Cara merangkai kail lumut untuk mancing nila

Cara merangkai kail lumut untuk mancing nila

Artikel mengenai cara merangkai kail lumut agar umpan lumut tidak mudah lepas dari mata kail banyak dicari para pemancing yang pengin memancing nila, mujair atau bandeng. Untuk para pengguna umpan lumut pemula, rangkaian kail memang menjadi fokus perhatian untuk mendapatkan pegangan kuat lumut pada mata kail.

Namun sesungguhnya, kunci utama agar lumut tidak mudah lepas dari mata kail adalah dalam hal memasang lumut pada mata kail. Selain itu, faktor utamanya lainnya adalah pada panjang pendeknya rata-rata lumut yang kita gunakan dan juga pada lemas kakunya lumut yang dijadikan umpan.

Untuk memasang senar pada lubang mata kail, sangatlah sederhana. Kita bisa menggunakan saja simpul jangkar.

Ini adalah ilustrasi mudah simpul jangkar:

Prinsip simpul jangkar
Prinsip simpul jangkar

Jika simpul ditautkan pada mata kail, maka gambar rangkaiannya adalah sebagai berikut:

cara merangkai kail lumut mancing nila dan bandeng
Cara merangkai kail lumut mancing nila dan bandeng

Setelah disimpul, dua senar diulir jadi satu sepanjang sekitar 10 – 15 cm, kemudian disimpul mati kemudian pada bagian atasnya diberi timah lempit (timah lipat) secukupnya (disesuaikan daya apung pelampung yang kita gunakan).

Jadi memang rangkaian kail untuk mancing dengan lumut sangatlah sederhana. Hanya saja, hal tersulit bagi orang yang tidak biasa mancing menggunakan lumut adalah dalam hal memasang lumutnya itu sendiri.

Kunci utama keberhasilan memasangkan lumut pada mata kail adalah pada saat pemasangan:

  1. Masukkan lumut di dalam wadah ember kecil atau mangkok berisi air.
  2. Pegang mata kail dengan tangan kanan dan bagian timah lipat dengan tangan kiri, dan bersama-sama masukkan ke dalam air berisi lumut.
  3. Putar-putar tangan yang memegang timah lipat di dalam air lumut dengan tujuan lumut melilit di bagian lilitan senar (jadi bukan tangan yang memegang mata kail yang diputar-putar).
  4. Angkat tangan yang memegang timah dan lepas tangan yang memegang mata kail, geser lumut yang membelit senar sehingga memadat membetuk gumpalan di mata kail. Atau bisa juga dipadatkan dengan cara diputar-putar di udara.
  5. Setelah itu umpan siap dilemparkan ke sasaran.

Untuk teknik memancing ikan memakai lumut, Anda bisa membacanya pada artikel Cara memasang umpan lumut untuk nila. Sebab di sini, saya hanya pengin menyampaikan tips dan cara merangkai kail lumut agar umpan lumut tidak mudah lepas dari mata kail. Dmeikian sobat, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *