Waktu terbaik mancing Oktober 2015

Waktu terbaik mancing di laut bulan Oktober 2015 di laut berdasar kalender bulan adalah dari tanggal 4 sampai dengan tanggal 20. Meski demikian, waktu paling afdol adalah tanggal 10 s/d 13 Oktober. Pada bulan Oktober, bulan terang penuh (full moon) jatuh pada tanggal 27.

Untuk mengetahui referensi mengenai patokan bulan terang dan gelap dalam kaitannya dengan aktivitas ikan untuk dipancing, maka pernah disampaikan dalam artikel sebelumnya bahwa salah satu kunci sukses mancing di laut adalah kondisi pasang surut air laut dan kondisi bulan pada saat aktivitas mancing dilakukan.

Para pemancing di laut disarankan menghindari mancing saat bulan terang baik siang maupun malam. Sebab saat bulan terang (full moon) aktivitas ikan makan bekurang/tidak galak karena biasanya ikan sedang birahi/kawin atau membuahi telur dan melepas telurnya. Berdasarkan pengalaman pula, waktu terbaik memancing ikan laut adalah saat bulan sudah gelap atau bulan sudah setengah terang (half moon) dan gelap 100 %.

Hal yang perlu juga diperhatikan dalam hal ini adalah perhitungan akan tinggi gelombang, arah arus permukaan dan kecepatannya serta arah angin dan kecepatannya. Jika arah arus laut permukaan bertabrakan dengan arah angin misalnya, maka kondisi laut sangat bergelombang dan hal ini tidak nyaman untuk mancing. Untuk itu, selalu cek artikel-artikel mengenai tinggi gelombang, arah angin dan arah arus permukaan. Untuk minggu ini, ada baiknya Anda lihat tabel pada artikel Tinggi gelombang, kondisi angin dan arus laut 29 September – 5 Oktober 2015.

Berdasar perhitungan kalender bulan, waktu terbaik mancing di laut bulan Oktober 2015 adalah antara tanggal 4 sampai 20 atau sepekan setelah bulan terang dan sepekan sebelum bulan terang berikutnya. Pada Oktober 2015, bulan terang jatuh pada Selasa 27 Oktober.

Berikut ini adalah waktu terbaik mancing pada Oktober 2015 berdasar kalender bulan (klik gambar untuk melihat tampilan besar dan/ atau mendownloadnya):

Cek juga kondisi pasang surut air laut berbagai perairan Indonesia selama Oktober 2015 di halaman Pasang surut laut untuk mancing.

Semoga bermanfaat.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*