20 cm, diameter sekitar 4-5 cm) yang sudah di rebus. Tambahkan dua butir kuning telur yang sudah direbus, lalu tambahkan madu, pelet ikan koi 1/4 gelas, air secukupnya, dan campur semua bahan dan dibuat adonan.

Jaga jangan sampai adonan terlalu lembek agar umpan ikan gurame tidak mudah hancur saat masuk ke air.

Demikian sedikit tips membuat umpan ikan gurame di rawa dan gurame di kolam.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*